5 Kiat Jitu untuk Memilih Kampus Biar Kamu Sukses di Masa Depan

Header_-_Siap_Kuliah_-_5_Pertimbangan_Memilih_Kampus-01

Artikel ini beirisi bahan-bahan pertimbangan untukmu sebelum mantap memilih kampus maupun memilih jurusan kuliah setelah lulus.

--

“Setelah lulus sekolah nanti, aku mau lanjutin jurusan psikologi ah. Tapi di kampus mana ya?”

“Teman masuk kampus A, sepupu masuk kampus B. Duh, aku pilih kampus apa ya?”

Squad, kalau sekarang ini kamu adalah siswa kelas akhir yang lagi bingung memilih universitas atau kampus yang cocok untuk melanjutkan kuliah, sebaiknya kamu mempertimbangkan kiat-kiat berikut ini nih.

Namun, sebelum kita ke bahasan utama, kamu sudah tahu 'kan kalau pendidikan itu penting banget? Pendidikan adalah yang nantinya akan menjadi bekal kehidupan kamu di masa yang akan datang.

Maka dari itu, dalam memilih kampus untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi jangan sampai cuma ikut-ikutan teman ya, Squad. Karena nantinya, yang akan menjalani kuliah adalah kamu sendiri, bukan teman-temanmu itu. Sekali kita merasa salah memilih kampus, rasa penyesalan nggak akan mengubah apapun.

Baca Juga: 9 Trik Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal Nantinya

Oke, langsung aja bahas yuk lima pertimbangan dalam memilih kampus!

1. Cari yang Berorientasi Masa Depan

Nah, hal pertama yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih kampus adalah, perhatikan apakah kampus tersebut punya pembelajaran yang berorientasi ke masa depan atau nggak.

Maksudnya begini, Squad. Kamu pasti pernah mendengar dong tentang “Revolusi Industri 4.0”? Itu lho, sebuah era ketika hampir seluruh aspek kehidupan manusia sudah masuk ke ranah digital.

Nah, menurut hasil riset tahun 2017 dari Pricewaterhouse Cooper, diperkirakan pada tahun 2030 mendatang 38% pekerjaan di AS, 30% di Inggris, dan 21% di Jepang akan digantikan oleh robot karena Revolusi Industri 4.0 ini. Di Indonesia bisa-bisa juga mengikuti.

revolusi industri 4
Revolusi Industri 4.0 (Sumber: Scholae.co)

Dengan begitu, sekarang ini sebuah kampus sudah harus mampu mendidik mahasiswanya agar bisa lebih mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan mampu memanfaatkan peluang kemajuan teknologi itu di masa depan.

Kamu cukup melihat apakah ada jurusan-jurusan inovatif yang ditawarkan pada sebuah kampus untuk mengetahui apakah mereka telah memiliki pembelajaran yang berorientasi masa depan atau belum.

2. Perhatikan Jenis dan Reputasi Kampus

Hal kedua yang wajib kamu pertimbangkan adalah, coba deh lihat jenis dan reputasi kampusnya. Dunia kampus adalah dunia yang berbeda dari dunia sekolah. Ada banyak lho kampus yang aktif dalam politik, sementara kampus yang lainnya lebih akrif dalam olahraga atau kesenian. Kamu bisa tuh memilih universitas mana yang lebih cocok dengan karakter diri kamu.

jenis kampus
Jenis kampus. (Sumber: Okezone.com)

Setelah jenis kampus sudah kamu ketahui, berikutnya yang juga nggak kalah penting adalah reputasi kampusnya itu sendiri. Kamu tentu nggak ingin salah dalam memilih kampus yang ternyata nggak punya reputasi atau bahkan akreditasi baik, ‘kan? Kamu bisa tuh cek akreditasi kampus di situs web resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (banpt.or.id).

3. Coba Tengok Alumninya

Selanjutnya, hal ketiga yang harus dipertimbangkan adalah, lihat alumni-alumninya. Nggak salah lho kalau dibilang bahwa alumni adalah produk nyata yang “diproduksi” dari sebuah kampus. Alumni menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah kampus untuk membentuk lulusan terbaik. Dengan begitu, kamu bisa mencari tahu dulu profil-profil alumni untuk menilai kualitas sebuah kampus sebelum kamu memilihnya.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

Kuncinya adalah, semakin banyak alumni dari sebuah kampus yang bisa sukses pada sebuah perusahaan atau bahkan mampu menjadi penggerak ekonomi Indonesia lewat wirausaha yang mereka bangun, maka kredibilitas kampus tersebut nggak bisa diragukan lagi, alias sudah bagus banget!

alumni
Alumni. (Sumber: IDNTimes.com)

Atau, kamu bisa juga mencari tahu berapa persen alumni dari sebuah kampus yang melanjutkan kuliah lagi ke jenjang yang lebih tinggi dan berapa persen yang langsung terjun ke dunia kerja. Hal ini akan menunjukkan seberapa berpengaruhnya alumni pada sebuah kampus untuk bisa diterima di dunia kerja.

4. Di mana Lokasi Kampusnya?

Lokasi adalah salah satu unsur penting yang wajib menjadi pertimbangan kamu dalam memilih kampus. Pasalnya, lokasi kampus nantinya akan berpengaruh besar pada biaya hidup serta kenyamanan kamu selama menjalani kuliah, Squad. Nggak mau kan uang yang seharusnya bisa buat jajan atau ditabung tapi malah habis untuk ongkos doang?

Kamu wajib memperhatikan hal-hal berikut: Gimana transportasi di sekitar kampus? Apa banyak tempat makan murah di sana? Apa kamu akan merasa nyaman tinggal di sana? Nah, kalau kampus bisa lebih dekat dari rumah, tentu akan lebih baik. Kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda untuk menghemat pengeluaran, 'kan?

Nantinya nih, kamu paling tidak akan menghabiskan waktu selama 3 hingga 4 tahun untuk berkuliah. Jadi, pastikan lokasi kampus sudah nyaman untukmu.

sepedahan
Otw kampus. (Sumber: Genmuda.com)

5. Mahal nggak Biaya Kuliahnya?

Hal kelima yang nggak kalah penting untuk dipertimbangkan tentunya adalah, biaya kuliah. Keinginan yang menggebu-gebu untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di kampus favorit mungkin bisa jadi penyemangat.

Baca Juga: Rata-rata Biaya Kuliah di 5 Kampus di Indonesia

Namun, kamu harus tetap berpikir realistis ya, Squad. Dalam hal ini, pertimbangkan matang-matang sisi finansial sesuai dengan kemampuan diri sendiri atau orang tua.

Walau pun biasanya orang tua sangat mendukung kita dalam hal biaya untuk kuliah di mana pun, kamu tetapi perlu menyesuaikan biaya kuliah dengan anggaran yang ada. Tapi sebelum itu, kamu juga perlu memantapkan diri mau masuk jurusan kuliah apa. Karena kalau nanti sampai salah jurusan dan ditambah biaya kuliah yang tinggi, kuliahmu bisa-bisa nggak bermanfaat buat dirimu sendiri, Squad.

Jadi kampus apa nih yang nantinya akan kamu pilih? Jangan lupa semangat, giatkan usahanya, dan terus berdoa agar kamu bisa masuk ke kampus favoritmu ya. Yuk manfaatkan ruangbelajar untuk menambah dan mengasah pengetahuanmu!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar