5 Kiat Mengajar Bagi Guru di Tahun Ajaran Baru

Riza Miftah Muharram

Jul 17, 2019 • 3 min read

Tips Mengajar


menjadi guru tahun ajaran baru

Artikel ini akan menjelaskan tentang tips mengajar yang lebih baik di tahun ajaran baru bagi para guru.

--

Tahun ajaran 2012-2020 sudah dimulai, tidak hanya para siswa saja yang harus mempersiapkan diri, tetapi Bapak/Ibu Guru juga harus menyiapkan dirinya agar proses belajar mengajar di tahun ajaran baru ini bisa lebih baik dari tahun ajaran sebelumnya.

Sebab, kalau Bapak/Ibu Guru juga tidak mempersiapkan diri dengan baik, pembelajaran di kelas juga tidak akan bisa maksimal dan tidak menarik. Nah, persiapan seperti apa yang harus dilakukan untuk menghadapi tahun ajaran baru dengan siswa-siswa yang baru pula? Berikut ini kami berikan kiat-kiatnya.

Baca Juga: 5 Teknik Mengajar yang Harus Guru Kuasai

1. Membuat Rencana Pembelajaran

Rencana pembelajaran adalah hal penting pertama yang harus disiapkan oleh guru dalam menyambut tahun ajaran baru. Rencana pembelajaran nantinya akan bermanfaat sebagai pemandu pembelajaran di kelas.

rencana pembelajaran
Rencana pembelajaran (Sumber: Midspire.com)

Pembuatan rencana pembelajaran harus menitikberatkan pada metode pengajaran tiap pertemuan, agar nantinya Bapak/Ibu Guru bisa mengembangkan kegiatan apa yang seharusnya dilakukan di kelas. Untuk membuat rencana pembelajaran, Bapak/Ibu Guru juga harus mempelajari kurikulum dan silabus terlebih dahulu agar rencana pembelajarannya searah dan sesuai dengan tujuan kurikulum.

2. Mempersiapkan Bahan Ajar

Apa yang ingin diajarkan ke para siswa di hari-hari pertama tahun ajaran baru? Mempersiapkan bahan ajar adalah hal penting kedua yang perlu dilakukan oleh Bapak/Ibu Guru. Setiap bahan ajar biasanya terdiri dari materi pembelajaran, latihan, kuis, hingga konsep PR bagi para siswa.

Bahan ajar yang baik adalah yang dibuat oleh Bapak/Ibu Guru sendiri. Buatlah semacam rangkuman materi pembelajaran setiap mata pelajaran yang akan diajarkan selama sepekan atau bahkan satu semester. Rangkuman itulah yang nanti bisa diajarkan ke para siswa.

media pembelajaran
Contoh media pembelajaran (Sumber: Gurukreatif.com)

3. Merancang Media Pembelajaran

Ada beragam media pembelajaran, mulai dari menggunakan alat peraga seperti boneka atau tulang buatan, sampai menggunakan proyektor. Untuk menentukan media pembelajaran apa yang tepat untuk dipersiapkan, para guru bisa menyesuaikan dengan kondisi fasilitas yang ada di sekolah.

Misalnya, jika punya bahan ajar matematika dalam versi digital namun tidak ada proyektor di sekolah, maka ada baiknya mempersiapkan media pembelajaran dalam bentuk lainnya.

4. Cari Tahu Informasi Tentang Siswa

Sebelum Bapak/Ibu Guru bertemu dengan para siswanya untuk  memulai kelas belajar mengajar pertama, Bapak/Ibu Guru perlu mengenal setiap siswa dalam kelas secara individu. Memang, proses mengenal para siswa akan berjalan terus sepanjang tahun ajaran, tapi akan lebih baik lagi jika Bapak/Ibu bisa memulainya sejak tahun ajaran dimulai.

Pada dasarnya, guru memang harus mengenali seluruh siswanya agar tidak dinilai “pilih kasih”. Jangan sampai sebagai guru hanya mengenal beberapa siswanya saja, sehingga ketika sedang mengajar di dalam kelas, guru selalu memeriksa ke meja murid yang itu-itu saja.

guru menyenangkan
Guru yang seru (Sumber: Totabuan.co)

5. Buat Kesan Pertama yang Menyenangkan

Di masa-masa awal masuk sekolah lagi setelah liburan, para siswa biasanya masih malas-malasan. Di sini lah tugas guru, membuat sekolah tidak membosankan lagi bagi para siswanya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kesan pertama yang menyenangkan.

Baca Juga: 9 Hal yang Harus Dibenahi Guru Agar Proses Belajar Menyenangkan

Walaupun proses belajar butuh keseriusan, jangan lupa untuk menyelipkan humor saat memulai perkenalan diri dan saat mengajar. Dengan adanya humor, suasana kelas bisa lebih cair dan bahkan meningkatkan konsentrasi para siswa.

Nah, sekarang Bapak/Ibu Guru sudah punya gambaran, kan, gimana memulai tahun ajaran baru yang baik. Di tahun ajaran baru ini juga, Ruangguru mengajak para guru untuk turut berkontribusi memajukan dunia pendidikan. Anda bisa menjadi salah satu kontributor untuk mencerdaskan anak-anak Indonesia melalui ruangles sebagai guru privat dan tentunya bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Gabung sekarang yuk!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts