Ruangguru Blog

    5 Organisasi dan Komunitas Kebangsaan yang Menarik untuk Kamu Ikuti

    By Ruangguru writer · Jun 2, 2017

    Sebagai generasi muda, smart buddies tentunya sadar bahwa masa depan Indonesia berada di pundak kita. Makanya, penting banget  untuk mengenal dan mencintai beragam hal yang ada di negara ini. Rasa toleransi pun harus dimiliki agar persatuan Indonesia terus terjaga. Selain itu, kontribusi anak muda untuk bangsa ini juga sangat diperlukan, lho! Seperti yang dilakukan oleh 5 komunitas dan organisasi berikut ini. Mereka memiliki misi pemberdayaan anak muda dan menanamkan nilai kebangsaan serta persatuan. Kalau smart buddies mau bergabung juga bisa banget! Yuk cari tahu lebih lanjut mengenai mereka!

    1. Indonesia Student and Youth Forum (ISYF)

    Komunitas - ISYF (Sumber: arifinxtkja.blogspot.co.id)

    Non-governmental Organization yang sudah berdiri sejak tahun 2008 ini memang sangat aktif dalam bidang pengembangan dan pemberdayaan pemuda. Hal ini karena mereka menyadari bahwa pemuda Indonesia masa kini adalah calon pemimpin di masa depan. Setiap tahunnya, ISYF mengadakan kegiatan kepemudaan yang mempertemukan pemuda dari seluruh Indonesia, seperti Indonesia Youth Forum dan Forum Pelajar Indonesia. Ada pula gerakan Koin Pelajar dan Merah Putih Gaya Gue.

    Untuk smart buddies yang duduk di bangku SMA sederajat, bisa banget nih ikut Forum Pelajar Indonesia. Pesertanya berjumlah 250 orang dari Sabang sampai Merauke. Selama seminggu, para peserta mengikuti rangkaian kegiatan antara lain kunjungan ke kementrian, lembaga negara, media, dan perusahaan. Tidak sekadar berkunjung, peserta juga mendapat kesempatan untuk berdialog langsung dengan para pimpinannya, lho! Selain itu, ada juga focus group discussion dan cultural performance dari tiap provinsi. Wah, seru banget ya smart buddies! Harapan dari diadakannya event ini adalah agar para pelajar dari seluruh Indonesia bisa bersatu dan saling bertoleransi, lebih mengenal kebudayaan Indonesia, dan juga menginspirasi pemuda untuk berkontribusi bagi negeri.

    2. Komunitas Historia Indonesia

    Komunitas Kebangsaan- KHI (Sumber: komunitashistoriaindonesia.com)

    Smart buddies tentunya menyadari bahwa banyak anak muda yang kurang peduli dengan sejarah bangsa ini. Hal itu pula yang disadari oleh sekelompok mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2003. Karenanya, mereka pun melahirkan Komunitas Historia Indonesia (KHI). Komunitas ini memiliki misi untuk menumbuhkan kesadaran sejarah dan budaya bangsa dengan menyelenggarakan program-program yang rekreatif, edukatif, dan menghibur. Harapannya, orang-orang dapat memahami sejarah Indonesia secara menyenangkan dan tanpa paksaan.

    Dengan bergabung menjadi anggota Komunitas Historia Indonesia, smart buddies dapat mengikuti beragam program gratis. Program yang diadakan ada banyak dan menarik, lho! Seperi misalnya Museum Jazz Festival, Night at the Museum, Historical Islands Adventure, Standup Historia, Heritage Trails, dan masih banyak lagi. Seru kan! Kalau belajar sejarah dilakukan dengan cara menyenangkan seperti itu, pasti smart buddies akan lebih bersemangat untuk mempelajari sejarah Indonesia.

    3. SabangMerauke

    Komunitas Kebangsaan- SabangMerauke (Sumber: sabangmerauke.id)

    Salah satu prinsip yang dipegang oleh komunitas ini adalah ‘toleransi harus dirasakan dan dialami’. Karena itu, sejak tahun 2013 diadakanlah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia. Pesertanya merupakan pelajar SMP dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan meluangkan waktu liburan selama 2-3 minggu untuk tinggal bersama keluarga angkat di Jakarta. Keluarga angkat yang mereka dapat bisa saja berbeda suku dan agama sehingga toleransi akan betul-betul mereka rasakan langsung. Selain menggabungkan nama kota di timur dan barat Indonesia, SabangMerauke merupakan akronim, lho smart buddies! Kepanjangannya adalah Seribu Anak Bangsa Merantau untuk Kembali.

    Kegiatan selama program ini pun ada banyak. Selama weekdays, mereka akan mengikuti Culture Day, Career Day, National Day, Religious Day, Education Day, dan lainnya. Sedangkan saat weekend, para peserta akan beraktivitas bersama keluarga angkatnya. Sekembalinya ke daerah asal, anak-anak ini akan menjadi duta perdamaian bagi teman-temannya. Wah, menarik ya!

    4. Sinergi Muda

    Komunitas Kebangsaan- sinergi muda (Sumber: sinergimuda.org)

    Cikal bakal berdirinya Sinergi Muda bermula dari IndonesianYouth Conference 2010 yang menghadirkan puluhan pembicara dari berbagai bidang, pertunjukan musik dan budaya, serta pameran seni dan komunitas. Antusiasme anak muda pada program ini membuat para pencetus IndonesianYouth Conference mendirikan Sinergi Muda untuk menampung minat anak muda Indonesia pada tahun 2012. Visi organisasi ini adalah untuk memberdayakan anak muda Indonesia agar dapat berkontribusi secara positif di Indonesia.

    Setelah itu, diadakan pula program lainnya seperti IndonesianYouth Camp dan IndonesianYouth Pitstop. Oh ya, Sinergi Muda juga memiliki indonesianyouth.org yang merupakan wadah digital di mana anak muda bisa mengakses berbagai informasi positif. Ada banyak komunitas anak muda dari berbagai bidang dan daerah yang bekerja sama dengan wadah ini. Jadi buat smart buddies yang ingin berkontribusi sesuai minatnya tapi belum menemukan komunitas yang tepat, bisa banget mencarinya di IndonesianYouth.

    5. Young Interfaith Peacemaker Community

    Komunitas Kebangsaan - YIPCI (Sumber: campuspeacemovement.org)

    Smart buddies tahu dong bahwa negara kita ini terdiri dari beragam suku dan kepercayaan. Diperlukan toleransi antar sesama agar tercipta kedamaian di Indonesia. Nah, Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC) merupakan komunitas mahasiswa dari berbagai suku, etnis, dan agama yang memperjuangkan perdamaian di dalam segala keberagaman. Berdiri pada tahun 2012, saat ini YIPC sudah ada di 4 regional yaitu DIY-Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatra Utara.

    Salah satu program menarik yang diadakan oleh komunitas ini adalah Young Interfaith Peace Camp.  Pada tahun 2017 ini, ada 2 camp yang akan berjalan yaitu International Camp yang menggunakan bahasa Inggris dan National Camp. Harapannya, pertemuan pemuda dari berbagai suku dan kepercayaan ini bisa meningkatkan perdamaian di Indonesia dan juga menularkan nilai damai ke lingkungan sekitarnya.  Yuk smart buddies, kita bersama-sama menjaga perdamaian agar persatuan Indonesia bisa terus terjaga.

    Bagaimana smart buddies, apakah ada komunitas atau organisasi yang menarik untuk kamu ikuti?  Sebagai generasi muda, yuk kita bersama-sama mencintai negeri ini dengan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia serta berkontribusi langsung untuk bangsa.

    Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni,  Ruangguru mengadakan kuis #PekanPancasila di menu RuangUji lho! Caranya login dan pilih Tryout Ujian Lainnya di menu RuangaUji, lalu ikuti kuisnya. Kerjakan soalnya dan lihat seberapa Indonesia kah kamu! (NF/DR)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, Organisasi, Komunitas

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru