5 Manfaat KKN (bukan di Desa Penari) untuk Mahasiswa

Tedy Rizkha Heryansyah

Sep 3, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


kkn di desa penari

Artikel ini bukan membuat tandingan cerita KKN di Desa Penari ya. Cuma mau ngejelasin aja manfaat dari KKN itu apa sih buat mahasiswa. Penasaran? Simak thread, eh salah, artikelnya berikut ini.

---

Lagi ramai di lini masa Twitter tentang cerita KKN di Desa Penari yang katanya dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari universitas S. Blog Ruangguru bukan mau ikut-ikutan bikin cerita seperti itu yang kebenarannya masih diperdebatkan. Sebelum masuk ke inti artikel ini yang bakal ngebahas 5 manfaat KKN, kita voting dulu yuks dengan klik pilihan di bawah ini.

 

 

Terlepas cerita tersebut hoax atau nyata, kita bahas sedikit yuks tentang KKN. Nah, KKN yang dimaksud di sini itu bukan Kolusi Korupsi dan Nepotisme, tapi KKN yang dimaksud ialah Kuliah Kerja Nyata. Kenapa udah kuliah tapi kok disuruh kerja?

Kalau kamu tahu tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Nah, KKN ini salah satu bentuk dari pengabdian untuk masyarakat. Lalu, apa saja manfaat KKN ini bagi mahasiswa. Berikut penjelasannya

 

1. Melatih Kepedulian Sosial

Begini, KKN itu kan bakalan langsung terjung di masyarakat, otomatis suka nggak suka kamu bakalan berbaur dengan warga di tempat kamu KKN. Jadi, buat kamu yang selama ini dirasa agak sulit bergaul dengan orang yang baru dikenal, sepertinya KKN ini akan membuat kamu membuka diri untuk berkenalan dengan orang baru. Ngga cuma satu atau 2 orang, tapi bisa saja 1 kampung.

manfaat kkn desa penari - asset 1 - republikaSumber foto: republika.co.id

2. Melatih Kemandirian

Buat kamu yang apa-apa masih bergantung dengan orang tua, KKN bisa menjadi tempat melatih diri supaya lebih mandiri. Kamu harus menyiapkan segala keperluan yang kamu butuhkan itu serba sendiri. Ngga bisa tiba-tiba saat di tempat KKN itu kamu bilang begini ke warga sekitar..

“Pak...Buuu...aku mau mandi. Tolong siapkan air hangat”

 

3. Menumbuhkan Sikap Profesional

Di KKN itu ada yang namanya Proker (program kerja). Nah, kelompok KKN biasanya..eh bukan biasanya, harusnya emang punya program kerja yang bakal dilakuin di tempat tujuannya. Program kerja ini berhubungan erat dengan perkembangan desa / lokasi yang dituju lho. Jadi, saat kamu berhasil menjalankan program kerja yang sudah disusun, artinya profesionalitas dalam diri kamu sudah mulai terasah.

Baca Juga: 5 Tips Cepat Beradaptasi di Kampus

manfaat kkn desa penari - asset 2 - duniadosenSumber foto: duniadosen.com

4. Melatih Kerjasama

KKN ngga bisa cuma sendiri. KKN itu berkelompok. Biasanya anggota kelompok KKN itu banyak. Kemudian dari kelompok itu dipecah lagi menjadi kelompok kecil. Nah, masing-masing kelompok kecil ini punya program kerja. Misal, kelompok A ngebantu warga bikin saluran air, kelompok B bantu warga bikin akses jalan, dan kelompok C memberikan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan. Terlebih kalau kamu sebelumnya sudah pakai ruangguru, wah bisa membagikan pengalaman kamu menggunakan aplikasinya dong.

 

5. Melatih Kemampuan Problem Solving

Masih berkaitan dengan program kerja nih. Dengan ikut dalam kelompok KKN kamu akan diasah kemampuan memecahkan masalah. Sebelum berangkat menuju lokasi diadakannya KKN, kamu harusnya sudah bisa melihat atau bertanya ke warga, kira-kira permasalahan apa yang sedang dialami warga tersebut. Ngga mungkin dong kalau warga sekitar lagi punya masalah di bidang saluran air, terus kamu mengajukan program kerja pemberdayaan hasil olah binatang ternak?

manfaat kkn bagi mahasiswa

Nah, gimana setelah tahu manfaat KKN tadi? Masih dibutuhkan nggak ya kira-kira di zaman seperti ini? Yang pasti sih kalau kamu diminta buat melaksanakan KKN di sebuah tempat, lakukan dengan baik dan tetap menjaga sopan santun ya di sana. Jangan mentang-mentang kamu berasal kota, terus jadi lupa menghormati adat istiadat di sana.

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung

Selamat menjadi mahasiswa dan tetap semangat buat ngejalanin KKN ya.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts