5 Olahraga Ekstrem Kekinian yang Bisa Kamu Coba! Tertarik?

Ramadhana Afida Rachman Feb 12, 2018 • 4 min read


RG Squad suka melakukan hal baru yang bisa memacu adrenalin? Nah, olahraga berikut mungkin bisa menjadi referensi untuk dicoba, nih. Karena tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tetapi juga bisa meningkatkan hormon, memperlancar peredaran darah ke otak, menguatkan otot tangan, melatih konsentrasi, hingga menghilangkan stress, lho. Olahraga-olahraga ini juga cocok untuk kamu di usia remaja seperti sekarang. Yuk, simak olahraga ekstrem kekinian apa yang patut dicoba! 

1. Slackline

slackline

Slackline (Sumber: commons.wikimedia.org)

Olahraga yang satu ini mungkin masih asing di telinga kamu, ya Squad. Tetapi, mungkin banyak dari kamu yang juga sudah tahu slackline karena akhir-akhir ini sering muncul di layar televisi. Seperti namanya, slcakline merupakan olahraga yang mengharuskan kamu berjalan di atas tali. Ketinggian talinya pun bermacam-macam sesuai dengan kemampuan kamu menjaga keseimbangan tubuh. Biasanya, tali yang digunakan adalah tali webbing dengan panjang tiga meter. Tidak hanya di atas permukaan tanah, slackline juga sering dilakukan di tempat yang tidak biasa seperti tebing curam, permukaan pantai, dan medan lainnya yang bisa memacu adrenalin kamu. Tertarik mencoba?

2. Parkour

parkour

Parkour (Sumber: flowacademy.co.nz)

Kalau mendengar olahraga ekstrem yang satu ini mungkin sudah familiar, ya. Yap, parkour memang sudah digandrungi remaja Indonesia sejak tahun 2010 ke atas. Walaupun begitu, tetapi olahraga ini masih banyak yang menyukai lho, khususnya masyarakat perkotaan. Hal ini karena parkour identik dengan melompat di atas gedung yang menggabungkan lari, memanjat, dan melintasi rintangan. Orang yang melakukan parkour disebut sebagai Le Traceur yang artinya pelacak. Dengan menjadi Le Traceur, kamu bisa meningkatkan kekuatan tulang, mengembangkan keterampilan tubuh, hingga membangun kepercayaan diri.

3. Trampo-walling

Trampo-walling

Trampo-walling (Sumber: weekendnotes.com)

Di kota-kota besar, kini banyak ditemui wahana bermain trampolin yang cocok untuk segala kalangan. Namun, jika bermain trampolin dengan melompat-lompat saja, sudah biasa bukan? Kalau begitu, coba trampo-walling! Olahraga ekstrem ini memadukan trampolin dengan dinding sebagai tumpuan untuk meloncat. Tidak jarang, aksi akrobat dalam melakukan trampo-walling juga kerap ditemui seperti salto melayang dan gerakan freestyle lainnya.

4. Street Luge

Street Luge

Street luge (Sumber: earthtripper.com)

Siapa yang tidak tahu skateboard? Yap, olahraga yang menggunakan papan luncur ini memang sangat populer di kalangan remaja. Tapi, tahukah kamu bahwa ada juga olahraga yang menggunakan skateboard namun memainkannya tidak dengan berdiri, melainkan berbaring? Nah, street luge merupakan olahraga ekstrem yang menggunakan papan luncur dengan cara berbaring, Squad. Olahraga ini biasa dimainkan dari atas bukit dengan kecepatan tinggi. Kamu akan semakin merasakan sensasi street suge karena papan yang digunakan tidak dilengkapi dengan rem. Oleh karena itu, jika kamu ingin memperlambat laju papan, maka kamu harus menggunakan kaki untuk menghentikannya.

5. Zorbing

Zorbing

Zorbing (Sumber: pinterest.co.uk)

Berbeda dengan street luge yang menggunakan papan luncur, olahraga zorbing ini menggunakan bola besar transparan, Squad. Zorbing dilakukan dengan meluncur menuruni lereng bukit ataupun permukaan datar dan berusaha tetap dalam jalur lintasan. Dikatakan ekstrem karena lintasan zorbing cukup terjal dan saat kamu menuruni lereng bukit, kamu tidak tahu apa yang ada di depannya. Zorbing ini pun terbagi menjadi dua macam, yaitu harnessed yang dalam satu bola bisa memuat satu sampai dua orang, dan non-harnessed yang dapat menampung hingga tiga orang.

Nah, itu dia lima olahraga ekstrem kekinian yang bisa kamu coba. Apa kamu berani melakukannya? Eits, tapi ingat ya, olahraga ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu tetap perlu dampingan dari orang profesional yang bisa mengajarimu teknik dengan benar. Untuk mencari guru olahraga, kamu bisa lho menggunakan ruangles. Di sana, kamu akan mendapatkan guru privat mulai dari guru renang, surfing, diving, dan masih banyak lagi. Yuk, segera dapatkan tutor untukmu agar #BelajarJadiHebat!

ruangles

Beri Komentar