Ruangguru Blog

    Dari Ruang Kelas ke Ruang Meeting: 5 Pelajaran Positif Dari Mengajar

    By Ruangguru · Jan 21, 2016

    Menjadi seorang pengajar dapat dijalani sebagai profesi tetap, aktivitas sampingan yang mendatangkan penghasilan, atau sekedar hobi. Kecintaan terhadap aktivitas mengajar, keinginan untuk membagikan ilmu yang dipunya, hingga sebagai cara untuk membuat diri terus belajar adalah berbagai alasan satu individu berkecimpung di dunia pendidikan.

    Tetapi, mengajar justru bukan hanya membuat murid yang diajar mendapatkan pelajaran, but for the teachers as well. Berikut ada 5 pelajaran yang secara tidak sadar anda dapatkan selama mengajar dan bisa  diterapkan bila suatu saat Anda ingin mencoba profesi lain apapun, terutama di bidang bisnis.

    Here it goes..

    1. Murid/Klien Yang Utama

    Menganalisa kemampuan akademisnya, menyesuaikan ritme pengajaran dan memastikan murid paham materi yang Anda berikan, tentu menjadi hal yang esensial untuk seorang pengajar. Kebiasaan tersebut membuat Anda terlatih untuk menemukan masalah dan solusi secara tepat dan cepat untuk kebutuhan klien.

    2. Memerhatikan Diri Sendiri

    Jangan Lupa Perhatikan Diri Jangan Lupa Perhatikan Diri

    Sehabis mengajar, terkadang Anda tidak bisa langsung beristirahat. Memeriksa hasil latihan soal murid Anda atau menyiapkan kembali pelajaran seolah memperpanjang jam kerja Anda. Hal ini dapat melatih Anda untuk pintar dalam menyusun schedule agar tetap bisa menyeimbangkan pekerjaan dengan kebutuhan personal, seperti kesehatan dan self-pleasure activities .

    3. Konsisten/ Tepat Janji

    Konsisten Konsisten

    Pengajar terkadang menjanjikan suatu “hadiah” terhadap muridnya bila mereka berhasil melalui suatu tes yang sulit sebagai apresiasi dan tentu hal itu akan memacu murid, terutama yang masih dalam kategori anak-anak. Anda pun harus menepatinya, bila tidak murid Anda akan merasa kecewa. Anda pun belajar untuk konsisten dalam memenuhi ekspektasi klien bisnis Anda.

    4. Make People Believe

    Menjadi seorang pengajar, sedari awal harus mampu meyakinkan murid bahwa Anda mampu mengajar dengan cara yang baik agar mereka mengerti. Hal ini akan berguna dalam membentuk kemampuan persuasi Anda untuk membuat orang lain percaya dengan ide atau gagasan Anda.

    5. Sikap Positif

    Be A Positive Person! Be A Positive Person!

    Sekalipun Anda mempunyai passion yang tinggi dalam pendidikan, terkadang muncul titik jenuh saat bekerja. Namun, melihat murid Anda lulus ujian atau mendengar ucapan terima kasih mereka, membuat Anda kembali bersemangat untuk mengajar. Melihat sesuatu dari kacamata positif akan membuat Anda “survive” dalam situasi apapun yang mungkin akan terjadi di pekerjaan Anda selanjutnya.

    So, kelima hal diatas adalah beberapa hal-hal positif yang biasanya pelan-pelan terbentuk secara tidak sadar di dalam diri seorang pengajar. After all, mencintai apa yang kita lakukan dan melakukan apa yang kita cintai pasti akan membuat Anda bersyukur dalam menjalani profesi apapun.

    Berkeinginan menjadi seorang pengajar? Anda bisa klik situs kami dan daftar menjadi guru bersama Ruangguru.com!

    Cheers!

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, Intrapersonal

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru