5 Penyebab Munculnya Rasa Bosan dalam Belajar

Tedy Rizkha Heryansyah Jan 30, 2020 • 3 min read


penyebab rasa bosan dalam belajar

Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa alasan tentang penyebab munculnya rasa bosan dalam belajar. Mau tahu, apa aja sebab-sebabnya? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

---

Belajar lagi, belajar mulu, belajar terus.

Kakak mau nanya nih, sebenarnya kamu tuh dalam satu hari, berapa jam sih belajar? Coba hitung dulu deh, masuk sekolah pas pagi hari sampai pulang. Terus, ditambah lagi kegiatan ekstrakurikuler. Belom lagi kalo kamu yang ngga langganan ruangbelajar, pasti ditambah berjam-jam lagi buat les di luar. Makin banyak deh jumlah jam belajar kamu.

Belajar dengan giat dan tekun memang sangat baik. Apalagi kalau kamu punya motivasi di belakangnya yang mendorong kamu semangat belajar. Sayangnya, manusia pasti punya titik jenuh. Gampangnya kita sebut dengan nama “bosan”.

dampak munculnya rasa bosan dalam belajar (sumber: giphy.com)

Jujur aja deh, pernah ngerasain bosen ngga sih pas lagi belajar gitu? Sudah capek-capek belajar, eh nilainya masih aja sama.

Jangan langsung putus asa, coba kamu baca artikel ini sampai selesai. Mungkin ada beberapa dari alasan berikut ini yang jadi penyebabnya.

1. Tidak Fokus pada Tujuan

Belajar itu harus punya tujuan. Misal, kamu belajar dengan gigih itu buat naik kelas. Atau bisa lebih terperinci lagi. Contohnya kamu mau nilai ulangan matematika itu dapat nilai 95. Nah, tujuan yang kayak gitu tuh bagus banget. Sayangnya, bagi beberapa orang, mereka belajar ya hanya belajar aja. Ngga tau tujuannya apa. Lama-kelamaan bakalan bosen karena mengulang rutinitas yang sama.

2. Lingkungan Tidak Memberikan Dukungan

Salah satu faktor suksesnya belajar bagi seseorang ialah dukungan dari orang di sekitarnya. Beruntunglah bagi teman-teman yang mempunyai orang tua, teman, sahabat, kakak, atau siapa pun itu yang selalu semangat dalam memberikan dukungan untuk kamu dalam kegiatan belajar.

komunikasi mencegah rasa bosan dalam belajar

3. Strategi Belajar yang Asal-asalan

Belajar itu ibarat persiapan menghadapi perang, dalam artian ulangan ya. Perang mengontrol diri untuk percaya pada kemampuan kamu. Oleh karenanya, strategi dalam belajar itu perlu ya teman-teman. Kalau asal belajar dan memaksakan harus paham dalam satu kali latihan, wah...kasihan mental dan pikiran kamu.

Baca Juga: Tips Belajar Menghadapi Ulangan Matematika

4. Tidak Punya Waktu Istirahat

Menjelang ujian, pasti frekuensi belajar kamu makin lebih intensif. Bahkan, jauh-jauh hari sebelumnya sudah digenjot demi mencapai tujuan akhir yang pastinya bisa membuat kamu puas dan bangga. Saking semangatnya, kamu belajar terus-menerus sampai lupa waktu istirahat. Coba deh relaksasi sebentar, entah tidur, atau hangout sebentar untuk melepas rasa jenuh saat belajar.

efek kurang tidur memicu bosan dalam belajar

5. Ingin Hasil yang Instant

Sudah belajar dengan rutin, gigih, dan tak kenal putus asa tapi hasilnya ngga memuaskan. Lama-lama bosen dan ngga percaya diri dengan kemampuan kamu. Ngaku deh. Begini lho teman-teman, yang namanya belajar itu ngga cuma ngerjain 10 soal latihan terus langsung paham. Ada proses yang harus kamu lalui biar paham. Jadi, sudah dipastikan kalau belajar itu ngga instant, emangnya mi.

Nah, itu tadi beberapa penyebab munculnya rasa bosan dalam belajar. Sebisa mungkin kamu harus menghilangkan penyebab rasa bosan dalam belajar itu muncul ya. Satu lagi nih, biar belajar kamu itu ngga bosan, coba gabung di ruangbelajar yuk. Ada banyak video animasi yang keren dan bakalan ngebantu kamu cepat paham materinya. Download sekarang yuk.

ruangbelajar

Beri Komentar