5 Persiapan Asian Games 2018 yang Megah dan Mengagumkan

Shabrina Alfari Agu 18, 2018 • 5 min read


Squad, kemeriahan dan euforia dari perhelatan Asian Games 2018 sudah semakin terasa ‘kan? Segala persiapan telah dilakukan oleh Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah, baik dari stadion, fasilitas, transportasi, penginapan, dan sebagainya. Wajar saja, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah pada ajang pertandingan olahraga antar 45 negara Asia dan kita akan menjadi saksi dari pesta olahraga terbesar yang akan berlangsung mulai hari ini. Apa saja ya keseruan yang telah dan akan terjadi pada Asian Games 2018 kali ini? Yuk, kita lihat!

1. Pemecahan Rekor Dunia Penari Poco-poco Terbanyak

persiapan asian games 2018Pemecahan rekor dunia tarian poco-poco (Sumber: aktual.com)

Squad, Indonesia baru saja membuat sejarah besar, Poco-poco salah satu tarian tradisional Indonesia berhasil masuk Guiness World Records, lho. Pemecahan rekor dunia Poco-poco ini diikuti oleh 65.000 peserta, 1.500 instruktur dan 5.000 panitia pendukung. Acara ini dilakukan di Silang Monas, sepanjang jalan Soedirman-Thamrin hingga Senayan. Pemecahan rekor dunia yang berlangsung pada 5 Agustus 2018 lalu, diikuti oleh peserta mulai dari anak-anak hingga lansia. Para peserta juga berasal dari berbagai instansi, seperti TNI, Polri, sponsor Thahir Foundation, dan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

persiapan asian games 2018Presiden Joko Widodo & wakil Presiden Jusuf Kalla turut serta dalam acara ini (Sumber: tribunnews.com)

Pemecahan rekor dunia ini juga dimaksudkan dalam rangka mensukseskan acara besar yang akan diselenggarakan oleh Indonesia yaitu Asian Games dan Asian Para Games 2018. Selain untuk meningkatkan harga diri bangsa Indonesia, pemecahan rekor ini diharapkan mampu melestarikan dan mengembangkan budaya asli Indonesia, serta meningkatkan Industri Pariwisata Indonesia. Kalau kamu, bangga nggak dengan tarian Indonesia?

2. Jumlah Penari Opening Asian Games 2018 Mencapai 4.000 Orang

persiapan asian games 2018Para penari sedang berlatih untuk penampilan opening ceremony (Sumber: liputan6.com)

Opening Ceremony Asian Games 2018 akan menyuguhkan penampilan parade penari berkostum megah yang mengusung konsep tarian khas Indonesia. Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) tidak mau setengah-setengah dalam mempersiapkan perhelatan besar ini. Acara pembukaan Asian Games yang mengambil tema Energy of Asia, akan menampilkan kurang lebih 4.000 penari dan 1.500 pendukung acara. Nantinya, para penari ini akan menampilkan tari-tarian kolosal dengan musik meriah yang mencerminkan semangat Indonesia ke seluruh dunia. Penampilan megah ini akan mengangkat budaya, kearifan, dan kesenian Indonesia yang dikemas sesuai dengan masa kini. Wah, nggak sabar ya!

3. Obor Api Abadi dari India

persiapan asian games 2018Dimulainya torch relay Asian Games 2018 (Sumber: thebridge.in)

Api obor Asian Games akan dibawa berkeliling di 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi di Indonesia dengan menempuh jarak sekitar 18.000 kilometer. Obor ini dibawa oleh beberapa tokoh terkenal, sebut saja Dian Sastrowardoyo dan Hamish Daud. Namun, tahukah kamu ada fakta unik dibalik obor Asian Games ini? Api dari obor sengaja didatangkan langsung dari India, lho. Api ini diambil dari lokasi api abadi Asian Games di India, yaitu Stadion Nasional Dhyan Chand di New Delhi, tempat Asian Games pertama kali dilangsungkan. Api abadi ini melambangkan semangat yang terus menyala untuk menjaga kebersamaan dan persahabatan serta semangat untuk berprestasi.

persiapan asian games 2018Obor abi abadi (Sumber: kompas.com)

Api abadi ini dibawa dengan alat khusus bernama tinder box yang berbahan bakar gas dan tidak boleh padam hingga tiba di Indonesia. Lima pesawat tempur T-50 Golden Eagle milik TNI AU ikut mengawal pesawat yang membawa api obor Asian Games hingga tiba di Yogyakarta tanggal 17 Juli 2018. Api abadi dari India ini kemudian disatukan dengan api abadi dari Indonesia, tepatnya dari Mrapen, Jawa Tengah.

4. Melibatkan Putera Puteri Terbaik Bangsa Dibalik Persiapan Asian Games 2018

persiapan asian games 2018Tim dibalik persiapan Opening Asian Games (Sumber: twitter.com)

Banyak sekali putera-puteri terbaik Indonesia dari berbagai bidang yang membantu persiapan Asian Games 2018 ini. Opening ceremony ini akan menjadi wajah dari Indonesia karena diliput secara langsung oleh lebih dari 20 negara. Berikut adalah nama-nama yang berjasa dibalik persiapan Asian Games 2018:

  • Wishnutama: Pengarah Kreatif Opening & Closing Ceremonies
  • Erick Thohir: Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018
  • Dynand Fariz: Penata Busana
  • Denny Malik: Pengarah Tari
  • Adie MS: Pengarah Musik
  • Eko Supriyanto: Pengarah Tari
  • Rinaldy Yunardi: Penata Busana
  • Francis Wanandi: Deputi II Games Administration
  • Mochtar Sarman: Direktur Merchandise Panitia Pelaksana Asian Games 2018
  • Melia Winata: Du’Anyam – Pemegang Lisensi Merchandise Asian Games 2018
  • Yukka Harlanda: Brodo Indonesia – Pemegang Lisensi Merchandise Asian Games 2018
  • Ilham: Sritex – Pemegang Lisensi Merchandise Asian Games 2018

Tentunya masih banyak lagi Squad, nama-nama yang turut serta dalam persiapan Asian Games 2018 ini. Kita sendiri juga wajib ikut mensukseskan dan memeriahkan acara ini ya.

5. Tiga Maskot Lucu Asian Games 2018 yang Penuh Makna

persiapan asian games 2018Maskot Asian Games 2018 (Sumber: uzone.id)

Pada Asian Games ke 18 ini ada tiga maskot unik yang melambangkan keberagaman budaya Indonesia. Pertama Bhin-Bhin, mascot yang diadaptasi dari seekor burung asal Papua yaitu Cendrawasih yang melambangkan strategi. Bhin-Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat khas Papua.

Kedua adalah Atung, seekor rusa bawean yang mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Rusa bawean adalah hewan yang banyak dijumpai di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Atung menjadi maskot yang merepresentasikan kecepatan, karena rusa dikenal sebagai hewan yang larinya sangat cepat.

Terakhir adalah Kaka, maskot yang terinspirasi dari badak bercula satu yang hanya dapat ditemukan di Ujung Kulon, Indonesia. Hewan yang termasuk langka ini mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang. Oleh karena tubuhnya yang besar dan kuat, Kaka melambangkan kekuatan.

Gimana Squad? Keren ‘kan persiapan yang sudah dilakukan untuk Asian Games 2018? Menang kalah itu biasa kok dalam sebuah pertandingan. Tetap jaga nama baik Indonesia dengan mendukung atlet-atlet kebanggaan kita. Psst, jangan keasikan nonton Asian Games dan lupa belajar ya. Yuk, terus semangat belajar dengan menonton video beranimasi di ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar