Ruangguru Blog

    Ternyata, 5 Perusahaan Startup Ini yang Mengubah Dunia!

    By Ruangguru · Aug 1, 2017

    Hi, Smart Buddies! Kalian merasakan gak sih kalau zaman sekarang dan saat orangtua kita masih muda kehidupannya jauh berbeda? Seiring kemajuan teknologi, kehidupan manusia juga berkembang sama pesatnya. Apalagi setelah bermunculannya smart phone, informasi yang dulu sangat sulit didapatkan, sekarang sudah tersedia di saku celana kita. Coba bayangkan, jika dahulu orangtua kita menikmati bermain di lapangan terbuka, kini kita lebih memilih bermain dengan ponsel kita.

    Dahulu ke mana-mana harus naik angkutan umum, sekarang kita bisa memesan ojek online. Mencari penginapan, bersosialisasi dengan teman, ataupun melakukan pembayaran. Semua sudah dapat dilakukan tanpa bersusah payah, hasil bantuan teknologi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya startup yang telah melakukan berbagai inisiatif perubahan. Startup adalah perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi dan masih berada di tahap pengembangan. Penasaran kan, startup apa saja yang sudah berpengaruh untuk dunia? Yuk, berkenalan!

    1. Uber

    perusahaan startup - Tampilan aplikasi Uber. Tampilan aplikasi Uber. (sumber: huffingtonpost.com)

    Pernahkah kamu mendengar nama Uber? Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, aplikasi ini terdengar cukup akrab untuk memudahkan kita saat berpergian. Uber pada dasarnya sama seperti layanan taksi, namun ia menciptakan aplikasi yang dapat menghubungkan antara pemesan dengan pengemudi. Aplikasi tersebut terhubung berkat adanya fitur global positioning system (GPS), sehingga posisi keduanya dapat dilihat pada layar ponsel. Praktis, mudah, dan cepat membuat Uber menjadi unggul dan banyak digunakan orang.

    Kini, Uber telah merambah pasar global dan telah beroperasi di 58 negara dan 290 kota. Saat ini juga diperkirakan Uber sudah memiliki 40 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Startup yang dipimpin oleh Travis Kalanick ini telah berhasil mengubah cara kita berpergian.

    2. Airbnb

    perusahaan startup - Tampilan pada Airbnb. Tampilan pada Airbnb. (sumber: play.google.com)

    Satu lagi, startup yang kerap akrab dengan para wisatawan. Airbnb merupakan aplikasi peminjaman ruangan. Para turis akan tersambung melalui internet memilih tempat dimana mereka akan menginap. Berbeda dengan situs pencarian hotel, Airbnb justru menyewakan ruangan dari properti milik pribadi.  Misalnya, kamu dapat menginap di salah satu rumah penduduk lokal saat kamu berkunjung ke Bali. Seru, kan? Terlebih, desain tampilan website Airbnb yang menarik juga membuat startup ini menjadi rekomendasi dari berbagai kalangan.

    Sejak tahun 2008 Airbnb telah mengalami perkembangan pesat. Saat ini, situs asal California, Amerika Serikat ini telah menjadi pemimpin global di antara beragam situs penginapan. Kini, Airbnb telah beroperasi di 190 negara dan 34 ribu kota. Tercatat, lebih dari 40 juta peminjaman telah dilakukan melalui Airbnb. Apakah kamu salah satunya? Wah, yang jelas Brian Checsky selaku CEO telah berhasil memimpin Airbnb dalam mengubah cara kita berwisata dan menginap. Keren ya?

    3. Instagram

    perusahaan startup - Melakukan login pada instagram. Melakukan login pada instagram. (sumber: androidtipster.com)

    Siapa yang belum kenal Instagram? Hmm, rasanya hampir seluruh anak muda di dunia sudah tahu benar mengenai fungsi media sosial satu ini ya? Inilah aplikasi berbagi foto yang terkenal dengan fitur filter-nya untuk meningkatkan kualitas foto. Instagram pada awalnya, sangat jauh berbeda dengan yang terlihat sekarang. Pada awalnya, startup yang dirintis oleh Kevin Systrom ini bernama Burbn yang bertujuan untuk menggabungkan fitur berbagi foto dan games. Seiring berjalannya waktu, Burbn dirombak menjadi Instagram dengan menghilangkan fitur permainan dan hanya fokus pada fitur berbagi foto. Melalui fitur following, follower, love, dan comment, para penggunanya menjadi mudah berinteraksi.

    Jika kamu membandingkan dengan media sosial lainnya, saat ini Instagram menjadi aplikasi yang paling booming untuk digunakan. Menurut pihak Instram, telah tercatat sebanyak 300 juta pengguna aktif setiap bulannya. Bahkan, rata-rata foto yang diunggah setiap harinya mencapai 60 juta dan menghasilkan 1,6 Milyar likes! Tidak heran kalau aplikasi ini dianggap sebagai salah satu pengubah gaya hidup sebagian orang khususnya dalam bersosialisasi dan fotografi.

    4. Facebook

    perusahaan startup - Salah satu logo Facebook di kantornya kawasan Menlo Park, California Salah satu logo Facebook di kantornya kawasan Menlo Park, California (sumber: japantimes.co.jp)

    Inilah raksasa media sosial ciptaan Mark Zuckerberg yang sudah banyak digunakan orang Indonesia dari berbagai usia. Tahukah kamu bahwa Facebook telah mendunia dan sudah tersedia dalam 37 bahasa berbeda, lho! Fitur dari Facebook pun sudah sangat banyak. Membuat profil maya, mengunggah foto serta video, dan mengirim pesan merupakan fasilitas yang kerap umum dilakukan oleh penggunanya. Selain itu, terdapat pula fitur grup, halaman, bisnis (iklan), dan permainan yang dapat diakses melalui aplikasi mobile phone maupun website.

    5. PayPal

    perusahaan startup - Kantor PayPal di Amerika Serikat. Kantor PayPal di Amerika Serikat. (sumber: qz.com)

    Ide dibalik startup ini sebenarnya sederhana, dengan melibatkan internet dalam bertransaksi uang. Sistem ini sudah dinilai aman dan diterima oleh kalangan luas. PayPal bahkan sudah menjadi partner eBay, salah satu marketplace jual beli terbesar di dunia. Menurut majalah Forbes, PayPal diakui sebagai situs pembayaran nomor satu di dunia. Rasanya hal tersebut wajar, karena ada 100 juta orang yang aktif menggunakannya di 190 pasar yang berbeda.

    Wah, luar biasa sekali ya pencapaian 5 startup di atas! Berkat terobosan kreatifnya, cara hidup kita pun jadi ikut berubah. Ruangguru juga merupakan salah satu startup yang ingin melakukan perubahan cara belajar. Tujuannya, agar akses pendidikan untuk seluruh kalangan menjadi lebih mudah!

    Nah, apakah kamu juga pernah menggunakan salah satu produk startup? Yuk, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar! (SP/RE)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru