5 Poin dalam Penyampaian Gagasan dan Tanggapan dalam Diskusi

Bahasa Indonesia_12

Film horor bikin takut

Makan bakso sama nasi

Apakah kamu pernah ikut

Sebuah acara forum diskusi

Apa sih forum diskusi itu?

Forum diskusi adalah tempat bermusyawarah dengan banyak orang dan dipimpin seorang pemimpin diskusi atau moderator untuk membicarakan hal penting. Tujuan diadakannya forum diskusi ialah untuk mendapat hasil keputusan dari hal yang dibicarakan.

diskusi forum

 Pelaksanaan diskusi dalam sebuah forum (sumber: kppu.go.id)

Kalau kamu pernah ikut atau melihat sebuah diskusi, pasti akan terjadi adu pendapat bukan? Pendapat yang diutarakan dalam diskusi bisa berupa sebuah gagasan atau pendapat yang dimiliki seseorang. Adu pendapat tersebut dapat berupa persetujuan atau penolakan. Baik pendapat setuju atau menolak harus diungkapkan dengan bahasa dan cara yang beradab dan santun.

Lalu, bagaimana ya cara menyampaikan gagasan dan tanggapan dalam sebuah diskusi? Lanjut baca terus ya Squad!

1. Objektif

Lawan dari objektif ialah subjektif. Kalau pendapat subjektif itu kan pendapat yang cenderung menilai sesuatu berdasarkan individu, sedangkan pendapat yang bersifat objektif lebih mengutamakan data dan realita yang ada.

Dalam sebuah forum diskusi, perlu dihindari pendapat yang bersifat subjektif. Kenapa? Pendapat subjektif biasanya mengedepankan emosional. Beda dengan pendapat objektif yang sangat berlandaskan pada kemampuan berpikir dan logika.

 

 (sumber: giphy.com)

 2. Tidak Apriori

Kamu tahu nggak apa apriori itu? Apriori ialah beranggapan sebelum mengetahui keadaan yang sebenarnya. Bahasa kerennya itu cuma “kira-kira” gitu lho Squad. Dengan begitu, kamu harus tahu dulu nih keadaan yang terjadi, baru habis itu kita dapat mengutarakan gagasan kamu.

Baca Juga: 3 Jenis Puisi Kontemporer

3. Jangan Emosi

Awas Squad, biasanya nih kalau ada seseorang yang mengemukakan pendapat tapi tidak sejalan dengan kita, langsung bawaannya pengen marah-marah. Dalam forum diskusi, pendapat yang disampaikan tidak dilarang emosi. Kenapa? Dengan adanya emosi dalam menyampaikan pendapat, maka akan terlihat pandangan subjektif kita.

 (sumber: giphy,com)

 4. Argumen yang Logis

Argumen yang logis artinya pendapat yang masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan. Supaya kamu bisa mendapatkan argumen yang logis, kamu harus memiliki sebuah data yang valid. Kalau kamu berargumen tanpa adanya data, itu sama saja kamu berargumen atas asumsi pribadi.

5. Menggunakan Ragam Bahasa yang Resmi

Bahasa dan forum diskusi harus dibedakan ya Squad. Jangan sampai kamu menggunakan bahasa sehari-hari kamu dalam forum diskusi. Forum diskusi pasti menggunakan ragam bahasa yang resmi, kecuali kalau kamu sedang kerja kelompok mengerjakan PR Bahasa Indonesia di rumah teman kamu. Nah, itu baru boleh menggunakan ragam bahasa santai.

Nah itu tadi Squad cara menyampaikan gagasan dan tanggapan dalam diskusi. Bagaimana, sekarang sudah paham kan? Kalau begitu, sekarang coba uji kemampuan kamu yuk di ruanguji. Ada banyak soal tryout gratis yang bisa kamu coba di sana.

New call-to-action 

Beri Komentar