5 Rahasia Kemampuan Artificial Intelligence dalam Dunia Kerja

Salsabela Liani

Aug 29, 2018 • 6 min read

sukses kerja


Pernahkah Anda mendengar aplikasi Siri? Atau mungkin Anda pernah mendengar Alexa dan Watson? Ketiga nama ini adalah contoh bentuk penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI). Artificial Intelligence adalah salah satu wujud kemajuan teknologi yang tidak hanya mempermudah berbagai pekerjaan, tetapi di satu sisi juga mengancam banyak tenaga kerja di seluruh dunia. Teknologi ini menawarkan kecepatan dan ketepatan bagi penggunanya sehingga dapat mengurangi tingkat human error yang terjadi dan meningkatkan produktivitas sebuah perusahaan.

artificial intelligence adalahAnda dapat berkomunikasi dengan Siri hanya dengan menggunakan suara (Sumber :  static.makeuseof.com)

Berikut adalah 5 rahasia kemampuan Artificial Intelligence yang berpotensi menggantikan peran manusia dalam lingkungan kerja :

1. Kemampuan menganalisis

artificial intelligence adalah

AI dapat menghasilkan berbagai analisis yang bermanfaat (Sumber : alrasmyat.co.sa)

Artificial Intelligence menggunakan berbagai algoritma canggih sehingga teknologi yang telah diprediksi bahayanya oleh Stephen Hawking ini dapat digunakan sebagai sarana pengambilan keputusan, menganalisis berbagai data secara cepat serta mengurangi tingkat human error yang ada. Tidak hanya itu, hasil analisis yang dihasilkan dari Artificial Intelligence juga dapat digunakan untuk memetakan berbagai prediksi seperti prediksi penjualan suatu perusahaan, penerbitan persetujuan kredit seperti yang dilakukan salah satu bank terbaik di Amerika Serikat, JPMorgan Chase, tingkat konsumsi suatu masyarakat, bahkan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang.  

2. Kemampuan mengelola Big Data

Berdasarkan definisi SAS, salah satu perusahaan analisis terbesar di Amerika, Big Data adalah sebuah istilah yang mendeskripsikan volume data yang sangat besar, baik yang terstruktur maupun tidak, yang membanjiri suatu bisnis pada basis sehari-hari. Sangat penting bagi suatu organisasi maupun perusahaan untuk dapat memanfaatkan Big Data agar dapat menghasilkan keputusan bisnis yang sustainable dan menguntungkan.

Seiring pesatnya pertumbuhan, Big Data menjadi salah satu topik yang sering dikhawatirkan oleh berbagai perusahaan. Namun, Artificial Intelligence dapat dijadikan solusi untuk mengelola data tersebut. Instagram menjadi perusahaan yang menerapkan AI untuk mengelola Big Data yang dimilikinya. Contohnya, Instagram dapat memetakan pengguna-pengguna yang sesuai untuk target advertising suatu perusahaan, memberikan berbagai rekomendasi yang sesuai dengan minat pengguna berdasarkan tagging yang digunakan, bahkan menyaring akun spam.

3. Kemampuan merespon dengan cepat

artificial intelligence adalah

Contoh bentuk penerapan chatbot dalam merespon konsumen (Sumber : blog.markgrowth.com)

Pernahkah Anda membuka suatu website e-commerce dan menemukan sebuah box untuk berdialog di sisi pojok kanan bawahnya yang langsung dibalas dengan Chatbot? Chatbot merupakan salah satu bentuk penerapan Artificial Intelligence yang sering ditemukan saat ini. Dengan teknologi ini, konsumen suatu perusahaan tidak perlu menunggu respon yang lama dari pengelola website karena AI dapat menanggapi beberapa pertanyaan tersebut dengan cepat. Dalam beberapa waktu ke depan, pekerjaan seorang customer service lama-kelamaan akan tergantikan.

4. Kemampuan menciptakan dan memperbaiki dokumen dengan akurat

Dalam jangka panjang, kemampuan Artificial Intelligence akan dengan mudah menggantikan peran editor serta notulen sebuah perusahaan. Sudah banyak aplikasi yang dapat memperbaiki berbagai kesalahan pada tulisan baik kesalahan pengetikan maupun tata bahasa seperti Grammarly bahkan juga dapat menuliskan transkrip suatu meeting menggunakan aplikasi AISense.

artificial intelligence adalah

Contoh penerapan aplikasi Grammarly dalam mendeteksi kesalahan penulisan (Sumber : business2community.com)

artificial intelligence adalah

Aplikasi AISense dapat menyimpan berbagai percakapan dan menuliskan transkrip percakapan tersebut (Sumber : appadvice.com dan 1APK.co)

5. Kemampuan untuk melakukan deeper personalization

Dengan Artificial Intelligence, sebuah perusahaan dapat mengenali karakter para konsumennya lebih dalam dalam waktu yang singkat. Teknologi ini memungkinkan suatu perusahaan untuk mengenali bagaimana pola yang dilakukan konsumennya dan bagaimana permintaan yang diinginkan mereka secara detail. Perusahaan tidak perlu lagi mempekerjakan berbagai tenaga kerja untuk melakukan survey untuk melakukan riset.  

Itulah 5 kemampuan penggunaan Artificial Intelligence dalam dunia kerja. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir jika keberadaan Anda akan tergantikan dengan adanya teknologi ini. Karena, tidak semua kemampuan maupun keterampilan manusia dapat dikuasai oleh teknologi Artificial Intelligence seperti kreativitas, manajemen teknologi, kemampuan berempati, dan kemampuan memberikan penilaian (judgement) seperti yang dilakukan oleh hakim.

Walaupun demikian, setelah mengetahui berbagai kemampuan AI, Anda harus semakin sadar jika persaingan kerja sekarang tidak hanya sebatas dengan pekerja lainnya, tetapi juga dengan teknologi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk terus membekali diri dengan berbagai keterampilan yang akan bermanfaat untuk pengembangan karier Anda. Salah satunya adalah dengan mengunduh aplikasi ruangkerja yang dapat diakses dengan mengklik gambar di bawah ini. Selamat mengembangkan diri, Rekan Kerja!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts