5 Sekolah Paling Unik di Dunia, Mana yang Paling Aneh?

Ruangguru Jun 30, 2020 • 5 min read


Sekolah atau kuliah seringkali dianggap membosankan karena hal yang bisa dipelajari hanya itu-itu saja. Tapi tahukah kamu kalau di dunia ini juga ada sekolah yang mempelajari hal-hal unik? Beberapa sekolah di bawah ini mengajarkan bidang-bidang yang tidak biasa seperti sekolah pada umumnya. Kita bahas satu-satu, yuk!

Grey School of Wizardy

penyihir
Foto: dailymail.co.uk 

Dari namanya saja mungkin kamu sudah tahu apa yang dipelajari oleh murid-murid dari sekolah ini. Yap, benar sekali, mereka belajar ilmu sihir! Jadi ingat dengan sekolah sihir Hogwarts di film Harry Potter, nggak sih? Sekolah ini didirikan pada tanggal 1 Agustus 2004 oleh Oberon Zell-Ravenheart di California, Amerika Serikat.

Grey School of Wizardry adalah satu-satunya sekolah di dunia ini yang mempelajari ilmu sihir. Di tahun keenamnya yaitu 2011, jumlah siswa dari sekolah sihir ini sudah mencapai 735 orang. Mereka dibagi ke dalam empat kelas dengan nama-nama yang unik, yaitu Gnomes, Salamanders, Sylphs, dan Undines.

Ada 16 fakultas, diantaranya Alchemy & Magical Sciences, Beast Mastery, Dark Arts, Psychic Arts, Divination, Wizardry, Wortcunning, “Mathemagicks,”, dan lain-lain. Untuk biaya sekolahnya sendiri, murid berusia di bawah 18 tahun akan dikenakan biaya sebesar $10 sebulan, adults $20, dan magisters $30.

Choko Group Mascot School

Nah, kalau sekolah yang berasal dari Tokyo, Jepang ini, para muridnya akan belajar bagaimana cara menjadi maskot yang benar dan menghibur. Di Jepang sendiri, maskot adalah bisnis yang cukup besar.

Negara ini dikenal sebagai penghasil beragam karakter yang termashyur hingga seluruh penjuru dunia. Sebut saja Doraemon dan Hello Kitty. Nah, maskot ini dirancang untuk mewakili suatu tempat wisata, pinggir kota, stasiun TV, bangunan sejarah, bandara, dan jalanan ramai. 

sekolah maskot Foto: japantimes.co.jp 

Sekolah yang didirikan oleh Choko Ohira ini berdiri pada tahun 1985. Choko Ohira sendiri adalah seseorang yang telah berpengalaman di bidang maskot selama 20 tahun. Alasan beliau mendirikan sekolah ini adalah ingin maskot benar-benar menghayati perannya untuk menghibur masyarakat.

Selama ini Choko Ohira sering sekali melihat bahwa maskot bekerja secara asal-asalan dan tidak mendalami peran mereka. Oleh karena itu, para muridnya akan diajarkan berbagai macam tarian, cara berjalan, hingga bagaimana cara berekspresi di balik kostum maskot sehingga membuat orang terhibur.

Setiap murid akan belajar selama dua jam selama satu hari saja. Murid-murid yang usia berkisar antara 20 hingga 50 tahun ini mayoritas yang mencari nafkah dengan menjadi maskot. Perlu kamu ketahui juga bahwa Choko Group Mascot School adalah sekolah maskot satu-satunya yang ada di dunia.

Shaolin Soocer School

sekolah shaolin soocer Foto: scmp.com 

Ada yang pernah nonton film Shaolin Soccer? Film lucu sekaligus mengharukan yang dibintangi oleh Stephen Chow ini ternyata telah memberi inspirasi bagi negara Cina untuk mendirikan sekolah Shaolin Soccer.

Di sekolah ini yang dipelajari adalah perpaduan antara olah raga sepak bola dan kungfu. Murid dari sekolah Shaolin Soccer ini berusia 14 hingga tahun. Sebelum masuk ke sekolah ini mereka harus memenuhi dua syarat, yaitu suka sepak bola dan pandai bela diri.

Saat ini keadaan sepak bola Cina memang sangat mengecewakan. Dengan adanya sekolah Shaolin Soccer ini diharapkan disiplin dalam ilmu kungfu bisa memberikan keuntungan untuk para pesepak bola muda.

Cain and Abel School for Prophet

Apa yang ada di kepala kalian saat mendengar kata nabi? Menurut agama Islam, nabi adalah seorang pria yang diberikan wahyu oleh Allah SWT, namun tidak berkewajiban menyebarkan wahyu tersebut kepada orang lain.

Dalam Islam sendiri hanya dikenal 25 orang nabi dan nabi terakhir adalah Muhammad SAW. Namun sepertinya negara Israel tidak sepaham dengan kepercayaan agama Islam.

Buku

Foto: dailyherald.com

Di negara ini ada satu sekolah yang mempelajari cara menjadi nabi, yaitu Cain and Abel School for Prophet. Baik laki-laki maupun perempuan dari agama apa pun boleh menjadi murid dari sekolah ini. Kira-kira apa saja yang dipelajari? Bagaimana cara menafsirkan mimpi, klasifikasi malaikat, misteri roh kudus, dan lain-lain.

Seorang guru yang berasal dari sekolah itu yang bernama Shmuel Hapartzy menyebutkan bahwa kurikulum sekolah mengikuti sifat-sifat nabi. Menurutnya, jika murid-murid telah menguasai kurikulum itu mereka akan mendapat ijazah bergelar nabi.

Namun Shmuel Hapartzy tidak menjamin dengan belajar di Cain and Abel School for Prophet akan membuat muridnya dapat berinteraksi secara langsung dengan Tuhan. Sekolah ini juga hanya memungut biaya sebesar 200 shekel atau sekitar Rp. 500.000 per 40 kali perjumpaan.

Beijing Moral Education for Women

Masih di Asia, sekolah yang satu ini cocok untuk kamu para wanita single yang berniat menikahi pria kaya. Di Cina ada sekolah bernama Beijing Moral Education Centre for Women (BMECW) yang mengajarkan wanita bagaimana cara untuk menarik perhatian para pria kaya.

Sekolah ini didirikan pada Agustus 2010. Pertama kali dibuka, terdapat sekitar 3000 murid berusia 21 hingga 36 tahun yang mendaftar di sekolah ini. Kebanyakan dari mereka adalah wanita yang berasal dari kelas menengah ke atas. Biaya sekolah ini sendiri kurang lebih 20.000 yuan, atau sekitar 39 juta rupiah.

Hal-hal yang dipelajari adalah berbagai macam cara untuk melatih kemampuan agar menarik perhatian para pria. Mulai dari cara berdandan hingga tata cara melakukan upacara-upacara tradisional Cina. Pada bulan Juli 2011, sekolah ini berhasil menjodohkan sekitar 30 pasangan yang berakhir dengan pernikahan. Hmm... ada yang mau daftar?

Demikianlah 5 sekolah unik di dunia versi Ruangguru. Menurut kamu, dari kelima sekolah di atas, sekolah mana yang paling unik? Atau kamu tahu sekolah lain yang lebih unik? Berikan komentarmu ya! ☺ 

Beri Komentar