5 Situs yang Bikin Kamu Melek Koding

Dengan bermodalkan internet, komputer, laptop, dan gadget lainnya, kamu bisa belajar apa saja di mana saja, termasuk belajar koding. Kalau kemarin kita sudah membahas tentang “4 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Koding” di artikel kali ini kita akan lihat website apa saja yang dapat kamu akses untuk belajar koding dan mengenal lebih jauh dunia pemrograman.

1. codeacademy.com

CodecademySumber: fastcodesign.com

Codeacademy merupkan salah satu website pemograman yang cukup terkenal. Selain terstruktur dan praktis, kelebihan belajar kode di codeacademy adalah kita dapat mempraktekkan kode yang telah dipelajari saat itu juga. Pilihan bahasa yang ditawarkan adalah HTML/CSS, PHP, jQuery, Javascript, Python, dan Ruby.

 

2. w3schools.com

w3school

Hampir sama dengan codeacademy, w3schools.com sangat cocok untuk pemula. Selain mudah dipahami dan dicoba langsung, w3schools.com memungkinkan kita untuk tahu letak kesalahan ketika terjadi error. W3schools.com dapat dikatakan sebagai website terlengkap untuk belajar koding karena pilihan bahasa yang ditawarkan sangat banyak dan beragam, tidak sebatas pada HTML, CSS, an PHP.

 

3. codeavengers.com

codeavengers

Program tutorial di Code Avengers tergolong fleksibel, kamu hanya membutuhkan 12 jam untuk menyelesaikan tiap tutorial. Selain itu, tutorial di Code Avengers lebih terfokus pada pembuatan produk seperti membuat website, aplikasi, dan games. Sayangnya pilihan bahasa yang tersedia untuk membuat website hanya sebatas HTML dan CSS.

 

4. codeschool.com

codeschool

Website yang ketiga adalah Code School. Di website ini kamu akan belajar koding melalui artikel dan video. Selain itu tersedia coding challenge, yaitu tantangan-tangan yang harus kamu hadapi sebelum menerima tantangan selanjutnya. Pilihan bahasa yang dapat kamu pelajari secara gratis adalah HTML/CSS, Ruby, iOS, dan Javascript. Sayangnya Code School tidak meyediakan kursus PHP.

 

5. codecombat.com

codecombat

Website yang satu ini punya cara seru untuk belajar kode, yaitu dengan bermain game! Code Combat merupakan game online multiplayer yang mengajarkan programming. Kamu akan membantu karakter utama menyelesaikan masalah dengan memodifikasi kode. Ada sekitar 100+ level yang ditawarkan secara gratis dan sudah meliputi semua konsep. Pilihan bahasa yang dapat kamu pelajari di sini adalah Javasrcript dan Python.

Itulah 5 website yang dapat kamu akses untuk belajar koding. Kalau kamu punya rekomendasi website untuk belajar koding yang lain silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Selamat mencoba smart buddies!

Sumber: <a href="https://id.techinasia.com/dev-series-4-website-gratis-belajar-coding/" target="_blank">id.techinasia.com</a>, <a href="http://www.syakirurohman.net/2014/06/website-rekomendasi-untuk-belajar-bahasa-pemprograman-website.html" target="_blank">syakirurohman.net</a>

 

Dian Chairunnisa