5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Ruangguru Sep 15, 2020 • 10 min read


SA_Prakerja_-_5_Skill_yang_Paling_Dibutuhkan_Di_Dunis_Kerja-01

Artikel ini memberikan informasi mengenai lima macam skill yang paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini.

--

Tantangan yang dirasakan bagi para fresh graduate atau pencari kerja yang belum memiliki banyak pengalaman ialah kesulitan untuk mengembangkan skill yang dimiliki. Nah, Anda bisa mengikuti berbagai macam kursus/pelatihan secara online maupun offline yang dapat meningkatkan kompetensi kerja serta daya saing Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti program kartu prakerja yang diadakan pemerintah, loh

Skill Academy by Ruangguru merupakan salah satu platform pelatihan yang menyediakan berbagai macam kelas pelatihan online, mulai dari technical skills hingga soft skills. Di Skill Academy, Anda bisa memilih kelas pelatihan sesuai dengan skill yang ingin Anda kembangkan. Namun, jika Anda merasa bingung skill apa saja yang penting dan paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini, Anda bisa simak terlebih dulu artikel ini untuk mengetahui lima skill yang paling dibutuhkan dunia kerja di tahun 2020 menurut World Economic Forum (WEF).

1. Kemampuan Memecahkan Masalah yang Kompleks

pemecahan masalah kompleks(sumber: jodymichael.com)

Perkembangan teknologi yang cepat memberi pengaruh cukup besar pada berbagai jenis pekerjaan. Akibatnya, setiap perusahaan pun harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi, termasuk perubahan masalah. Di era digital ini, masalah yang muncul akan semakin kompleks dan dinamis, sehingga butuh penyelesaian yang tidak biasa.   

Oleh karena itu, Anda akan dituntut untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah yang kompleks (Complex Problem Solving). Mengapa demikian? Seseorang yang dapat memecahkan masalah kompleks pasti akan melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Ia akan mengembangkan beberapa solusi yang bisa dijadikan alternatif serta memilih mana solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Cuplikan video kelas Problem Solving: Cara Memecahkan Masalah ala Konsultan

Untuk mengembangkan kemampuan ini, Anda dapat mengikuti kelas Problem Solving: Cara Memecahkan Masalah ala Konsultan di Skill Academy. Kelas ini akan dipandu oleh Tsamara yang merupakan Ex-Boston Consulting Group Consultant dan Problem Solving Trainer. Dalam kelas ini, Anda akan mengetahui cara memecahkan masalah yang rumit secara terstruktur, mulai dari mengidentifikasi akar masalah, memetakan prioritas masalah, membuat solusi yang berkelanjutan, serta menelusuri rencana kerja Anda nantinya.

Kelas Problem Solving: Cara Memecahkan Masalah ala Konsultan di Skill Academy telah dipercaya oleh ribuan orang dan mendapatkan ulasan yang sangat baik. Berikut ini ialah rating dan ulasan yang telah dirasakan oleh peserta Skill Academy.

kelas memecahkan masalah

 

2. Berpikir Kritis

Cuplikan video kelas Berpikir Kritis: Cara Bedakan Hoaks dan Fakta

Selain kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis juga merupakan skill yang paling dibutuhkan saat ini. Dengan berpikir kritis, Anda akan mampu melihat ide-ide baru yang cemerlang. Berpikir kritis menjadikan Anda lebih detail dalam memperhatikan hubungan/keterkaitan antara hal yang satu dengan hal yang lainnya. Dampaknya, Anda jadi lebih peka dengan situasi yang ada di sekitar. Selain itu, berpikir kritis juga sangat dibutuhkan dalam menghadapi konflik kerja. Anda akan lebih mampu menyampaikan argumen dengan lawan bicara secara sehat. 

Ingin mengasah kemampuan berpikir kritis Anda? Yuk, ikuti kelas Berpikir Kritis: Cara Bedakan Hoaks dan Fakta oleh Critical Thinking Trainer, Emilia Tiurma Savira di Skill Academy. Di kelas ini, Anda akan mengetahui apa itu kemampuan berpikir kritis, pentingnya memiliki kemampuan ini ketika memasuki dunia kerja, serta bagaimana menggunakan kemampuan ini dalam berargumen. Dengan mendapatkan rating dan ulasan yang baik, kelas ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan potensi berpikir kritis Anda.

Kelas berpikir kritis

 

3. Kreatif

Saat ini, inovasi-inovasi baru akan terus bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi. Agar dapat terus bersaing dan tidak tergerus oleh zaman, perusahaan akan membutuhkan orang-orang dengan daya pikir yang kreatif. Tanpa adanya kreativitas, maka tidak akan ada inovasi. Kreativitas harus terus diasah dengan membiasakan diri untuk berpikir kritis.

berpikir kreatif(sumber: verywellmind.com)

Kemampuan kreatif bisa diasah dengan mendapatkan pelatihan yang baik melalui kelas Creative Thinking: Kemampuan Berpikir Kreatif untuk Menunjang Karirmu. Anda akan dipandu oleh Carin Sanjaya yang merupakan Senior Creative Designer. Bukan hanya belajar bagaimana cara menjadi kreatif, tapi Anda pun akan dibimbing agar memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan kreatif, sehingga dapat menunjang karir Anda. Berikut ialah ulasan dari kelas tersebut yang bisa menjadi pertimbangan.

kelas berpikir kreatif

 

4. Kemampuan untuk Memanajemen Orang

Kemampuan ini sangat penting dimiliki oleh seorang pemimpin. Setiap perusahaan, pasti mencari orang-orang yang memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) dalam dirinya. Bisa jadi di suatu kondisi, Anda diminta untuk mengatur sebuah proyek/event yang butuh kemampuan untuk memanajemen rekan-rekan satu tim. Jadi, penting untuk mengasah kemampuan ini dari sekarang. 

Kemampuan memanajemen orang (People Management) dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk bisa memotivasi dan menggerakkan/mengarahkan orang lain. Hal ini dilihat dari cara Anda mengatur rekan-rekan kerja satu tim, memberikan motivasi, dan semangat agar dapat menjalin kerja sama tim yang solid. And abisa mengasah kemampuan kepemimpinan Anda agar menjadi kebanggan karyawan di kantor dengan mengikuti kelas Kepemimpinan Efektif dan Sukses Mengelola Tim.

Selain menjadi pemimpin yang bisa andal dalam memanajemen tim, Anda juga diperlukan untuk mengasah kemampuan negosiasi dengan mengikuti kelas Teknik Negosiasi: Seni Mendapatkan  yang Kamu Inginkan. Dengan memiliki kemampuan negosiasi, Anda pun dapat  menjadi negosiator andal yang bisa mengatur lawan negosiasi Anda. Berikut ini ialah ulasan terhadap kelas tersebut yang sudah dipercaya oleh belasan ribu pengguna Skill Academy.

Kelas negosisasi

 

5. Kemampuan Berkoordinasi dengan Orang Lain

berkoordinasi dengan orang lain(sumber: rewireme.com)

Terakhir ada kemampuan untuk berkoordinasi dengan orang lain. Di dunia kerja, Anda akan dituntut untuk dapat berkoordinasi dengan rekan kerja Anda. Berkoordinasi ini mencakup hubungan komunikasi yang jelas dan terarah, saling memahami kondisi satu sama lain, serta dapat mengutamakan kepentingan bersama. Seseorang yang mampu berkoordinasi tentu akan dapat bekerja sama dengan baik, serta mau mendengarkan saran maupun kritikan dari orang lain. Jika koordinasi berjalan dengan baik, maka akan tercipta hubungan antar rekan kerja yang erat, jauh dari konflik, dan lingkungan kerja yang nyaman.

Beberapa rekomendasi kelas online dari Skill Academy yang dapat Anda coba untuk menunjang kemampuan berkoordinasi yang Anda miliki, antara lain:


Nah, itulah lima skill yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini menurut World Economic Forum (WEF). Semoga setelah mengetahuinya, Anda tidak lagi bingung untuk menentukan skill apa yang harus dikembangkan terlebih dahulu. Bagi Anda yang ingin meningkatkan soft skills lain yang Anda miliki, atau menambah kemampuan baru selama pandemi ini, bisa bergabung di Skill Academy by Ruangguru. Banyak pilihan kelas dengan harga terjangkau. Gabung sekarang dan pilih kelas Anda sekarang.

New call-to-action

Beri Komentar