5 SMA Negeri di Yogyakarta dengan Nilai UNBK 2019 Terbaik

Riza Miftah Muharram

Jul 1, 2019 • 5 min read

ujian nasional SMA


sma yogya

Artikel ini akan mengulas SMA Negeri di Yogyakarta dengan nilai rata-rata UNBK IPA 2019 terbaik nasional yang bisa menjadi pilihanmu dalam PPDB 2019.

--

Squad, sudah tahu dong kalau PPDB SMA 2019 sudah dibuka? Untukmu yang tinggal di Yogyakarta, sudah menentukan ingin masuk SMA Negeri mana belum nih? Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, tentunya ada banyak sekolah terbaik di sana.

Nah, menurut data yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut ini ada beberapa SMA Negeri di Yogyakarta yang mendapatkan rata-rata nilai UNBK terbaik di tahun 2019. Penasaran SMA Negeri apa saja? Simak yuk!

1. SMA Negeri 3 Yogyakarta
Nilai rata-rata UNBK 2019: 86,31

sman 3 yogya
SMAN 3 Yogyakarta (Sumber: Kemdikbud.go.id)

SMA Negeri 3 Yogyakarta dikenal juga sebagai “Padmanaba”, merupakan salah satu SMA di Kota Yogyakarta yang keberadaannya sudah ada sejak lama, bahkan sejak jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, kurang lebih tahun 1942.

Apa fasilitas apa saja, sih, di Padmanaba? Di sekolah ini terdapat 17 kelas, yang terdiri dari kelas Ilmu Pengetahuan Alam, kelas Ilmu Pengetahuan Sosial, dan kelas ICT (kelas akselerasi). Ada juga fasilitas berupa laboratorium bahasa, laboratorium kimia, laboratorium biologi, laboratorium fisika, ruang multimedia, dan ruang komputer. Sekolah ini juga mempunyai sebuah perpustakaan besar, lho!

Oh iya, seluruh siswa di Padmanaba akan belajar Bahasa Jerman atau Bahasa Jepang sebagai pilihan bahasa asing. Nantinya, kalau kamu sudah menjadi siswa di sana, sejak kelas 10 kamu sudah bisa memilih salah satu bahasa asing tersebut.

Sudah begitu banyak prestasi yang diraih oleh para siswa Padmanaba dalam bidang akademik hingga perlombaan resmi berjenjang seperti OSN, OPSI, OOSN, FLSSN, MTQ. Nggak ketinggal ada juga prestasi guru di ajang lomba pendidik, seperti Olimpiade Guru Nasional, pendampingan OPSI, dan sebagainya, menjadikan sekolah ini bisa jadi salah satu pilihan terbaikmu untuk meneruskan pendidikan ke jenjang SMA.

2. SMA Negeri 1 Yogyakarta
Nilai rata-rata UNBK 2019: 85,63

sman 1 yogya
SMAN 1 Yogyakarta (Sumber: Kemdikbud.go.id)

SMA Negeri 1 Yogyakarta atau yang dikenal dengan nama “Teladan” ini mengawali langkahnya sejak tahun 1930, sejak masa penjajahan Belanda, Squad. Pada awal-awal berdirinya, sekolah ini memiliki bentuk Algemeene Midlebaar School A Afdeling Yogyakarta (AMS), setara dengan SMA untuk saat ini.

SMA Teladan dikenal memiliki peraturan yang ketat, padahal sebenarnya nggak, lho, Squad! Nggak perlu berpikir dua kali untuk masuk SMA Teladan ini karena takut peraturannya. Karena sebenarnya, peraturan-peraturan itu dibuat oleh siswa sendiri melalui OSIS, jadi ya siswa sendiri yang menyusunnya lewat diskusi antara perwakilan siswa dan pihak sekolah. Peraturan-peraturan itu nggak akan mengekang kamu kok!

Untuk kamu yang ingin mengembangkan kreativitas dalam kegiatan non-akademik, SMA Teladan cocok banget nih. Ada berbagai macam ekstrakurikuler yang tersedia mulai dari pramuka, klub jurnalis, klub teater, klub sains, klub pendaki gunung, palang merah remaja, robotika, rohis, hingga klub penggemar anime.

Baca Juga: 15 SMA Peraih Nilai Rerata Tertinggi UNBK IPA 2019 secara Nasional

3. SMA Negeri 8 Yogyakarta
Nilai rata-rata UNBK 2019: 83,87

sman 8 yogya
SMAN 8 Yogyakarta (Sumber: Kemdikbud.go.id)

Bagi orang-orang Yogyakarta, SMA Negeri 8 dikenal sebagai Delayota. Sekolah menengah atas yang satu ini punya segudang fasilitas lho, Squad. Mulai dari laboratorium sains, laboratorium, komputer, laboratorium multimedia, ruang audio visual, studio musik, ruang kesenian, gedung serba guna, hingga perpustakaan.

Untuk prestasinya, SMA Negeri 8 Yogyakarta selalu mengalami peningkatan, baik prestasi akademik maupun non akademik. Hal ini terlihat dari rata-rata UNBK dari tahun ke tahun, walaupun nilai rata-rata itu bukan tolok ukur utama ya, Squad.

4. SMA Negeri 2 Yogyakarta
Nilai rata-rata UNBK 2019: 80,41

sman 2 yogya
SMAN 2 Yogyakarta (Sumber: Kemdikbud.go.id)

SMA Negeri 2 Yogyakarta punya sejarah yang cukup menarik lho, Squad. SMA Negeri 2 adalah penjelmaan dari SMA YPK, yang didirikan oleh Yayasan Pembinaan Kesejahteraan POMG SMA Negeri 6 Yogyakarta atas gagasan guru-guru SMP Negeri 6, untuk menampung eks siswa-siswi SMP 6 yang tidak mendapat tempat untuk melanjutkan belajarnya di SMA Negeri.

Untuk menunjang proses belajar mengajar para siswanya, disediakan cukup banyak fasilitas di SMA Negeri 2 ini. Mulai dari seluruh ruang kelas yang dilengkapi dengan LCD, ruang multimedia dengan fasilitas sangat lengkap, jaringan internet di perpustakaan dan laboratorium komputer, hingga ruang perpustakaan yang luas.

Selain kegiatan akademis, ada banyak juga kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti para siswa di SMA Negeri 2 ini, seperti sepak bola, paduan suara, teater, majalah sekolah, futsal, KIR, hingga karate.

5. SMA Negeri 6 Yogyakarta
Nilai rata-rata UNBK 2019: 80,22

sman 6 yogya
SMAN 6 Yogyakarta (Sumber: Kemdikbud.go.id)

Berdiri sejak tahun 1949, SMA Negeri 6 Yogyakarta ini pada awalnya didirikan untuk menutupi kekurangan tenaga pamong praja di negara bagian Yogyakarta pada tahun 1950. Mengingat sejak Jakarta ditetapkan menjadi Ibukota Republik Indonesia Serikat pada tahun 1949, maka kegiatan pemerintah pusat berangsur-angsur dipindahkan dari Yogyakarta ke Jakarta, bersama-sama dengan pegawai pamong prajanya.

Nah, Squad, yang menarik dari SMA Negeri 6 ini adalah, sejak tahun 2009/2010, mereka ditetapkan sebagai "The Research School of Jogja", predikat bagi sekolah tingkat SMA yang sudah berbasis riset atau penelitian. SMA Negeri 6 menjadi yang pertama di Yogyakarta dan di Indonesia yang ditetapkan demikian.

Sebagai “The Research School of Jogja”, SMA Negeri 6 memiliki banyak banget fasilitas penunjang bagi para siswanya lho, Squad. Bersekolah di sana, kamu bisa menggunakan ruang perpustakaan dengan koleksi buku yang banyak, belajar di ruang kelas yang dilengkapi kipas angin dan LCD proyektor, memanfaatkan koneksi internet gratis di 8 titik hotspot, hingga belajar di laboratorium kimia, fisika, biologi, dan bahasa.

Gimana, Squad, sudah tahu dong SMA-SMA negeri di Yogyakarta beserta seluk beluknya? Semoga bisa jadi bahan pertimbangan kamu ya. Kalau nanti sudah masuk di salah satu sekolahnya, cobain ruangbelajar deh, dijamin deh proses belajarmu akan sangat menyenangkan dan kamu bisa mendapatkan prestasi yang membanggakan!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts