5 SMA Negeri Terbaik di Kota Bogor dengan Nilai UN 2019 Tertinggi

Riza Miftah Muharram

Jul 5, 2019 • 4 min read

Ujian Nasional


Header sma bogor

Artikel ini akan membahas SMA Negeri apa saja di Bogor yang mendapatkan nilai UNBK IPA 2019 terbaik secara nasional.

--

Squad, karena PPDB 2019 sekarang menerapkan sistem zonasi, nggak ada lagi tuh sekarang yang namanya sekolah favorit atau sekolah unggulan. Walau begitu, di artikel ini kita akan cari tahu SMA Negeri mana saja di Kota Bogor yang mendapatkan nilai rata-rata UNBK IPA 2019 terbaik.

Eits, nilai rata-rata ini hanya sebagai salah satu tolok ukur saja ya, bukan jadi tolok ukur utama. Karena semua sekolah pasti memiliki prestasi masing-masing, kok.

Nah, menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), inilah 5 SMA Negeri dengan nilai UNBK IPA 2019 terbaik di Kota Bogor.

1. SMA Negeri 1 Bogor

Nilai rata-rata UNBK 2019: 80,33

SMAN 1 bogor
SMAN 1 Bogor (Sumber: Metropolitan.id)

Squad, apakah kamu familiar dengan nama Prof. Garnadi Prawiro Sudirdja? Yup, betul sekali. Beliau adalah Bapak Biologi Nasional. Beliau inilah yang mendirikan SMA Negeri 1 Bogor pada tahun 1946, yang saat itu masih merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Atas di Bogor.

Di SMA Negeri 1 Bogor, sebagai siswa kamu akan terwadahi dalam hal mengembangkan diri, baik itu dalam hal akademik maupun non-akademik. SMA Negeri 1 Bogor memiliki 28 cabang kegiatan ekstrakurikuler, lho, Squad. Dalam setiap ekstrakurikuler itu, para siswa nggak cuma sekadar dilatih dalam hal kemampuan kompetensi, tetapi juga mengasah kemampuan keorganisasian dan pengembangan karakter.

2. SMA Negeri 3 Bogor

Nilai rata-rata UNBK 2019: 78,90

sman 3 bogor
SMAN 3 Bogor (Sumber: Cimanggubogor.com)

SMA Negeri 3 Bogor terletak di dekat pusat kota, hanya beberapa menit saja dari Balai Kota Bogor. Nggak heran kalau SMA Negeri 3 ini menempati urutan kedua dalam hasil nilai rata-rata UNBK 2019, sebab mereka memang memiliki begitu banyak prestasi baik akademik dan non-akademik.

Selain itu, sejak tahun pelajaran 2002-2003, SMA Negeri 3 Bogor menjadi satu-satunya sekolah negeri yang dipercaya Pemerintah Derah Kota Bogor melalui Dinas Pendidikan Kota Bogor untuk melaksanakan program akselerasi, lho.

Untuk kegiatan ekstrakurikulernya, jangan khawatir kamu nggak bisa berkembang di sini. Karena ada banyak banget kegiatan yang bisa kamu ikuti. Di bidang olahraga, ada basket, futsal, bulutangkis, hingga bisbol. Di bidang sains, ada KIR dan klub astronomi. Dan masih banyak lagi di bidang-bidang lainnya.

Baca Juga: 10 SMA Negeri Terbaik di DKI Jakarta Berdasarkan Nilai UN 2019

3. SMA Negeri 5 Bogor

Nilai rata-rata UNBK 2019: 74,50

sman 5 bogor
SMAN 5 Bogor (Sumber: sman5kotabogor.sch.id)

Salah satu SMA Negeri berprestasi lainnya adalah SMA Negeri 5 Bogor. Di UNBK 2019 saja, mereka berada di urutan ketiga dalam hal nilai rata-rata tertinggi. Hal itu nggak lain karena fasilitas yang diberikan pihak sekolah kepada siswa-siswanya bisa dibilang lengkap.

SMA Negeri 5 Bogor memiliki total 27 ruang kelas, yang masing-masing ruang kelas ini punya fasilitas seperti layar proyektor, proyektor, dan kipas angin untuk menunjang kegiatan belajar mengajar agar berjalan dengan baik. Selain itu, ada pula laboratorium IPA, laboratorium IPS, laboratorium komputer, laboratorium seni, hingga laboratorium pendidikan agama Islam.

Banyak ekstrakurikuler yang tersedia di SMA Negeri 5 Bogor, lho, Squad. Seperti misalnya Ithri, ekstrakurikuler dalam bidang dakwah. Ada pula Capture, tempat para siswa mengembangkan minat dan bakatnya dalam bidang fotografi, dan masih banyak lagi.

4. SMA Negeri 2 Bogor

Nilai rata-rata UNBK 2019: 68,94

sman 2 bogor
SMAN 2 Bogor (Sumber: TribunnewsBogor)

Berada di pusat kota Bogor, SMA Negeri 2 Bogor menjadi sekolah menengah atas urutan keempat dalam nilai rata-rata UNBK 2019 terbaik menurut data Kemendikbud. Berbagai fasilitas pendukung, seperti perpustakaan berinternet, membuat para siswa di SMA Negeri 2 Bogor banyak yang menorehkan prestasi gemilang.

Para siswa nggak cuma diajarkan mata pelajaran bidang akademik, tetapi juga non-akademik dalam pilihan ekstrakurikuler yang beragam. Ada pramuka, palang merah remaja, olahraga, seni, hingga diajarkan kewirausahaan.

5. SMA Negeri 6 Bogor

Nilai rata-rata UNBK 2019: 65,62

sman 6 bogor
SMAN 6 Bogor (Sumber: smansixbo.sch.id)

Di peringkat kelima dalam nilai rata-rata UNBK 2019, ada SMA Negeri 6 Bogor. Sekolah yang terletak di daerah Tanah Sareal ini punya fasilitas yang cukup lengkap bagi para siswanya, mulai dari perpustakaan yang sering direvitalisasi, ruang kelas yang nyaman, hingga laboratorium-laboratorium yang cukup lengkap.

Ekstrakurikulernya juga sangat banyak, hampir sama dengan yang ada di SMA lainnya. Kegiatan akademik dan non-akademik di sekolah ini pun bisa berjalan lancar dengan dukungan fasilitas-fasilitas tersebut.

Nah, Squad. Itulah 5 SMA Negeri terbaik di Bogor yang mendapatkan nilai rata-rata UNBK 2019 tertinggi. Yuk langganan ruangbelajar biar prestasimu di sekolah bisa meningkat!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts