5 SMP Negeri di DKI Jakarta dengan Nilai Rerata UN 2019 Terbaik

Riza Miftah Muharram

Jul 2, 2019 • 4 min read

Ujian Nasional SMP


PRIORITAS_-_HEADER_-_5_SMP_TERBAIK_DI_JAKARTA-06

Artikel ini akan mengulas SMP Negeri di DKI Jakarta dengan nilai rata-rata UN 2019 terbaik secara nasional.

--

Squad, gimana kemarin Ujian Nasionalnya? Semoga bisa mengerjakan seluruh soal yang ada dengan baik dan kamu mendapat nilai yang bagus dari hasil belajarmu, ya.

Oh iya, beberapa waktu yang lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mengumumkan hasil pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama, lho!

Hasil tersebut berupa nilai rerata UN yang terdiri atas mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.  Walaupun bukan menjadi satu-satunya faktor penentu prestasi, nilai UN ini merupakan salah satu standar penilaian dalam proses pendidikan, Squad.

Nah, berdasarkan hasil yang dirilis oleh Kemendikbud, inilah 5 SMP Negeri terbaik di DKI Jakarta yang memiliki nilai rerata UN 2019 tertinggi:

1. SMP Negeri 115 Jakarta

Nilai rerata UN 2019: 9,378

SMP NEGERI 115 JAKARTA
SMABEL (Sumber: sekolah.pendidikan.id)

Terletak di Jakarta Selatan, SMP Negeri 115 atau yang dikenal juga sebagai SMABEL memang selama ini dikenal sebagai sekolah menengah pertama yang cukup berprestasi di Jakarta, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Banyak banget pastinya siswa sekolah yang ingin melanjutkan belajarnya di SMP yang satu ini, mungkin salah satunya juga kamu. Tapi, Squad, seperti apa sih memangnya SMP Negeri 115 Jakarta ini?

Dalam hal menunjang kegiatan belajar mengajar, berbagai fasilitas telah dimiliki SMP Negeri 115 Jakarta, yang mana di antara lain adalah ruang kelas yang dilengakapi pendingin ruangan dan proyektor, perpustakaan, laboratorium biologi, laboratorium fisika, laboratorium komputer, laboratorium IPS, teater mini, lapangan basket, futsal, voli, bulutangkis, hingga ruang KIR.

2. SMP Negeri 255 Jakarta

Nilai rerata UN 2019: 9,206

SMP NEGERI 255
SMP Negeri 255 Jakarta. (Sumber: Kemendikbud)

Nah, Squad. Di posisi kedua dalam hal nilai rerata UN 2019 terbaik, ada SMP Negeri 255 Jakarta yang terletak di Jakarta Timur.  Salah satu pendukung kenapa SMP Negeri 255 Jakarta bisa begitu berprestasi ini adalah dari seluruh gurunya yang sudah memenuhi kualifikasi dan 93% sudah tersertifikasi.

Sejumlah fasilitas utama dengan kondisi baik juga tersedia di sekolah ini untuk menunjang belajar mengajar, yang di antara lain adalah 24 ruang kelas, 2 laboratorium, 1 perpustakaan, dan lapangan olahraga yang luas. Selain berbagai fasilitas tersebut, SMP ini juga memiliki beberapa fasilitas untuk menunjang keterampilan siswa, seperti ruang sanggar dan ruang tata busana.

3. SMP Negeri 49 Jakarta

Nilai rerata UN 2019: 9,057

SMP NEGERI 49
SMP Negeri 49 Jakarta (Sumber: CNBC Indonesia)

Terletak di Kramat Jati, Jakarta Timur, SMP Negeri 49 Jakarta berada di urutan ketiga dalam daftar sekolah menengah pertama yang meraih nilai rerata UN 2019 terbaik. Prestasi ini diraih tentunya berkat siswa-siswa di sana yang dididik oleh 45 guru yang memang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Berbagai fasilitas disediakan oleh pihak SMP Negeri 49 Jakarta untuk bisa menunjang proses belajar mengajar para siswanya. Mulai dari kelasnya saja, supaya siswa merasa nyaman, disediakan pendingin ruangan, proyektor, dan televisi. Selain itu, ada pula laboratorium bahasa, laboratorium IPA, dan laboratorium komputer, ruang musik, ruang media, hingga perpustakaan.

Untuk program ekstrakurikulernya, di SMP Negeri 49 Jakarta kamu bisa memilih berbagai macam kegiatan, lho, Squad. Mulai dari pramuka, PMR, paskibra, ansambel, rohis, rohkris, berbagai bindang olahraga, serta olimpiade sains nasional.

4. SMP Negeri 41 Jakarta

Nilai rerata UN 2019: 9,039

SMP NEGERI 41
SMP Negeri 41 Jakarta. (Sumber: Wikimedia)

SMP Negeri 41 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang cukup bagus di Jakarta Selatan. Sekolah menengah pertama yang satu ini memiliki visi untuk unggul dalam IPTEK dan IMTAQ, sehingga begitu banyak fasilitas penunjang yang diberikan oleh pihak sekolah.

Nah, Squad, ekstrakurikuler di SMP Negeri 41 Jakarta juga beragam, lho. Di bidang olahraga saja ada futsal, basket, voli, dan sepak bola. Sementara di bidang lainnya kurang lebih sama dengan sekolah lain pada umumnya, seperti PMR, pramuka, klub bahasa Inggris, sanggar tari, KIR, mading, dan masih banyak lagi.

5. SMP Negeri 9 Jakarta

Nilai rerata UN 2019: 8,961

SMP NEGERI 9
SMP Negeri 9 Jakarta. (Sumber: Wikimedia)

Terletak di Jakarta Timur, SMP Negeri 9 Jakarta ada di urutan kelima dalam sekolah menengah pertama yang meraih nilai rerata UN terbaik tahun 2019 menurut Kemendikbud. Gimana nggak, Squad, fasilitas di SMP ini cukup lengkap sehingga banyak siswa yang berprestasi.

Puluhan kelas dengan proyektor, berbagai laboratorium, dan perpustakaan membuat SMP Negeri 9 Jakarta menjadi salah satu sekolah yang bagus di Jakarta. Sementara itu, kegiatan ekstrakurikulernya juga sangat banyak seperti sekolah-sekolah lain pada umumnya.

Gimana, Squad. Apakah sekolahmu masuk dalam lima SMP dengan nilai rerata UN 2019 terbaik? Atau salah satu sekolah di atas adalah salah satu yang kamu pilih dalam PPDB tahun ini? Apapun itu, yuk terus semangat belajar dengan ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts