5 Strategi Bisnis untuk Mengekspansi Usaha Anda

Oktaviani Satyaningtyas

Dec 7, 2018 • 4 min read

sukses kerja


Rekan Kerja, menjelang akhir tahun setiap perusahaan akan bersiap untuk melakukan tutup buku dan evaluasi terhadap performa usaha selama satu tahun belakangan. Bagaimana dengan Anda? Apakah di tahun depan Anda berencana untuk memperluas pasar usaha Anda?

Jika iya, berikut tim ruangkerja akan memberikan tips strategi bisnis dalam memperluas merek guna menjangkau lebih banyak konsumen.

1. Ambil waktu untuk menganalisa performa bisnis

strategi bisnis

Cari waktu untuk menganalisa performa bisnis Anda selama setahun (Sumber: cruxnow.com)

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memperluas merek adalah melakukan analisa terhadap performa usaha. Setelah menyelesaikan semua urusan tutup buku, luangkan waktu untuk melihat kembali bagaimana bisnis Anda berjalan dalam satu tahun. Melansir Forbes (2018), cobalah analisis kekurangan produk/jasa Anda dibandingkan kompetitor dan lihat lagi bagian mana yang mungkin untuk ditingkatkan. Dengan melakukan analisis, Anda akan lebih mudah untuk membuat perencanaan bisnis di tahun depan.

Baca juga: Product Line Extension : Strategi Bisnis Memperbanyak Variasi Produk untuk Meningkatkan Pendapatan

2. Pertimbangkan untuk melakukan product line extension

Strategi bisnis

Membuat variasi produk dapat menjadi cara untuk mengekspansi bisnis agar lebih luas (Sumber: itsbirthdayagain)

Setelah melakukan evaluasi, langkah selanjutnya adalah mulai memikirkan strategi bisnis untuk memperluas pasar usaha Anda. Salah satu strategi bisnis yang dapat dicoba adalah melakukan product line extension. Sebagai contoh, jika Anda memproduksi tas tangan dari bahan kulit kayu, cobalah memperluas produk dengan membuat sepatu atau dompet dari bahan yang sama. Cara ini dinilai efektif karena akan membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan dan mampu menjangkau konsumen baru.  

3. Membuat target pencapaian bisnis di masa depan

strategi bisnis

Selain membuat strategi bisnis, buatlah target yang realistis (Sumber: pixabay.com)

Membuat strategi bisnis baru memang baik untuk perkembangan usaha Anda. Namun, jika tidak diimbangi dengan target yang realistis, maka akan sia-sia saja. Karena itu sambil membuat strategi bisnis, tuliskan juga target yang ingin dicapai serta indikator keberhasilan dari rencana tersebut. Menuliskan target yang realistis akan membuat Anda memiliki acuan dalam menjalankan strategi bisnis dan membantu Anda lebih bersemangat dalam merealisasikannya.

Baca juga: 5 Manfaat Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis UKM

4. Berpartisipasi dalam pameran bisnis

strategi bisnis

Mengikuti pameran bisnis dapat membuat usaha Anda lebih dikenal publik (Sumber: liputan6.com)

Networking merupakan hal yang penting dalam menjalankan sebuah usaha. Selain melakukan pembenahan dari sisi internal bisnis, Anda juga perlu melakukan peningkatan dari segi eksternal dengan mengikuti pameran bisnis misalnya. Mengikuti pameran akan membuat usaha lebih dikenal banyak orang dan pada kesempatan tersebut Anda juga berkesempatan untuk membangun networking baru. Siapa tahu salah satu pengunjung pameran berniat untuk menjadi investor bagi bisnis Anda. Menarik bukan?

5. Membuka cabang

strategi bisnis

Cabang baru dapat membuat banyak orang lebih mudah menjangkau bisnis Anda (Sumber: travelwellmagazine.com)

Tidak hanya mengikuti pameran bisnis, untuk mengembangkan bisnis Anda, membuka cabang juga dapat menjadi cara yang patut dicoba. Jika banyak konsumen mulai mengeluh karena sulit mendapatkan produk usaha Anda, maka ini saat yang tepat untuk membuka cabang. Selain dapat mengekspansi usaha, membuka cabang juga mampu meningkatkan lapangan pekerjaan. Sementara itu jika memungkinkan, Anda juga dapat memasarkan produk secara online agar lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

 

Rekan Kerja, dalam merencanakan strategi bisnis, ingat untuk melakukannya dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Jangan hanya karena mengincar keuntungan semata, Anda lalu membuat rencana bisnis yang tidak realistis.

Sambil mengevaluasi kembali ide bisnis Anda, baca artikel menarik seputar bisnis dan karier di blog atau aplikasi ruangkerja yang dapat diunduh secara gratis di Play Store atau App Store. GRATIS!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts