5 Strategi Memilih Jurusan Kuliah di SBMPTN

Rabia Edra

Oct 18, 2017 • 3 min read

sbmptn


RG Squad! Kamu sudah tahu jurusan apa saja yang akan kamu pilih saat kuliah nanti? Banyak orang yang mengatakan bahwa memilih jurusan sama saja seperti memilih keberuntungan. Hal ini berlaku untuk semua jenis tes masuk, Ujian Mandiri (UM) atau SBMPTN. Nah, untuk lebih lengkapnya yuk simak strateginya dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan diri kamu. Keep scrolling!

1. Kenali diri kamu

Apakah kamu sudah mengenali diri dengan baik? Kalau belum, kamu harus mulai mencari tahu nih, Squad. Hal ini penting untuk mengetahui jurusan apa yang cocok dengan sifat dan karaktermu. Nah, coba deh mulai bertanya sama diri sendiri, kamu ini orangnya seperti apa ataupun hal-hal apa saja dalam bekerja yang kamu suka dan tidak suka. Silakan kamu bikin list-nya untuk lebih mengerucutkan bidang apa yang sesuai.

2. Cari tahu hal yang membuatmu penasaran

1487876330772.jpg

Temukan hal yang menurutmu menarik. (sumber: mheducation.com)

Kamu juga harus mulai cari tahu tentang hal-hal yang selalu membuatmu penasaran, dan tertantang. Mulailah dengan melihat daftar jurusan-jurusan kuliah beserta ulasan singkatnya. Jurusan manakah yang paling membuatmu tertarik untuk mendalaminya? Setelah itu, cocokkan jurusan tersebut dengan sifat dan karaktermu.

3. Pertimbangkan tingkat persaingan

Setelah menemukan jurusan yang “kamu banget”, cari tahu lagi seberapa tinggi tingkat persaingannya. Biasanya jurusan-jurusan yang banyak peminatnya memang memiliki tingkat persaingan  tinggi. Nah cara mencari tahunya, misal kamu melakukan riset kecil-kecilan mengenai jumlah peminat jurusan tersebut di SBMPTN tahun sebelumnya. Berapa pula kuota penerimaan yang dibuka pada tahun ini. Dengan begitu, kamu bisa melihat peluang dan seberapa berat persaingannya.

4. Kombinasikan universitas pilihanmu

universitas_brawijaya_283711216.jpgUniversitas Brawijaya bisa dijadikan pilihan. (sumber: uabt.ub.ac.id)

Sebaiknya, kamu tidak memilih jurusan di satu universitas yang sama karena hal tersebut bisa mengurangi kemungkinan untuk lolos SBMPTN. Coba deh gabungkan beberapa universitas lain sebagai pilihan. Lalu kamu cek mana yang persaingan di universitasnya sesuai dengan kemampuanmu.

5. Pertimbangkan hasil try out

Nah, sekarang kamu sudah mendapatkan tiga daftar universitas dengan jurusan pilihanmu. Kamu bisa memulai mencari passing grade dari masing-masing universitas tersebut. Biasanya buku saku dari bimbel menyediakan persentasenya kok. Passing grade tersebut akan menjadi patokan kamu untuk membandingkan apakah hasil nilai try out sudah sesuai atau belum. Meskipun kamu sudah mampu mencapai skor yang diharapkan, kamu tetap perlu menaikkan hasil try out agar lebih aman lagi.

Nah, itu dia Squad strategi memilih jurusan kuliah. Kamu harus tahu, seringkali orang menentukan urutan universitas dan jurusan dengan mengurutkan passing grade. Padahal, universitas tidak menggunakan persentase lho sebagai standar untuk lolosnya SBMPTN. Lalu, bagaimana universitas menyeleksinya? Universitas akan mengurutkan hasil nilai peserta SBMPTN yang mendaftar ke universitas tersebut dan memilih nilai-nilai terbaik sebanyak kuota yang dimiliki.

Maka untuk lolos SBMPTN, kamu perlu meningkatkan terus nilai try out agar mendapatkan nilai yang paling memuaskan. Nilai try out yang tinggi bisa didapatkan dari banyak berlatih mengerjakan soal dan terus belajar. Ayo, persiapkan diri menghadapi SBMPTN di ruangguru digitalbootcamp!

New Call-to-action

 

Beri Komentar

Recent Posts