5 Tentative List Warisan Dunia yang Bernilai Sejarah, Apa Saja Ya?

Ramadhana Afida Rachman Jan 2, 2018 • 4 min read


Hai, RG Squad! Sudah punya rencana untuk mengisi liburan panjang? Atau selama liburan ini kamu hanya di rumah dan melakukan aktivitas indoor? Hm, kalau di rumah saja pasti bosan, ya. Eits, tapi jangan khawatir! Ternyata ada, lho, tempat-tempat seru yang memiliki sejarah tinggi di Indonesia yang dapat kamu kunjungi. Tempat-tempat tersebut, saat ini masuk ke dalam Daftar Sementara (Tentative List) Warisan Dunia oleh UNESCO. Wah, apa saja, ya? Yuk, cek pembahasan berikut!

 

  1. Bawomataluo Site

Tradisi Lompat Batu di Desa Bawomataluo
Tradisi Lompat Batu di Desa Bawomataluo (Sumber: holidayindonesia.com)

Desa Bawomataluo terletak di Kecamatan Fanyama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Desa ini terkenal sebagai desa budaya yang memiliki tradisi ‘Lompat Batu’ dan diusulkan menjadi situs Warisan Dunia pada 6 Oktober 2009. Untuk memasuki pemukimannya, kamu harus melewati tangga beton terlebih dulu, Squad. Tangga beton tersebut menyerupai kuburan bertingkat dengan 7 langkah di bagian pertama dan 70 langkah di bagian kedua.

 

  1. Muara Takus Compound Site

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus (Sumber: haluannews.com)

Candi Muara Takus yang berlokasi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ini merupakan kompleks candi Budha yang menjadi Tentative List Warisan Dunia sejak Oktober 2009 lalu. Candi ini memiliki nilai sejarah tinggi karena dianggap sebagai tempat Kerajaan Sriwijaya, Squad. Kuil yang masih ada dan sisa-sisa benda arkeologi di sana diperkirakan adalah peninggalan sejak abad ke-11 sampai ke-12.

 

  1. Prehistoric Cave Sites in Maros-Pangkep

Lukisan Prasejarah Tertua yang Ada di Maros-PangkepLukisan Prasejarah Tertua yang Ada di Maros-Pangkep (Sumber: YouTube)

Situs karst Maros-Pangkep ini terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Bukan tempat biasa, di Maros-Pangkep kamu akan menemukan lukisan gua prasejarah sejak zaman Paleolitikum lho. Salah satu lukisan yang ada di sana yaitu stensil tangan yang diperkirakan berumur 40.000 tahun dan lukisan babi rusa yang kemungkinan berumur lebih dari 35.000 tahun. Nah, karena penemuan situs ini, maka gua El Castillo di Spanyol yang terkenal dengan lukisan prasejarah tertua di dunia dengan perkiraan usia 37.300 tahun, berhasil digantikan julukannya dengan situs Maros-Pangkep.

 

  1. Trowulan – Former Capital City of Majapahit Kingdom

Situs TrowulanSitus Trowulan (Sumber: buddhazine.com)

Situs Trowulan yang berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini merupakan bekas peninggalan Kerajaan Majapahit dulu, Squad. Terdapat ratusan ribu sisa arkeologi yang ditemukan di situs ini seperti artefak, eko-fakta, dan fitur lainnya. Candi Tikus, Gapura Bajang Ratu, Gapura Wringin Lawang merupakan beberapa peninggalan yang ada di Situs Trowluan ini.

 

  1. Semarang Old Town

Semarang Old TownGereja Blenduk sebagai Icon Kota Lama Semarang (Sumber: travel.kompas.com)

Selain Kota Tua Jakarta, ternyata ada juga bangunan peninggalan zaman kolonial dulu yang menyisahkan sejarah di dalamnya, lho, yaitu Kota Lama Semarang. Tempat ini merupakan pusat kota yang memiliki bangunan dengan berbagai gaya arsitektur dengan gaya abad pertengahan, barok, serta modern. Tidak hanya arsitektur yang bernilai estetik, Squad, Kota Lama Semarang ini juga menjadi saksi bahwa Indonesia pernah menjadi exportir gula terbesar di dunia setelah Kuba.

 

Nah, menarik kan? Apa kamu berniat untuk berlibur ke sana, Squad? Dengan mengunjungi situs Warisan Dunia tersebut, kamu tidak hanya berekreasi, tapi secara tidak langsung kamu juga akan mendapatkan ilmu mengenai sejarah dan budayanya. Untuk menambah pengetahuan, kamu juga bisa, lho, selama liburan ini mengisi waktu dengan belajar di ruangbelajar. Yuk, gabung bersama agar #BelajarJadiMudah!

New Call-to-action

Beri Komentar