Ruangguru Blog

    5 Tipe Belajar Masa Kini. Kamu yang Mana?

    By Ruangguru writer · Apr 13, 2017

    Banyak yang bilang pelajar sekarang berbeda dengan masa guru-guru mereka ketika masih pelajar. Ya jelaslah! Perkembangan teknologi dan kemudahan akses informasi telah merevolusi cara belajar. Pada artikel kali ini, Ruangguru telah merangkum cara-cara pelajar kekinian memanfaatkan teknologi untuk belajar. Apa saja itu? Check these out!

    1. Lebih tertarik dengan visual

    Pernah membayangkan buku teks Matematika mampu menayangkan gambar bergerak integral volume seperti koran Daily Prophet di Harry Potter? Atau pernah berangan-angan jika rangkaian kata di buku teks itu dapat bersuara seperti surat-surat di sinetron tanpa kita perlu membaca? 

    - Video dalam kertas ala Daily Prophet Video dalam kertas ala Daily Prophet. (Sumber: wikia.net)

    Perkembangan teknologi menjadikan kita semakin banyak terpapar arus informasi. Hal ini yang menyebabkan sesuatu yang dikemas menarik secara visual lebih mudah menempel di memori. Bosan dengan penyampaian materi yang begitu-begitu saja? Mungkin kamu harus merasakan belajar dengan video. Selain suara yang bisa kamu dengarkan layaknya buku teks berbicara, kamu juga melihat ilustrasi-ilustrasi yang sesuai dengan materi.

    2. Sulit untuk fokus dalam jangka waktu lama

    - Asal fokus pasti jelas Asal fokus pasti jelas. (Sumber: pixabay.com)

    Semalam sudah tidur cukup, sarapan juga tidak berlebihan, kok masih terserang kantuk di kelas ya? Atau, nge-blank ketika ditanyai tentang materi yang sedang diajarkan padahal kamu tidak merasakan kantuk? Bila biasanya duduk mendengarkan materi selama 1,5 jam penuh membuatmu bosan, coba simak penjelasan materi dengan video belajar berdurasi 10 menit. Psst, terapkan istirahat 5 menit setiap 25 menit fokus belajar. Hal yang perlu diingat adalah istirahat boleh sering tapi jangan lama-lama, ya. 

    3. Belajar sih, tapi sambil bermain

    Apa yang kamu lakukan ketika bosan menunggu? Kebanyakan pelajar masa kini akan menjawab bermain gadget atau game. Hayo, siapa yang gamers di sini? Dulu, bermain game identik dengan adu ketangkasan dan kelincahan. Namun, sekarang banyak juga lho permainan yang mengasah pengetahuanmu. Contohnya Duel Otak, game yang membuat para pemainnya mengasah otak untuk bisa adu skor menjawab berbagai pertanyaan.

    - Bermain tapi belajar Bermain tapi belajar. (Sumber: google play)

    Mau game yang spesifik tentang pelajaran? Coba taklukkan monster sambil menjawab soal-soal pelajaran di RuangLatihan. Sambil mengumpulkan monster dan Xperience Point (XP), kamu juga jalan-jalan keliling Indonesia. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, bukan? Kamu tetap merasakan sensasi bermain games, namun sebenarnya kamu sedang me-review soal-soal sekolah sesuai jenjangmu. Berani coba, smart buddies? Akses langsung melalui Aplikasi Ruangguru di bit.ly/rgappandroid atau bit.ly/rgappios sekarang juga!

    4. Lebih personal, lebih mengerti

    Bukan hanya trainer saja, guru juga bisa dipesan secara personal. Kamu yang menyukai interaksi yang lebih akrab dengan pengajar, coba panggil saja guru ke rumahmu. Bila di kelas tidak dapat bertanya dengan bebas mengenai suatu materi, kamu bisa mencoba cara ini. Bukan seperti memilih kucing dalam karung kok, kamu bisa memilih puluhan ribu guru berpengalaman yang sesuai dengan budget, lokasi, dan jadwalmu. Perhatikan profil gurunya, dan tentukan yang kamu rasa paling sesuai. Nikmati pengalaman belajar yang lebih personal. 

    - Interaksi langsung dengan guru Interaksi langsung dengan guru. (Sumber: mytrustedtutor.com)

    5. Tidak hanya di ruang kelas

    Bukan hanya minimarket sebelah atau restoran cepat saji saja yang bisa buka 24 jam, ya. Aplikasi obrolan telah menjadikan kita mudah berkomunikasi tanpa takut rintangan panas, hujan, atau badai sekalipun. Ada materi buat ulangan besok yang belum dimengerti tapi tidak tahu minta bantuan siapa? Ada PR untuk besok yang bisa kamu pecahkan? Ingin lebih intens mendiskusikan soal via aplikasi obrolan? Coba saja fitur RuangLesOnline dari Ruangguru yang akan memudahkanmu menemukan guru yang dapat ditanyai kapanpun di manapun. Dengan modal foto soal kemudian upload, kamu akan terhubung dengan guru yang siap membantumu.

    - Ngobrol kapanpun dimanapun dengan tutor Ngobrol kapanpun dimanapun dengan tutor. (Sumber: online2.com)

    Siapa bilang perkembangan teknologi telah mematikan semangat belajar generasi muda? Semua ada caranya, semua ada kiatnya untuk membuat #BelajarJadiMudah. Semangat! (NM/TN)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru