5 Tips Dasar Jadi Wirausahawan Sukses

Anggraeni Puspitasari

Jun 28, 2018 • 4 min read

sukses kerja


Rekan Kerja, apakah Anda pernah bermimpi menjadi wirausahawan? Memiliki kebebasan mengatur sebuah usaha berjalan memang menjadi hal menyenangkan bagi sebagian orang. Mulai dari memutuskan barang atau jasa yang akan ditawarkan, menginovasi produk, dan menentukan target pelanggan. Tapi sebenarnya, apa saja ya hal-hal dasar yang harus dimiliki oleh wirausahawan sukses? Perhatikan penjelasan di bawah ini.

Wirausahawan tidak sekadar harus dapat berpikir secara inovatif dan kreatif, tetapi juga siap menanggung risiko dan mengembangkan ide serta sumber daya melalui poin-poin berikut.

1. Komunikasi 

wirausahawan suksesKemampuan berkomunikasi yang baik (Sumber: lynda.com)

 Ketika Anda menjalankan usaha sendiri (solopreneur) atau bersama rekan, komunikasi merupakan hal terpenting dalam berbisnis. Selain untuk urusan internal, Anda juga harus membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan secara online ataupun tatap muka langsung. Jika Anda termasuk orang yang memiliki kendala dalam berkomunikasi, cobalah untuk selalu memerhatikan reaksi lawan bicara saat merespon Anda. Tanyakan padanya, apakah perkataan Anda dapat dimengerti atau harus menjelaskan kembali.

2.Branding (personal atau bisnis)

wirausahawan suksesBranding perusahaan (Sumber: bluetext.com)

Bagaimana cara membuat branding bagi seorang profesional? Anda bisa mulai lewat media sosial dengan membuat konten publikasi yang menarik. Konten yang tidak menarik dapat berdampak negatif pada branding Anda lho, Rekan Kerja. Hal penting dalam membuat konten publikasi di media sosial ialah menyesuaikan konten dengan kebutuhan pelanggan Anda. Apabila Anda merasa kesulitan dalam membangun branding usaha Anda lewat media sosial, cobalah untuk meminta bantuan pada orang lain, seperti konsultan komunikasi.

3. Penjualan

wirausahawan suksesPeningkatan penjualan (Sumber: inveniomarketing.com)

Bisnis tentunya memiliki hubungan dengan menjual jasa atau produk kepada pelanggan ya, Rekan Kerja. Walaupun Anda akan punya tim sales yang bertanggungjawab pada penjualan produk atau jasa Anda, Anda tetap harus memiliki kemampuan berjualan yang baik untuk bernegosiasi dengan calon investor atau mengajak seseorang bekerja sama dengan perusahaan Anda.

4. Strategi

wirausahawan suksesMerencanakan strategi (Sumber: hearingloss.org)

Menjadi pemimpin dalam usaha Anda mengharuskan Anda untuk menentukan target usaha Anda secara mandiri. Anda harus membuat strategi bisnis bagaimana bisnis Anda dapat berjalan lancar, berkembang sukses dan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Buatlah goals dan realisasikan keinginan tersebut menjadi tindakan nyata.

5. Keuangan

wirausahawan suksesPendanaan perusahaan (Sumber: newriverwetlands.com)

Dalam menjalani bisnis, Anda didorong untuk memahami tentang kondisi keuangan bisnis Anda mulai dari keuntungan yang didapat, cash flow dan pendanaan. Anda juga harus memahami prinsip supply and demand yang akan membantu Anda untuk menentukan berapa harga yang Anda jual, berapa banyak produk yang diproduksi dan berapa banyak permintaan dari pelanggan.

Dalam berwirausaha, Anda juga membutuhkan konsistensi dan komitmen. Sikap pantang menyerah juga harus Anda miliki. Jangan sungkan untuk meminta bantuan dalam hal saran dan masukan untuk memajukan bisnis Anda. Menguasai kelima kemampuan dasar di atas dan menyesuaikannya dengan kelebihan dan kekurangan Anda dapat berdampak positif dalam menerapkan strategi bisnis Anda.

Temukan berbagai pembelajaran untuk bisnis maupun karier Anda di aplikasi ruangkerja. Klik gambar di bawah ini untuk mengunduh aplikasinya. Semoga sukses, Rekan Kerja!

ruang kerja

 

Beri Komentar

Recent Posts