4 Tips Efektif Belajar di Rumah Selama Sekolah Diliburkan karena Corona

belajar di rumah dengan Sekolah Online

Artikel ini memberikan beberapa tips agar para siswa dapat belajar di rumah dengan efektif sama seperti di sekolah selama sekolahnya diliburkan.

--

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah mengumumkan bahwa semua sekolah di Jakarta akan diliburkan selama dua minggu mulai hari Senin, 16 Maret 2020. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona. Meski tidak banyak anak-anak yang terserang virus corona, anak-anak dirasakan memiliki potensi tertular virus ini dari orang dewasa.

Bagaimana ya caranya agar belajar di rumah tetap efektif seperti di sekolah? Ini dia tipsnya agar kegiatan belajar kamu di rumah tetap efektif dan asyik. Check ‘em out!

1. Buat “sudut belajar” versimu sendiri

nyaman belajar di rumah dengan sekolah online

Buat sudut belajar sendiri (Sumber: pinterest.com)

Keluar dari kamarmu dan eksplor tempat nyaman di sekitaran rumah untuk kamu “sulap” menjadi tempat belajar baru di rumah. Misalnya saja mencoba belajar di teras samping rumah atau dekat area balkon rumah? Pakai saja meja belajar portable dan gelar tikar untuk belajar di situ. Kalau kamu lebih nyaman belajar di kamar, dekor area meja belajarmu sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar.

2. Belajar kelompok secara online

Belajar Kelompok secara OnlineSerunya belajar kelompok lewat video call (Sumber: freedesignfile.com)

Kalau biasanya kamu senang belajar kelompok di rumah, nggak ada salahnya tetap dilakukan, tapi secara online. Bisa dengan video call atau telpon, bahkan bisa juga melakukan conference call jika jumlah temanmu lebih dari satu orang. Kamu jadi tetap bisa berinteraksi 'kan dengan teman sekolah?

3. Siapkan makanan ringan

snack untuk menemani sekolah online Siapkan camilan untuk belajar (Sumber: healthninja.wordpress.com)

Supaya kamu tidak cepat mengantuk, mengunyah cukup disarankan lho untuk menjaga kamu tetap fokus. Tapi jangan jadi sibuk makan melulu ya! Usahakan konsumsi camilan yang bergizi untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terserang virus. Camilan yang bisa kamu konsumsi contohnya buah-buahan, kacang-kacangan, dark chocolate, keju, dan yogurt. Yummy!

4. Pastikan alat tulis dan gadget selalu dalam keadaan bersih

Kebersihan peralatan belajar onlineKeyboard laptop adalah salah satu yang harus rajin dibersihkan (Sumber: Lifewire.com)

Virus corona dapat menular lewat cairan tubuh seperti keringat. Sangat mungkin kita bisa tertular dari virus corona yang menempel pada benda-benda seperti alat tulis, mouse, hingga gadget. Apalagi jika kamu sharing dengan orang lain saat menggunakan benda-benda tersebut. Sebaiknya semprotkan desinfektan dulu sebelum kamu gunakan dan selalu cuci tangan setiap selesai menggunakan.

Itu dia lima 5 tips belajar asyik di rumah agar tetap efektif seperti di sekolah. Nggak perlu panik untuk menghadapi corona, yang penting tetap jaga kesehatan dan kebersihan ya!

ruangbelajar

Beri Komentar