5 Tips Lawan Rasa Malas Belajar Selama di Rumah Aja

cara belajar efektif mengatasi malas

Artikel ini memberikan lima tips lawan rasa malas belajar di masa pandemi selama di rumah aja

--

Sudah berapa bulan kamu belajar dari rumah? Aturan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk sistem pembelajaran saat ini mengharuskan siswa dari berbagai jenjang melaksanakan pembelajaran jarak jauh dari rumah akibat pandemi virus corona. Selama belajar di rumah, nyatanya rasa malas lebih dominan datang dibandingkan saat berada di sekolah. Apakah kamu salah satu yang mengalaminya? Nah, untuk melawan rasa malas belajar selama di rumah ada tips jitu yang bisa kamu terapkan supaya lebih semangat. Yuk, dicoba!

1. Cari Teman Belajar

Setiap hari hanya belajar bersama gadget, wajar banget kalau kamu merasa bosan. Belajar di rumah untuk waktu yang lama pasti membuat kamu kerap merasa jenuh, malas, tidak produktif, dan merasa sendiri. Eits, tenang aja, sekarang ada 3 Teman Belajar lucu yang akan membuat belajar kamu bareng Ruangguru jadi lebih seru dibandingkan sebelumnya.

 

Ada Modo the Giant Dragon, Candra the Bird of Paradise, dan Harry the Diamond Tiger. Mereka bertiga lucu-lucu banget, lho! Kamu nggak akan merasa belajar sendiri lagi karena ada mereka yang selalu setia menemani proses belajar kamu. Kalau kamu ingin belajar bareng siapa?

2. Buat Jadwal Belajar Teratur Sesuai Kemampuan

Belajar dari rumah memang memberikan efek yang terkesan santai, padahal sebetulnya ada banyak tugas dan penilaian yang harus kamu selesaikan. Untuk itu, kamu harus pintar-pintar dalam mengatur waktu belajar. Buat jadwal belajar yang teratur dan jangan tunda-tunda pekerjaan agar hasilnya tetap memuaskan. Tentukan target harian dan jam belajar setiap hari dengan tetap mempertimbangkan kemampuan kamu.

 

Bingung cara buat jadwal belajar yang efektif? Nggak usah khawatir, ada fitur Jadwal Belajar di aplikasi Ruangguru yang bisa membantu kamu mengatur waktu belajar. Kamu bisa buat jadwal belajar sendiri dan mengatur reminder untuk pengingat nantinya. Aktivitas belajar kamu di rumah jadi makin teratur deh!

3. Tes Kemampuanmu Secara Berkala

bbc69a53a78f96524092817457f6e73cTes kemampuan dengan Asah Otak (Sumber: couriermail.com.au)

Hanya membaca materi dan mengerjakan tugas saja kadang tidak cukup untuk benar-benar memahami materi pelajaran. Agar kamu bisa mengukur tingkat pemahaman kamu, ada fitur Asah Otak dari Ruangguru, lho. Dengan fitur ini, kamu bisa mengetes pemahaman kamu lewat berbagai macam pertanyaan yang disediakan. Hasilnya pun nanti akan mengarahkan kamu ke rekomendasi video belajar yang masih perlu diasah sesuai dengan materi pelajaran yang kamu pahami. Dengan begitu, kamu pun akan merasa terus tertantang untuk bisa menguasai hal baru. Seru ‘kan?

4. Punya Group Chat Belajar bareng Teman-teman

Kangen bercanda dan belajar bareng sama teman-teman? Untuk mengobati rasa rindu ini, kamu bisa membuat group chat belajar untuk berdiskusi atau sekadar ngobrol seru barang teman-teman secara online. Interaksi sosial dengan teman memang cukup penting untuk membuat kamu tetap sehat secara mental. Kamu pun tetap bisa update dan sharing kesulitan masing-masing selama belajar di rumah.

 

Nggak hanya dengan teman-teman sekolah, selama belajar di rumah pun kamu tetap bisa menambah teman dengan gabung di ruangbelajar plus, lho. Ada group chat belajar bersama tutor standby dan teman dari seluruh Indonesia yang akan buat belajar lebih seru.

5. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hobi

pasted image 0-1Hobi di rumah (Sumber: exabytes.co.id)

Jangan mudah tergoda untuk bermain di saat masih banyak tanggung jawab yang perlu kamu selesaikan. Apabila kamu disiplin, semua dapat berjalan dengan lancar dan kamu bisa mencapai target dengan memuaskan. Sebagai reward usai menyelesaikan kewajiban, kamu pun boleh mengerjakan hobi sesuai minat. Dengan begitu, kamu tak hanya sehat secara fisik saja, tetapi juga secara mental selama belajar di rumah.

Strategi belajar mana yang ingin kamu coba lebih dulu? Psst, sudah coba belum keseruan belajar dengan video belajar beranimasi di Ruangguru? Ada banyak fitur baru menunggu kamu, lho. Coba dulu gratis sekarang! Konsultasi lebih lanjut dengan ketik "Halo" ke nomor WhatsApp 0815-7820-0000.

ruangbelajar

Beri Komentar