Ruangguru Blog

    5 Tips Untuk Manajemen Waktu Yang Lebih Baik

    By Ruangguru · Jun 23, 2015

    Info-TM-Title-300x300

    Mengelola waktu dengan efisien bukanlah perkara yang mudah, tetapi bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Kunci utamanya adalah prioritas, motivasi dan konsistensi. Yuk simak beberapa tips singkat untuk manajemen waktu yang lebih baik.

    1. Set a long-term goal

    Menentukan sebuah tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai sangat penting untuk kesuksesan kita dalam mengatur waktu, karena dengan sebuah tujuan, kita akan terus termotivasi untuk mencapainya. Buatlah hal-hal yang ingin kamu capai dalam rentang waktu satu atau tiga tahun mendatang. Akan lebih baik apabila gol atau tujuan itu spesifik. Contohnya adalah ketika kamu ingin melanjutkan studi jangan hanya sebatas mengatakan “Aku ingin melanjutkan studi S2 ke luar negeri”, melainkan “Aku ingin melanjutkan studi di kota X, campus A, jurusan B, pada tahun Y”. Kamu bisa menuliskannya di post-it dan menempelkannya di dinding kamar atau notebook kamu agar menjadi reminder dan motivasi tersendiri.

    2. Write a daily to-do list

    Rencanakan harimu dengan membuat sebuah daftar kegiatan, karena manajeman waktu adalah tentang perencanaan. Sangat disarankan untuk membuat tiga macam to-do list, yaitu to-do list yang berisikan target atau rencana satu bulan kedepan, to-do list untuk satu minggu, dan to-do list yang memuat jadwal untuk satu hari. Jangan lupa untuk menentukan prioritas degan menandai pekerjaan apa yang paling penting untuk dikerjakan terlebih dahulu. To-do list seperti ini sangat membantu dalam mencapai gol jangka pendek yang akan menuntun kita pada gol atau tujuan jangka panjang.

    3. Be realistic about time

    Dalam membuat sebuah perencanaan kita juga harus bisa realistis. Alokasikan waktu sesuai dengan beban tugas dan ingat untuk membuat deadline bagi setiap tugas dan pekerjaan. Jangan buat jadwal yang terlalu ketat, tapi usahakanlah agar bisa fleksibel, sesuai dengan ritme kerja kamu. Hal ini penting untuk dipertimbangkan karena pengalokasian waktu yang baik dapat mencegah rasa jenuh dan stress. Karena itu, jangan lupa masukkan jadawal untuk beristirahat yang cukup dan waktu untuk hal-hal yang tak terduga.

    4. Avoid Distractions

    Untuk bisa fokus pada suatu pekerjaan sangatlah sulit. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan berhenti multi-tasking. Walaupun terlihat menghemat waktu, multi-tasking dapat menghambat kita menyelesaikan suatu pekerjaan tepat waktu. Kerjakan pekerjaan satu persatu. Selain itu, kenali juga apa yang biasanya membuat kamu terditraksi atau susah fokus. Apabila masalahnya adalah teman yang selalu mengajak ngobrol, carilah tempat yang sepi. Jika hal tersebut tidak memungkinkan pakailah headphone (walaupun tidak mendegarkan musik) bila tidak ingin diganggu.

    5. Reward yourself

    Penghargaan kepada diri sendiri terkadang merupakan satu hal yang sering kali dilewatkan dan tidak dianggap penting. Nyatanya, sebuah penghargaan merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen waktu. Penghargaan dapat memotivasi kita untuk bekerja lebih baik dan sesuai target. Rencanakanlah sebuah pengargaan sederhana bagi diri sendiri setiap berhasil menyelasikan sebuah tugas atau pekerjaan. Bentuk penghargaan yang diberikan harus spesifik tetapi realistis dan bisa didapatkan atau langsung dilaksanakan dalam waktu yang dekat.

    Share this:

    Tags: Intrapersonal, study tips

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru