5 Tips Mengatasi Kegalauan Karier di Fase Krisis Seperempat Abad

Created by : Fatin Dinni Inayah
on Aug 7, 2018 4:11:29 PM
4 min read

Krisis seperempat abad atau yang dikenal juga dengan Quarter Life Crisis merupakan fenomena yang kerap terjadi pada Anda yang memasuki usia 25 tahun. Fenomena ini terjadi secara psikologis menyangkut berbagai sisi, khususnya dari segi karier. Beberapa orang bahkan mengalami fase ini lebih dini, yaitu pada masa transisi pasca kuliah dan akan memasuki dunia kerja. Di fase ini Anda akan mempertanyakan, sebenarnya apa karier yang diinginkan? Bila sudah bekerja, Anda akan mempertanyakan apakah karier tersebut benar-benar diinginkan, apakah karier itu sesuai dengan passion Anda, apa goals karier yang Anda inginkan di masa mendatang, dan lain-lain.

Fase krisis seperempat abad sebenarnya memiliki dampak positif, karena melalui fase ini Anda dapat berintrospeksi untuk menemukan arah yang lebih jelas untuk hidup Anda. Namun fase ini dapat berbahaya bila tidak Anda tangani dengan baik, yang akan membuat Anda khawatir berlebihan. Oleh karena itu, berikut adalah lima tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kegalauan karier di fase krisis seperempat abad.

1. Bangun Ekspektasi secara Realistis

perencanaan karirMendambakan gaya hidup mewah yang tidak sesuai kantong adalah satu contoh hal yang tidak realistis (Sumber: cheatsheet.com)

Penting bagi Anda untuk memahami dengan benar seperti apa pekerjaan yang Anda inginkan, berapa pendapatannya, dan berapa biaya hidup tempat kota Anda tinggal. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran. Jika biaya hidup yang dibutuhkan jauh dari gaji yang Anda dapatkan, maka Anda perlu memikirkan kembali ekspektasi Anda. Jika Anda menginginkan pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi, Anda juga perlu realistis bahwa mencari pekerjaan yang seperti Anda inginkan tidaklah mudah, apalagi jika Anda seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. 

2. Pikirkan Apa Passion Anda

perencanaan karir

Berikan waktu untuk diri Anda berpikir (Sumber: vectormarketing.com)

Tidak hanya bagi yang belum bekerja, bagi yang sudah bekerja pun terkadang belum yakin apa sebenarnya passion yang dimiliki. Untuk itu Anda perlu memikirkan bidang yang benar-benar Anda sukai. Bukan hanya itu, passion juga berbicara tentang perasaan Anda saat melakukan sesuatu, pikirkanlah hal yang membuat Anda bersemangat saat melakukannya.

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda atau bisa jadi pekerjaan Anda saat ini adalah passion yang tidak Anda sadari, karena menurut Rene Suhardono, seorang pakar karier, passion merupakan potensi yang ada di dalam diri dan bisa dikembangkan. Jika Anda telah menemukan passion Anda dan bekerja sesuai dengan passion, maka Anda akan senang menjalaninya dan tidak merasa terbebani akan pekerjaan Anda ke depannya.

3. Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

perencanaan karir

Jangan iri terhadap prestasi orang lain dan fokus pada prestasi Anda sendiri (Sumber: careeraddict.com)

Salah satu hal yang membuat Anda merasa khawatir akan karier Anda mungkin karena orang-orang di sekitar Anda sudah memiliki pencapaian yang lebih dalam karier mereka. Rekan Kerja, Anda perlu mengapresiasi diri Anda atas apa yang sudah dicapai. Bila orang lain sudah mendapatkan goals yang diinginkan, bukan berarti Anda tidak sukses. Setiap orang berhak berlomba-lomba untuk sukses, tapi masing-masing orang memiliki proses berbeda untuk mencapai kesuksesan. Sebuah pepatah berbahasa Inggris mengatakan, “don’t compare your chapter 1 with someone else’s chapter 20”. Tentu saja tidak sama, 'kan?

4. Tentukan Gol Karier Anda

perencanaan karir

Tulis gol Anda (Sumber: atriumstaff.com)

Rekan Kerja, di usia sepuluh tahun ke depan, Anda ingin diri Anda terlihat seperti apa? Menentukan gol sangat penting untuk kemajuan karier Anda. Memvisualkan gol dapat mempermudah Anda memetakan langkah yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk tetap fokus dan tidak mudah teralihkan oleh hal lain. Apapun yang terjadi Anda akan tetap berpegang teguh pada tujuan yang ingin Anda capai dan kembali kepada rencana tersebut.

5. Definisikan Kata Sukses

perencanaan karir

Tentukan definisi sukses menurut Anda (Sumber: carajadikaya.com)

Poin ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Menentukan gol berkaitan dengan definisi sukses menurut Anda. Tentukan apa hal yang terpenting bagi Anda. Orang lain mungkin memiliki jenjang karier yang tinggi dan cepat, yang tergambar jelas lewat jabatannya yang tinggi, rumah yang mewah, atau mungkin mobil keluaran terbaru. Namun definisi sukses menurut tiap orang tidaklah sama, karena bagi sebagian orang definisi sukses adalah memiliki waktu yang cukup untuk keluarga di tengah pekerjaan yang padat. Beberapa orang lain berpikir definisi sukses adalah jika dapat bersekolah hingga gelar Master atau PhD. Bagaimana dengan Anda, Rekan Kerja? Apa definisi sukses menurut Anda?

Apapun definisi sukses menurut Anda, jangan lupa untuk terus mengembangkan diri Anda dengan aplikasi ruangkerja. Unduh aplikasinya melalui gambar di bawah ini.

New call-to-action

 

 

 

 

Tags: sukses kerja

Artikel Lainnya

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read