Konsentrasi Buyar Saat Puasa? Ini 5 Tips Tetap Fokus Selama Bulan Ramadan

Shabrina Alfari Mei 25, 2018 • 4 min read


Squad, pernahkah kamu merasa sulit untuk fokus saat berpuasa? Yap, memang tidak dapat kita pungkiri bahwa puasa akan membuat konsentrasi kita mudah terganggu karena otak yang kekurangan nutrisi. Namun, hal ini tentu tidak boleh menjadi alasan untuk kamu tidak efektif beraktifitas. Apalagi untuk kamu yang sedang menjalani ujian akhir sekolah di bulan puasa kali ini. Ibadah puasa dan rutinitas belajar harus sama berkualitasnya. Nah, lalu gimana ya caranya supaya tetap fokus saat puasa? Yuk, lihat tipsnya berikut.

1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah kaya vitamin B, C, E

konsumsi sayur dan buah(Sumber: mirror.co.uk)

Saat sedang berpuasa, tentu kita harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik agar dapat menjalankan aktivitas dengan lancar. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat, serta menjaga berat badan yang ideal. Untuk menjaga konsentrasi tetap optimal saat puasa, kamu harus memperoleh asupan makanan dengan nutrisi yang seimbang pada waktu berbuka dan sahur.

Rasa lapar saat berpuasa tentu akan mengganggu konsentrasi saat belajar atau beraktivitas biasa. Nah, pastikan kamu mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan vitamin B, C, E dan magnesium seperti jeruk, wortel, bayam, atau sayuran hijau lain. Makanan ini merupakan pendukung konsentrasi yang baik untuk mendukung aktivitas seharian. Jangan lupa juga untuk meminum banyak air saat malam hari dan saat sahur.

2. Pastikan jam tidur cukup dan jangan begadang

istirahat cukup(Sumber: healthmagazine.ae)

Kurang tidur sangat berpengaruh kepada kemampuan konsentrasi. Kurang tidur dapat mengganggu proses penyimpanan informasi sehingga kamu menjadi lebih sulit mengingat atau mempelajari hal baru. Wah, tentu hal ini akan sangat menghambat proses belajarmu ‘kan, Squad? Tidur berperan dalam proses kognitif, yaitu proses belajar dan berpikir. Kurang tidur, akan membuat kamu sulit berpikir logis.

Pastikan untuk mendapat tidur malam yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam. Karena kamu harus bangun sahur, maka sebaiknya kamu tidur lebih awal dibandingkan hari biasanya. Sekadar tips, kamu bisa membuat jadwal tidur dan bangun yang disesuaikan dengan bulan Ramadan atau menggunakan alarm untuk mengingatkan waktu tidur dan bangun.

Baca juga: 9 Tips Belajar Aktif Selama Berpuasa

3. Membuat agenda

547668-the-best-to-do-list-apps(Sumber: pcmag.com)

Membuat daftar kegiatan yang akan kamu selesaikan atau kerjakan seharian juga termasuk cara yang efektif untuk menjaga pikiran kamu tetap fokus. Jadi, kamu sudah tahu akan melakukan apa sebelum memulai hari sehingga dapat meminimalisir kegiatan lain yang kurang efektif. Selain itu, daftar kegiatan yang kamu buat tersebut dapat menjadi alasan yang tepat untuk tetap produktif selama menjalankan ibadah puasa.

4. Menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak

case-cute-iphone-iphone-case-Favim.com-951104

(Sumber: khoobsurati.com)

Tetap fokus dalam beraktivitas bukan berarti kamu harus terus terpaku untuk belajar atau melakukan kegiatan tanpa beristirahat. Sebaiknya, kamu menyisihkan waktu selama 15 menit disela-sela kegiatan untuk mengembalikan tenaga dan semangat. Kamu bisa melakukan beberapa cara, seperti mendengarkan lagu, membaca artikel, melakukan peregangan ringan, atau keluar ruangan untuk menghirup udara segar.

5. Melakukan olahraga ringan

malaysian-women-who-prove-muscles-are-super-sexy-world-of-buzz-12(Sumber: worldofbuzz.com)

Selain menerapkan pola makan sehat dan tidur yang teratur, kamu juga harus menyeimbanginya dengan berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Menurut sebuah penelitian dari Universitas Illinois, olahraga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak yang berkaitan dengan fokus dan perhatian. Eits, jangan takut batal ya jika berolahraga saat puasa. Kamu bisa melakukan olahraga ringan 1-2 jam setelah sahur, menjelang berbuka puasa, atau 1-2 jam setelah berbuka.

Intinya, jangan sampai puasa mengganggu aktivitasmu sehari-hari ya, Squad. Kamu tetap bisa produktif kok, walaupun sedang menahan lapar dan haus. Jika belajar dengan cara membaca buku membuat kamu jenuh selama berpuasa, kamu bisa mencari alternatif belajar lain dengan cara menonton video beranimasi di ruangbelajar. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk kamu yang menjalankannya!

ruangbelajar

Beri Komentar