5 Trik Membuat Dari Benci Jadi Cinta Dengan Pelajaran Sulit

Ruangguru Feb 8, 2016 • 3 min read


Ayo ngaku deh, siapa yang udah hampir menyerah belajar Fisika atau sudah pusing banget supaya pembukuannya balance waktu belajar Ekonomi? Bawaannya sudah malas duluan kalau berhadapan dengan pelajaran-pelajaran yang sulit ini. Belum lagi kalau Bapak/Ibu Guru yang mengajar pun tidak terlalu kita sukai, hmm semakin benci deh dengan pelajaran tersebut.

Tapi tetap ingat ya friends, kalau kewajiban kita sebagai seorang murid tetap harus kita laksanakan. Ingat papa dan mama kita juga yang sudah berusaha keras demi kita merasakan pendidikan agar nanti bisa menjadi bekal kita untuk hidup mandiri.

Nah, coba yuk lakukan 5 trik mudah ini agar kita selalu ingin belajar sekalipun mata pelajarannya sulit. Siapa tahu kita malah jadi berbalik suka dengan pelajaran tersebut, wah dari benci jadi cinta deh, hehe.

Apa saja sih triknya? Check them out!

1. Tambahkan waktu belajarmu

tambahan waktu belajarTambahkan Waktu Belajarmu Yuk! (Sumber: thoughtco.com)

Lho? Udah jelas kamu tidak suka, kok Ruangguru malah menyarankan untuk menambah jam belajarnya? Sebenarnya salah satu faktor kita tidak suka satu pelajaran biasanya karena sulit kan? Makanya, yuk tambahkan maksimal 30 menit waktu belajarmu biar lebih memahami si dia, eh si pelajaran yang sulit ini. Kamu mungkin bisa mengajak temanmu yang cukup pintar di pelajaran tersebut untuk belajar bareng.

2. Temukan style belajar versimu sendiri

Setiap orang mempunyai gaya belajar efektif yang berbeda-beda. Ada yang visual, audio, dan kinetik. Kalau misalnya kamu adalah orang yang cepat mengerti bila belajar dengan fokus mendengar, mungkin kamu bisa mencoba untuk merekam penjelasan guru kamu lho. Di rumah, kamu bisa mendengarkan lagi rekamannya sambil membahas soal.

3. Let’s back in time

perbanyak latihan soal Buka Lagi Bank Soal Yang Lama (Sumber: custom-writing.org)

Back in time? Maksudnya? Well, jelas Ruangguru tidak mungkin bisa membawa kamu balik ke masa lalu. Namun, kita bisa lho balik ke masa dimana kita belum menganggap satu mata pelajaran tertentu itu sulit. Caranya adalah dengan latihan soal dari kelas tahun-tahun sebelumnya. Soal turunan dan fungsi dasar misalnya, pasti bisa dong yaa. Biar ada rasa semangat untuk mengerjakan soal selanjutnya!

4. Dahulukan yang sulit

Biasanya ketika kamu ujian, pasti sarannya adalah kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu kan? Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan mulai belajar pelajaran yang kita rasa sulit baru belajar yang mudah kita pahami.

Kenapa? Karena saat baru belajar pikiran kita masih fresh dan kondisi badan belum terlalu capek akibat duduk dalam waktu yang cukup lama sehingga lebih “siap” untuk belajar. Bayangkan kalau udah lama belajar, baru membuka soal pelajaran yang sulit ini, hmm pasti ditinggal tidur deh.

5. One-on-one teaching

dampingi dalam belajar Coba Privat Tutor Yuk (Sumber: childteaching.com)

Nah, kalau kamu merasa malu atau malas bertanya di kelas ketika kamu tidak mengerti atau kesulitan belajar, ada baiknya kamu mencoba untuk belajar secara privat nih. Selain belajarnya menjadi lebih fokus, kamu juga bisa menyesuaikan ritme belajar sesuai kebutuhanmu. Kamu dapat mencarinya melalui Ruangguru lho, tempat dimana banyak guru berkualitas yang bisa kamu pilih untuk menjadi guru privatmu.

Bagaimana friends? Semoga dengan 5 trik di atas bisa membantumu ya untuk tetap semangat belajar pelajaran apapun termasuk yang sulit juga.

Beri Komentar