Teacher's Corner: 5 Trik Mengajar Bagi Guru Bahasa Indonesia

Ruangguru Feb 18, 2016 • 3 min read


Pelajaran Bahasa Indonesia memang gampang-gampang susah untuk diajarkan ya, Bapak dan Ibu Guru. Walaupun Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional kita dan digunakan sehari-hari, nyatanya banyak murid yang justru mendapatkan nilai yang kurang memuaskan jika dibandingkan pelajaran lainnya.

Salah satu faktornya mungkin karena murid cenderung “menyepelekan” mata pelajaran Bahasa Indonesia karena dianggap mudah, padahal banyak aturan penulisan yang cukup rumit.

Di sinilah peran Bapak dan Ibu Guru menjadi penting dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia kepada murid. Bila terlalu monoton, murid kita pasti akan cepat bosan dan mengantuk saat belajar.

Nah, yuk dibaca dulu Pak/Bu, 5 trik mengajar Bahasa Indonesia di bawah ini:

1. Musikalisasi puisi

Musikalisasi Puisi Musikalisasi Puisi 

Kegiatan ini pasti sudah tidak asing dilakukan di kelas Bahasa Indonesia. Bapak/Ibu Guru pun bisa mempraktikkan ini di kelas untuk media pembelajaran sastra, yaitu membuat puisi atau syair berima. Pasti satu kelas akan merasa tertantang untuk membuat karya yang terbaik mereka dan bila berhubungan dengan musik, anak muda pasti lebih senang.

2. Membuat resensi bacaan ringan

Novel Pop Indonesia Novel Pop Indonesia 

Tugas membuat resensi bisa jadi sangat memberatkan murid bila tulisan yang harus dibaca termasuk karya klasik lama yang bahasanya cukup sulit. Penting buat mereka untuk membaca tulisan terbaik penulis Indonesia, namun mulai dari membuat resensi novel pop juga boleh lho, Pak/Bu. Hal ini selain melatih menulis anak murid, juga sekaligus meningkatkan minat baca mereka.

3. Pakai contoh yang sesuai

Psst, anak murid kita yang sedang dalam masa pubertas, pasti akan lebih “nyambung” bila Bapak/Ibu Guru memberikan contoh dengan tema percintaan. Boleh cinta ke orang tua, ke teman-teman, bahkan romantisme lawan jenis pasti akan memancing mereka. Membuat kata majemuk bertingkat dan mengenali ragam kata untuk menulis “surat cinta” sepertinya patut dicoba Pak/Bu ;)

4. Pentas drama mini

Pentas Drama Mini Di Kelas Pentas Drama Mini Di Kelas 

Bapak dan Ibu Guru bisa mengajarkan beberapa topik sekaligus lho dengan menggunakan metode ini, yaitu membuat acara pentas drama mini di dalam kelas. Latihan menulis skenario dan presentasi karya dapat dilihat hasilnya melalui kegiatan ini. Murid pun akan lebih mudah mengerti karena adanya kegiatan riil yang mereka lakukan sambil belajar.

5. Lomba mengirim tulisan ke media massa

Tingkatkan permainan dengan mengajak murid berlomba lebih “serius” dengan memberikan tugas mengumpulkan tulisan yang mampu dimuat di media massa cetak ataupun online. Ada banyak media yang menawarkan kesempatan bagi pembacanya untuk mengirimkan tulisan. Oh iya, jangan lupa beri apreasiasi ya, Pak/Bu bagi murid kita yang tulisannya berhasil dimuat.

Bagaimana menurut Bapak dan Ibu Guru dengan 5 trik mengajar Bahasa Indonesia di atas? Semoga murid Indonesia semakin semangat dalam belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar ya dengan trik menarik dan pengajaran yang baik dari Bapak dan Ibu Guru. Siswa juga bisa belajar Bahasa Indonesia melalui video-video belajar menarik di ruangbelajar sehingga #BelajarJadiMudah.

Selamat mengajar, pengajar bangsa! ☺

ruangbelajar

Beri Komentar