Ruangguru Blog

    5 Universitas Luar Negeri Incaran Mahasiswa Indonesia

    By Ruangguru · Jul 28, 2017

    Smart Buddies, ingin kuliah di luar negeri? Sudah punya tujuan ingin memilih universitas dan negara apa? Untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, tentu kamu tidak boleh asal memilih. Banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan, mulai dari lingkungan, budaya, hingga sistem pendidikannya. Nah setiap tahunnya, banyak pelajar Indonesia yang sukses menempuh studi di luar negeri. Buktinya saja, PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Penasaran universitas apa saja yang selalu menjadi incaran dari mahasiswa Indonesia? Check these out!

    1.NTU (Nanyang Technological University) - Singapura

    universitas luar negeri - logo NTU Logo NTU (Sumber: ntu.edu)

    Walaupun Singapura merupakan negara yang luasnya cukup kecil, sistem demokrasi serta gaya hidup yang teratur di negara ini membuat Singapura termasuk salah satu negara dengan perekonomian terbaik di dunia. Selain ekonomi, Singapura juga merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik. Bahkan mahalnya biaya hidup di Singapura, tidak menyurutkan minat mahasiswa Indonesia untuk menjadikannya sebagai tujuan studi favorit.

    Salah satu universitas terbaik di Singapura yang kerap menjadi tujuan studi mahasiswa Indonesia adalah Nanyang Technological University (NTU). Kampus ini berada di peringkat ke dua perguruan tinggi terbaik di Asia dan merupakan salah satu dari 15 kampus terindah di dunia. NTU juga mempunyai beragam pusat penelitian terkemuka, seperti Nanyang Environment & Water Research Institute (NEWRI), Institute on Asian Consumer Insight (ACI) dan Energy Research Institute NTU (ERIAN). Gimana, kamu tertarik untuk melanjutkan sekolah di sini?

    2. The University of Melbourne – Australia

    universitas luar negeri - University of Melbourne University of Melbourne (Sumber: gradeslam.org)

    Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, serta memiliki kualitas pendidikan kelas dunia, menjadikan Australia sebagai negara favorit tujuan studi mahasiswa Indonesia. Hubungan Australia dan Indonesia yang dekat juga memungkinkan para calon mahasiswa mendapatkan berbagai beasiswa yang tersedia. Mulai dari jenjang S1 hingga S3, universitas di Australia selalu dipenuhi oleh mahasiswa Indonesia. Salah satu perguruan tinggi terfavorit adalah University of Melbourne.

    Kampus ini merupakan salah satu universitas tertua di Australia. Bangunan dari universitas ini juga sangat indah dengan gaya arsitektur Victorian yang digabung dengan arsitektur modern. Universitas ini menyediakan beragam program studi spesifik untuk kamu pilih. Sebagai kampus favorit, kamu akan belajar bersama dengan pelajar dari berbagai negara. Jadi, selain belajar akademik kamu juga bisa belajar budaya dari teman-teman yang berasal dari seluruh dunia, lho!

    3. UCLA (University of California, Los Angeles) – Amerika Serikat

    universitas luar negeri - UCLA kampus UCLA kampus (Sumber: admitsee.com)

    Amerika Serikat dengan sederet universitas terbaik dunia, menjadikannya sebagai salah satu negara favorit tujuan mahasiswa dari berbagai negara. Budaya multicultural yang ada di sana juga akan memberikan pengalaman hidup yang berbeda bagi kamu yang memutuskan untuk meneruskan studi di sana. Salah satu universitas favorit yang menjadi tujuan mahasiswa Indonesia untuk berkuliah di Amerika Serikat adalah UCLA. Universitas ini menawarkan lebih dari 300 program sarjana dan pascasarjana dari berbagai disiplin ilmu. Tertarik untuk daftar?

    4. University of Tokyo – Jepang

    universitas luar negeri - University of Tokyo University of Tokyo (Sumber: scientificcomputing.com)

    Jepang merupakan salah satu negara dunia yang sangat mengedepankan teknologi serta sains, sehingga menjadikan Jepang sebagai negara tujuan terbaik di bidang riset. Standar pendidikan di sana yang cukup tinggi, berhasil menarik para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi di negeri Sakura ini. Tenaga pengajar di Jepang berasal dari berbagai negara yang terjamin kompetensinya.

    Nah, University of Tokyo merupakan perguruan tinggi tertua dan ternama di Jepang. Banyak politikus besar serta karya-karya penelitian fenomenal yang lahir dari kampus ini. Universitas ini juga dikenal dengan hadiah-hadiah Nobel yang berhasil diraih oleh para mahasiswanya. Hingga tahun 2016 lalu, terhitung sudah ada sembilan Hadiah Nobel yang diraih oleh mahasiswa universitas ini.

    5. University of Birmingham – Inggris

    universitas luar negeri - University of Birmingham University of Birmingham (Sumber: themedicportal.com)

    Inggris merupakan negara yang populer dijadikan tempat tujuan studi bagi mahasiswa Indonesia. Berbagai penelitian yang dilakukan serta sejarah panjang dari institusi pendidikan Inggris berhasil menarik para calon mahasiswa dari seluruh dunia. Budaya dan sistem kerajaan dari negara ini juga dapat memberikan pengalaman tersendiri untuk para mahasiswa yang bersekolah di sana.

    Salah satu universitas di Inggris yang menjadi tujuan dari mahasiswa Indonesia adalah University of Birmingham. Universitas ini telah berdiri sejak 1843 dan mempunyai gedung unik dengan bata merah yang khas. University of Birmingham menawarkan 300 jurusan, seperti Fakultas Inovasi dan Pengembangan, Teknologi, Pendidikan, Kinerja, Hukum dan Ilmu Sosial, dan lainnya.

    Bagaimana Smart Buddies, tertarik untuk mendaftar di salah satunya? Tentunya, untuk bisa masuk ke salah satu universitas terbaik luar negeri diperlukan usaha ekstra keras karena sainganmu datang dari berbagai penjuru dunia. Yuk, mantapkan persipakanmu dengan RuangLes dan RGDB (Ruangguru Digital Bootcamp). Semoga berhasil! (SA)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru