6 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan di Tahun Pertama Kuliah

Shabrina Alfari

Aug 2, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


awal masuk kuliah

Artikel ini memberikan informasi enam hal penting yang harus kamu lakukan di tahun pertama kuliah

--

Permulaan biasanya selalu menjadi yang paling berat. Setuju Squad? Bagi mahasiswa baru, tahun-tahun terberat di kampus adalah tahun pertama. Sebagai pelajar yang baru lulus, tentu kehidupan kampus masih sangat asing untuk kamu. Hal ini wajar, sebab kehidupan kampus dan sekolah itu sangat jauh berbeda. Sebagai mahasiswa, yang berarti siswa dengan level paling tinggi, kamu harus lebih baik dalam menyambut tahun pertama kuliah. Nah, agar tahun pertama kuliahmu lancar tanpa hambatan, yuk ikuti tips berikut.

1. Jangan bolos

awal masuk kuliah mahasiswa baruHadir di kelas (Sumber: udemy.com)

Squad, saat kuliah, nggak akan ada orang yang memaksa atau mungkin mengingatkan kamu untuk masuk kelas. Kamu dituntut untuk dewasa dan bertanggung jawab atas diri kamu sendiri. Apalagi, hampir semua mata kuliah sangat mementingkan absensi. Walaupun kadang masih banyak mahasiswa yang suka titip absen, tetapi kehadiran kamu di kelas lebih penting.

Mendengarkan materi dan mencatat langsung, akan berbeda dengan fotocopy catatan teman. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak info seperti bocoran kisi-kisi ujian, pembagian kelompok belajar, tugas-tugas, dan sebagainya. Dosen kamu juga bisa tiba-tiba memberi kuis mendadak, lho. Bisa gawat 'kan kalau kamu bolos?

2. Memperbaiki skill mencatat

awal masuk kuliah mahasiswa baruPerbaiki skill mencatat (Sumber: ohduniaku.com)

Nggak perlu mencatat semua penjelasan dosen. Cukup dengarkan baik-baik penjelasannya, cerna, lalu catat poin-poin penting. Pahami dan jangan hanya menghafal apa yang kamu catat. Dengan mencatat, kamu juga jadi lebih fokus dan nggak ngantuk selama belajar di kelas. Mencatat selama di kuliah itu penting banget Squad, karena saat ujian bahannya itu tak hanya dari buku saja tetapi juga dari penjelasan dosen langsung di kelas.

Baca juga: Mau Catatan Kamu Lebih Rapi dan Efisien? Yuk, Coba Teknik Mencatat Cornell

3. Cari tahu cara belajar yang paling sesuai untukmu

awal masuk kuliah mahasiswa baruCari tahu cara belajar yang paling tepat (Sumber: shutterstock.com)

Tiap semesternya kamu harus mengambil beberapa mata kuliah. Nah, untuk setiap mata kuliah biasanya selalu akan ada tugas, kuis, dan ujian yang harus kamu kerjakan. Jika kamu nggak tau metode belajar yang paling membuatmu nyaman, kamu bisa kesulitan dalam menyelesaikannya Squad. Apakah itu belajar di tempat sepi sambil mendengarkan musik, di kamar atau juga bisa di café. Cari cara belajar yang bisa membuat kamu nyaman dan akhirnya membuat kamu rajin.

4. Bergabung pada organisasi atau komunitas

awal masuk kuliah mahasiswa baruBergabung dengan komunitas atau organisasi (Sumber: honors.purdue.edu)

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung di organisasi atau komunitas, di antaranya memperluas pergaulan, mendapatkan pengalaman baru, hingga mendapatkan hardskill atau softskill yang nggak kamu dapat di dalam kelas. Kamu juga bisa mendapatkan rasa sense of belonging, karena bergabung di suatu kelompok dengan minat yang sama.

5. Kenalan dengan senior

awal masuk kuliah mahasiswa baruKenal dengan senior (Sumber: northcentralcollege.edu)

Dekat dengan senior bisa memberikan kamu ilmu yang berharga, lho. Misalnya, bagaimana cara menguasai mata kuliah tertentu, bagaimana cara menghadapi dosen galak, info kos-kosan, dan berbagai hal tentang kehidupan kampus yang belum kamu ketahui. Kamu juga bisa meminjam buku atau catatan punya senior. Nah biasanya, kedekatan dengan senior ini bisa terjalin melalui ospek. So, jangan lewatkan ospek ya.

6. Perhatikan silabus

awal masuk kuliah mahasiswa baruPerhatikan silabus (Sumber: thoughtco.com)

Biasanya, di awal semester dosen akan membagikan silabus atau rancangan pembelajaran. Banyak nih yang tidak memerhatikan silabus dengan baik, dan bahkan langsung lupa di mana meletakannya. Silabus merupakan sumber informasi untuk semua mata kuliah, seperti misalnya persentase pembagian nilai hingga kisi-kisi ujian. Untuk itu, simpan dan perhatikan silabus dengan baik ya.

Jalani tahun pertama kuliah kamu dengan sebaik-baiknya, Squad. Jangan sampai kamu malas-malasan di tahun pertama, karena akan berakibat ke tahun-tahun selanjutnya. Memperkaya hardskill dan softskill pun harus kamu mulai dari tahun pertama. Mau mencari guru privat untuk kamu memperkaya softskill dan hardskill? Yuk, cari guru privat berkualitas di ruangles.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts