6 Pertimbangan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Created by : Ruangguru
on May 15, 2018 5:51:00 PM
5 min read

Hai, Squad! Bagaimana setelah menjalani serangkaian ujian? Apa kamu sudah lolos di salah satu ujian masuk perguruan tinggi? Selamat untuk kamu yang sudah mendapat kampus, tapi bagi yang belum berhasil, jangan putus asa, masih banyak 1001 cara kok! Nah, kamu sendiri masih bingung nggak mau melanjutkan studi di bidang apa?

Menentukan jurusan kuliah memang bukan urusan mudah, perlu banyak pertimbangan hingga pada akhirnya bisa menentukan yang paling sesuai dengan dirimu. Kira-kira hal apa saja ya yang perlu dipertimbangkan? Kamu akan menjalani kuliah setidaknya tiga sampai empat tahun lho. Sepanjang waktu itu, pastikan kamu harus menikmati masa-masa tersebut. Bagaimana caranya? Yuk, kita bahas.

Coba ambil secarik kertas, bagi menjadi dua kolom, dan tuliskan "Minat" serta "Pekerjaan." Nah, di kolom Minat, coba bua daftar aktivitas yang senang kamu lakukan. Misalnya main musik, bermain dengan angka, olahraga, dan sebagainya. Di kolom "Pekerjaan", isi dengan daftar pekerjaan apa saja yang berkaitan dengan minat kamu di kolom pertama.

memilih jurusan kuliah

Cara ini akan memudahkan untuk menemukan apa sih sebenarnya passion kamu. Misalnya, kamu suka menjahit. Fashion designer atau manufaktur tekstil bisa jadi pekerjaan yang menyenangkan untukmu. Kalau sukanya main game, gimana dong? Kamu bisa jadi audio programmer, atau game designer mungkin? Kalau benar-benar belum ada bayangan, coba kamu perbanyak baca dan browsing perihal profesi yang akan kamu minati. Selain itu, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan guru bimbinganmu. Dari daftar tadi, cari tahu juga apa kemampuan yang paling menonjol dari dirimu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menentukan jurusan kuliah yang paling sesuai. Misalnya kamu suka masak, tidak ada salahnya untuk memilih jurusan tata boga. Kemampuanmu di bidang tersebut akan semakin terasah. Selain itu, kamu juga akan melaksanakan segala kegiatan kuliah dengan mudah dan lebih bersemangat.

memilih jurusan kuliah

memilih jurusan kuliah
(Sumber: huffingtonpost.com)

Biaya kuliah jaman sekarang tidaklah murah. Oleh karena itu, penting untuk diperhatikan. Kamu harus tahu berapa biaya yang dibutuhkan dan apakah biaya tersebut sesuai dengan keadaan ekonomimu. Namun,  biaya bukanlah halangan untuk tidak melanjutkan jenjang pendidikan. Jika terlalu mahal, kamu bisa mencari tahu apakah universitas tersebut menawarkan beasiswa yang dapat meringankan biaya kuliahmu.

memilih jurusan kuliah

memilih jurusan kuliah
(Sumber: theinteriorsaddict.com)
 
Setelah selesai kuliah, langkah selanjutnya yang akan kamu jalani biasanya adalah bekerja. Ada berbagai macam lapangan pekerjaan tersedia di dunia ini. Masing-masing lapangan pekerjaan memiliki persyaratan yang berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana prospek kerja dari jurusan yang kamu pilih. Dengan demikian, kamu jadi memiliki bayangan akan bekerja seperti apa setelah kamu lulus kuliah nantinya. Jangan sampai jurusan kuliah yang akan kamu pilih dan pekerjaan yang kamu cita-citakan saling bertolak belakang.

memilih jurusan kuliah

memilih jurusan kuliah

(Sumber: fee.org)

In some cases, banyak juga yang belum tahu dan yakin akan minatnya untuk dilanjutkan ke jenjang pendidikan. Bidang apa saja yang banyak dibutuhkan sekarang ini? Kira-kira seperti apa prospek ke depannya? Apa cukup menjanjikan di 5 tahun ke depan? Kamu bisa pertimbangkan dengan melihat di negara mana kamu berada. Misalnya menjadi ahli dalam ilmu ekonomi atau digital marketing

memilih jurusan kuliah

Jika kamu sudah memiliki pilihan jurusan kuliah, pastikan kamu benar-benar memiliki ketertarikan di bidang tersebut. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa menjalankan kehidupan perkuliahan dengan sepenuh hati. Berkomitmen dengan pilihanmu juga bisa menghindari terjadinya berhenti kuliah di tengah jalan. Sayang 'kan kalau waktu dan uang yang sudah kamu keluarkan terbuang percuma karena tidak komitmen dengan jurusan pilihanmu?

memilih jurusan kuliah

Biasakan untuk selalu menyiapkan plan B dalam setiap hal ya, teman-teman. Kalau tidak lolos di jurusan X, jurusan apa lagi yang hendak kamu ambil? Atau kamu akan mencoba di tahun berikutnya? Kalau kamu punya alternatif, maka kamu akan lebih siap menghadapi berbagai macam situasi.

Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah. Semoga bisa membantu kamu untuk menemukan jurusan kuliah yang paling sesuai! Jangan lupa yuk persiapkan diri dengan ruangbelajar agar #BelajarJadiLuarBiasa!

ruangbelajar

Tags: Siap kuliah

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read