6 Tips Menghadapi Ujian Mandiri Setelah SBMPTN 2020

Olivia Yunita Jul 25, 2020 • 4 min read


6 Tips Menghadapi Ujian Mandiri Setelah SBMPTN 2020

Artikel ini membahas mengenai tips menghadapi ujian mandiri setelah SBMPTN 2020

--

Nggak lolos SBMPTN memang sesuatu yang menyakitkan. Namun, jangan berkecil hati ya. Kamu masih punya kesempatan masuk PTN impianmu melalui ujian mandiri, lho. Nah, ujian mandiri setiap PTN akan berbeda tergantung kebijakan dari kampus masing-masing.

Baca juga: Masuk Institut Teknologi Bandung Melalui Seleksi Mandiri (SM-ITB) 2020

Meskipun daya tampung ujian mandiri setiap PTN itu nggak banyak, kamu tetap harus optimis dan mempersiapkan diri dengan maksimal ya. Mau tahu apa aja sih tips menghadapi ujian mandiri? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Cari tahu informasi mengenai pelaksanaan ujian mandiri

Tips pertama yang wajib kamu lakukan adalah rajinlah mencari informasi tentang pelaksanaan ujian mandiri dari PTN pilihanmu. Biasanya setiap PTN punya ketentuan seleksi yang berbeda-beda, lho. Jadi kamu perlu membuat catatan mengenai tata cara ujian, syarat ujian, jadwal dan biaya pendaftaran, hingga apa saja yang nantinya akan dibutuhkan ketika hari H.

6 Tips Menghadapi Ujian Mandiri Setelah SBMPTN 2020Cari tahu semua informasi ujian mandiri lewat website atau sosial media PTN terkait (Sumber: iconscout.com)

2. Ketahui daya tampung dari PTN pilihan

Perlu bagi kamu peserta ujian mandiri, untuk tahu daya tampung dari PTN pilihanmu. Biasanya kuota daya tampung untuk jalur mandiri adalah maksimal 30% dari kuota daya tampung keseluruhan setiap prodi di PTN. Nah, jumlah 30% ini akan berbeda tergantung PTN dan program studinya, lho. Maka dari itu, pastikan kamu sudah mengecek daya tampung program studi melalui website PTN pilihanmu ya.

6 Tips Menghadapi Ujian Mandiri Setelah SBMPTN 2020Cek daya tampung program studi pilihanmu (Sumber: iconscout.com)

3. Persiapkan persyaratan yang diperlukan

Karena ketentuan ujian mandiri diatur oleh masing-masing PTN, maka syarat yang dibutuhkan akan berbeda-beda. Kamu tetap harus update informasi mengenai persyaratan yang diperlukan. Siapkan semua berkas jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian mandiri ya.

6 Tips Menghadapi Ujian Mandiri Setelah SBMPTN 2020Lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan (Sumber: iconscout.com)

4. Perbanyak latihan soal

Agar tidak gagal untuk kedua kalinya, memperbanyak latihan soal akan membantu kamu dalam menguasai materi, lho. Nggak hanya memudahkan saja, tetapi juga bisa memperlancar kamu dalam menjawab soal saat ujian nanti. Sebagai simulasinya, kamu dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian mandiri tahun lalu. 

6 Tips Menghadapi Ujian Mandiri Setelah SBMPTN 2020Perbanyak latihan soal-soal ujian mandiri (Sumber: iconscout.com)

5. Tetap semangat belajar

Pandemi Covid-19 membuat kita harus melakukan beberapa aktivitas dari rumah, termasuk belajar. Meskipun harus belajar dari rumah, kamu tetap harus semangat ya, karena sekarang banyak PTN yang menggunakan nilai UTBK SBMPTN sebagai indikator penilaian ujian mandiri, lho. Tingkatkan belajarmu dan ulas kembali materi yang belum kamu kuasai. 

6 Tips Menghadapi Ujian Mandiri Setelah SBMPTN 2020Tetap semangat belajar dari rumah (Sumber: iconscout.com)

6. Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan di situasi pandemi Covid-19 sangatlah penting apalagi buat kamu yang akan menghadapi ujian. Atur jadwal belajarmu agar kamu tetap bisa istirahat ya. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang bergizi dan lakukan olahraga minimal 15 menit setiap harinya.

6 Tips Menghadapi Ujian Mandiri Setelah SBMPTN 2020Jaga kesehatan tubuh (Sumber: www.dreamstime.com)

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi ujian mandiri. Persiapkan semuanya dan jangan lupa berdoa ya agar kamu diberikan hasil yang terbaik. Ayo siapkan dirimu menghadapi ujian mandiri dengan video belajar beranimasi, rangkuman infografis, dan latihan soal di ruangbelajar.ruangbelajar

Beri Komentar