Hari Perdamaian Dunia : Ini 7 Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Bulan Tamara Horo Sep 21, 2020 • 5 min read


Halo, Squad! Apakah kalian tahu 21 September diperingati sebagai hari apa? Yup, Hari Perdamaian Internasional. Hari Perdamaian Internasional ditetapkan oleh PBB jatuh setiap pada tanggal 21 September. PBB menyatakan hari tersebut sebagai hari yang dikhususkan untuk memperkuat cita-cita perdamaian, baik di dalam dan di antara semua bangsa dan masyarakat. Nah, nggak ada salahnya dong untuk ikut merayakan Hari Perdamaian Dunia dengan menumbuhkan toleransi pada siswa. Yuk, simak 7 kegiatan yang bisa dilakukan untuk memeringati Hari Perdamaian Dunia bareng teman-teman.

 1. Traditional Costumes Team Challenge

Aktivitas pada hari perdamaianSiswa belajar mengenai perbedaan. Sumber: ragam.cahunnes.com

Cetak berbagai gambar pakaian adat di Indonesia. Lalu di papan tulis atau pada selembar kertas besar buat kotak-kotak besar seperti papan catur dengan nama daerah di setiap kotaknya. Lalu bagi siswa ke dalam tim-tim, sesuaikan jumlah tim dengan jumlah peserta yang ikut bermain, dan tantang mereka untuk mencocokkan sebanyak mungkin pakaian adat ke nama daerahnya. Setiap tim yang menempatkan pakaian adat sesuai dengan daerahnya akan menerima 1 poin, sedangkan bila salah minus 1 poin. Set the timer then have fun playing! 

Jangan lupa juga untuk menjelaskan informasi menarik pakaian adat atau daerahnya. Atau jika ada yang berasal dari daerah yang disebutkan, kalian bisa meminta mereka menjelaskan mengenai kebudayaan mereka. Dengan begini, kalian ba saling belajar mengenai kebudayaan daerah lain sambil mengenal latar belakang teman-temanmu.

2. Membuat mural bertemakan perdamaian

membuat mural menjadi aktivitas pada hari perdamaian

Tanamkan nilai positif pada siswa dengan cara yang menyenangkan (Sumber: childrensworkshops.net)

Memahami apa itu perdamaian dan implementasinya pada kehidupan sehari-hari bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, lho. Bisa dengan membuat mural beramai-ramai atau juga dengan membuat gambar untuk kemudian dipajang di dinding kelas. Selain kamu dan teman-teman dapat belajar mengenai perdamaian, kalia  juga akan membuat lingkungan jadi lebih berwarna!

3. Mengadakan bakti sosial

mengadakan bakti sosial - Aktivitas pada hari perdamaianMenumbuhkan kepedulian pada sesama dengan berdonasi. Sumber: mommyunderground.com

Mengerti arti  dari keberagaman dan toleransi dengan mengumpulkan donasi berupa mainan atau buku untuk disumbangkan atau mengadakan bakti sosial. Mengumpulkan donasi atau ikut dalam kegiatan bakti sosial dapat mengajarkan banyak hal positif, seperti empati, bersyukur, serta mau berbagi kepada sesama tanpa melihat latar belakang.

4. Wisata ke rumah ibadah

 wisata ke rumah ibdah menjadi aktivitas pada hari perdamaian

Ajarkan siswa mengenai perbedaan dan toleransi antar umat beragama. Sumber: berlin.de

Perdamaian juga menekankan pada toleransi antar umat beragama, Squad bisa mengajak teman-temanmu untuk berjalan-berjalan melihat rumah-rumah ibadah dari tiap-tiap agama, seperti Masjid, Gereja, Vihara, Pura, dan Klenteng di kota kalian. Lebih menarik lagi jika rumah-rumah ibadah tersebut merupakan bangunan bersejarah, bisa sekalian belajar tentang sejarah. 

5. Lomba membaca puisi bertema perdamaian

lomba membaca puisi perdamaian menjadi aktivitas pada hari perdamaianMenumbuhkan kecintaan pada sastra. Sumber: spongepedia.org

Merayakan Hari Perdamaian dengan mengadakan lomba membaca puisi bertema “Perdamaian” juga dapat meningkatkan kecintaan pada sastra. Ajak teman-temanmu untuk mengadakan lomba puisi, lomba pantun, lomba menulis cerpen, dan lain sebagainya, pasti bakalan seru banget Kalau merujuk pada perkataan Pramoedya Ananta Toer, “Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian hanya hewan yang pandai.” 

6. Memperkenalkan UN SDG

meperkenalkan un sdg menjadi aktivitas pada hari perdamaian17 tujuan pembangunan berkelanjutan. Sumber: teachsdgs.org

Salah satu landasan Hari Perdamaian Dunia ialah United Nations Sustainable Development Goals. So, kamu bisa merayakan hari ini dengan mempelajari ketujuhbelas poin UN SDG bareng-bareng dengan teman sekelasmu. Jangan lupa juga menggunakan bahan ajar yang dibuat oleh UNICEF dan berikan juga apresiasi berupa sertifikat untuk yang mampu memahami UN SDG tersebut.

 7. Mengheningkan cipta bersama

mengheningkan cipta menjadi aktivitas hari perdamaianSiswa belajar menghargai kehidupan yang damai. Sumber: jonbarron.org

Kalau aktivitas yang sudah disebut di atas dirasa terlalu memakan waktu atau energi, kamu tetap bisa merayakan Hari Perdamaian dengan mengheningkan cipta bersama siswa. Renungkanlah korban-korban akibat peperangan, betapa beruntungnya kamu dengan kesempatan belajar yang kamu miliki, dan bagaimana kamu dapat berkontribusi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan lebih damai dengan cara-cara yang kecil namun tetap berarti.

Gimana? Sudah tahu kira-kira aktivitas apa yang mau dilakukan? Semoga kamu bisa jadi lebih memahami arti perdamaian dan toleransi ya, Squad. Eits, tapi jangan cuma dipahami, semoga bisa mengamalkannya juga. Damai dimulai dari diri sendiri. Jadi tetaplah selalu melakukan kebaikan pada sesama! 

Yuk, belajar dengan materi ajar dari Ruangguru On-The-Go! Ada banyak video animasi, latihan soal, dan rangkuman infografis yang bisa diakses tanpa kuota internet! Dijamin kegiatan belajar jadi makin seru dan tidak membosankan.

ruangguru on the go

Beri Komentar