7 Cara Mengatur Keuangan dari Gaji Bulanan

Shabrina Alfari

Aug 15, 2018 • 4 min read

Sukses Kerja


Rekan Kerja, apakah Anda merasa susah untuk mengatur gaji bulanan? Kesulitan dalam mengatur gaji bulanan, tidak hanya dialami oleh segelintir orang. Banyak masyarakat modern saat ini yang mengalami kesulitan untuk mengatur gaji setiap bulannya. Lebih besarnya pengeluaran dan kebutuhan dibandingkan pemasukan membuat Anda sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, Anda akan selalu merasa kurang dan tentunya tidak bisa menabung untuk kebutuhan di masa depan. So, mulai hari ini coba deh beberapa tips di bawah ini agar Anda dapat mengatur gaji dengan bijak. Penasaran? Yuk, simak tipsnya.

1. Susun rencana keuangan bulanan

cara mengatur keuanganMembuat rencana keuangan bulanan (Sumber: caringkindnyc.org)

Hal pertama yang penting untuk Anda lakukan adalah menyusun rencana keuangan pribadi. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian, yaitu kebutuhan primer dan tersier. Kebutuhan primer contohnya seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah atau kendaraan, dan lainnya. Sedangkan kebutuhan tersier contohnya seperti anggaran untuk belanja, nonton bioskop, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau kolega. Jangan lupa untuk menyediakan dana darurat, seperti biaya sakit atau servis kendaraan.

2. Langsung sisihkan uang tabungan

cara mengatur keuanganSisihkan uang untuk menabung (Sumber: maxgrowthcap.com)

Jika Anda terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah untuk menyisihkan gaji tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan lain sehari-hari. Anda dapat menyisihkan sekitar 10% dari gaji untuk ditabung. Selain menyisihkan uang tabungan, Anda juga perlu mencatat dan mengumpulkan nota belanja setiap kali Anda berbelanja kebutuhan. Hal ini akan membantu mengendalikan pengeluaran serta menekan keinginan untuk membeli yang tidak terlalu penting.

3. Buat rekening khusus untuk menabung

cara mengatur keuanganBuat rekening khusus menabung (Sumber: bugetul.ro)

Anda dapat membuat dua macam rekening berbeda untuk membantu mengelola uang bulanan. Pilihlah rekening dengan biaya administrasi bulanan yang rendah atau yang tidak memiliki fasilitas kartu ATM. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari, seperti menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Rekening lainnya dapat Anda gunakan khusus untuk menabung. Jangan mudah tergoda untuk mengutak-atik rekening tabungan Anda untuk kebutuhan sehari-hari. Tabunglah uang Anda seperti kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya.

4. Buat laporan keuangan harian

cara mengatur keuanganBuat laporan keuangan (Sumber: compoundingpennies.com)

Jangan buang struk yang Anda dapatkan setiap kali berbelanja. Catatlah semua pengeluaran Anda setiap harinya. Cara ini akan membantu Anda mengetahui ke mana saja uang yang digunakan selama ini, serta menganalisis barang apa saja yang sebenarnya tidak harus dibeli atau dikurangi di bulan yang akan datang.

5. Lakukan perbandingan antara pengeluaran dengan anggaran

cara mengatur keuanganBuat perbandingan antara pengeluaran dan anggaran (Sumber: wealthmanagement.com)

Jika di awal Anda sudah menyusun rencana keuangan yang jelas, tentu Anda sudah dapat mengira-ngira berapa uang yang akan terpakai dalam satu bulan. Nah, setelah itu Anda dapat mulai membandingkan perkiraan tersebut dengan realita pengeluaran bulanan. Hal ini wajib Anda lakukan untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat atau malah melebihi anggaran tersebut. Jika yang terjadi kurang, pastinya Anda harus melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian Anda untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang mengeluarkan dana paling besar.

6. Segera bayar tagihan

cara mengatur keuanganBayar tagihan di awal bulan (Sumber: lennycredit.com)

Begitu gaji bulanan Anda masuk ke rekening, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membayar semua tagihan di awal bulan. Mulai dari tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Membayarkan semua tagihan di awal bulan tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur kebutuhan bulanan lainnya.

7. Investasi

cara mengatur keuanganBerinvestasi (Sumber: investleaks.com)

Langkah terakhir, setelah Anda menyisihkan gaji bulanan untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari namun masih ada kelebihan dana, ada baiknya Anda menggunakan dana tersebut untuk investasi. Anda dapat mengikuti asuransi, Reksa Dana, ataupun membeli emas dan perhiasan dengan nilai jual tinggi. Cara ini tentunya berbeda dengan menabung, karena saat menabung Anda dapat mengambilnya kapan saja. Berbeda dengan investasi yang tidak bisa Anda ambil kapan pun sesuai keinginan. Berinvestasi akan memberikan Anda keuntungan di masa depan.

Menggunakan uang yang Anda dapatkan dengan bijak merupakan salah satu cara menghargai usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan. Yuk, asah terus kemampuan soft skill lainnya dalam dunia profesional dengan mengunduh aplikasi ruangkerja. So, tunggu apa lagi? Klik gambar di bawah ini untuk unduh dan mulai dapatkan manfaatnya sekarang!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts