Ruangguru Blog

    7 Destinasi Wisata ASEAN Paling Mendunia! Mana Favoritmu?

    By Ruangguru · Aug 8, 2017

    Smart Buddies, tahukah kamu kalau hari ini usia ASEAN telah genap 50 tahun? Yep, Association of Southeast Asian Nations ini telah berdiri sejak tahun 1967 saat dilakukannya Konferensi Bangkok. Hayo, kamu masih ingat nggak materi pelajaran IPS saat kelas 6 SD dulu? Nah sampai hari ini, kesepuluh anggota negaranya terus berkomitmen untuk bersaing di dunia internasional melalui berbagai aspek, lho! Salah satunya adalah di bidang pariwisata. Jadi kamu jangan salah, kalau 7 lokasi wisata ASEAN berikut ternyata begitu terkenal di dunia. Kira-kira apa saja ya tempatnya? Yuk, langsung kita cek sama-sama!

    1. Phuket Beach, Thailand

    destinasi wisata - Air hijau kemilauan yang terdapat di Phuket, Thailand. Air hijau kemilauan yang terdapat di Phuket, Thailand. (sumber: telegraph.co.uk)

    Siapa yang tidak kenal kawasan Phuket dengan beragam pantainya yang terkenal? Daerah yang tidak pernah sepi oleh turis internasional ini, menawarkan berbagai aktivitas liburan. Beberapa di antaranya yaitu surfing, diving, sunbathing, yachting, berbelanja, dan wisata kuliner. Untuk menuju Phuket, sangatlah mudah. Pulau yang terletak di bagian selatan negara Thailand ini telah memiliki bandara sendiri, lho. Bahkan, sudah banyak maskapai dari Indonesia yang memiliki penerbangan menuju Phuket. Sementara itu, untuk berkeliling di pulau ini juga sudah tersedia bermacam-macam transportasi umum. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan budget liburanmu. Ada bus lokal (songthaew), taksi mobil, taksi motor (motosai), atau kapal.

    Pulau Phuket yang sangat menarik perhatian ini, bukan hanya menjadi tempat wisata ternama. Akan tetapi, berbagai film juga mengambil lokasi shooting di sini. Salah satunya, Star Wars: Episode III Revenge of The Sith. Film horor Indonesia juga ada lho yang pernah mengambil adegan dengan latar Phuket. Gimana, kamu sendiri tertarik ke sini?

    2. Angkor Wat, Kamboja

    destinasi wisata - Potret biksu di area Angkor Wat. Potret biksu di area Angkor Wat. (sumber: scmp.com)

    Kompleks candi ini merupakan situs religi terbesar di dunia ini. Dibangun di atas lahan sebesar 162 hektar. Luas sekali bukan? Awalnya, candi Dewa Wisnu ini dibangun oleh Raja Khmer untuk kerajaannya. Desainnya menggambarkan Gunung Meru (Mahameru) yang menjadi rumah dewa dalam mitologi Hindu. Akan tetapi, perlahan-lahan di akhir abad ke-12, Angkor Wat berganti fungsi menjadi kuil Buddha.

    Nah, sebagai sebuah lokasi bersejarah, tempat wisata ini menjadi daya tarik utama bagi negara Kamboja. Bahkan, ilustrasi gambarnya pun dijadikan sebagai simbol pada bendera nasional mereka. Kalau di Indonesia, ini mirip-mirip seperti Candi Borobudur, lho!

    3. Ubud, Indonesia

    destinasi wisata - Salah satu pemandangan di penginapan wilayah Ubud. Salah satu pemandangan di penginapan wilayah Ubud. (sumber: bali-indonesia.com)

    Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan nama wilayah ini, kan? Wisata Ubud terus menjadi sorotan dunia hingga hari ini. Pada Juni lalu, Presiden Barack Obama juga turut mengunjunginya dalam rangka liburan keluarga. Well, wilayah dataran tinggi ini memang ramai didatangi karena merupakan ikon budaya sekaligus keindahan alam Pulau Dewata. Sebelumnya, nama Ubud juga riuh dibicarakan usai pengambilan gambar Julia Roberts untuk film Eat, Pray, Love. Suasananya yang sejuk dan dikelilingi pemandangan hijau menjadi alasan mengapa banyak turis mengunjunginya. Beberapa tempat yang bisa didatangi di sini yaitu Ubud Monkey Forest, Taro Elephant Safari Park, atau Tegalalang Rice Terrace. Nah, kamu yang sedang berencana liburan dalam negeri, bisa mempertimbangkan Ubud jadi destinasi wisata!

    4. Batu Caves, Malaysia

    destinasi wisata - Pintu utama wisata Batu Caves, Malaysia. Pintu utama wisata Batu Caves, Malaysia. (sumber: youtube.com)

    Perbukitan batu kapur yang memiliki serangkaian goa ini juga mempunyai kuil-kuil yang menarik, lho! Saat memasuki pintu utamanya, kamu akan disambut oleh patung emas Dewa Murugan. Batu Caves menjadi salah satu tempat suci bagi umat Hindu yang telah populer di dunia. Setiap tahunnya terdapat festival Thaipusam yang kerap didatangi wisatawan asal India, Australia, dan Singapura. Kamu pun jangan mau ketinggalan ya! Walaupun lokasi ini merupakan situs religi, tapi terbuka untuk umum juga kok sebagai tempat wisata.

    5. Bagan, Myanmar

    destinasi wisata - Balon udara di atas Kota Bagan. Balon udara di atas Kota Bagan. (sumber: trover.com)

    “Langit biru, awan putih, terbentang indah lukisan yang kuasa”. Ayo ngacung siapa yang masih ingat judul lagu Sherina ini? Yep, judulnya balon udara! Persis seperti yang bisa kamu saksikan di langit Kota Bagan. Wilayah yang dikenal dengan nama Bagan Archeological Area ini juga memiliki lebih dari 2.000 menara kuil-kuil dengan warna keemasan. Kamu bisa bayangkan, betapa serunya melihat pemandangan tersebut dari ketinggian kan? Dikutip dari situs Balloons Over Bagan, untuk menaiki balon udara ini dibandrol harga sebesar USD340 atau Rp4,6 juta per orang. Yuk, mulai menabung dulu!

    6. Boracay Island, Filipina

    Destinasi wisata - Kastil pasir khas Pulau Boracay. Kastil pasir khas Pulau Boracay. (sumber: boracaysheridan.com)

    Inilah sebuah pulau kecil yang terkenal akan keindahan pantai dan resorts-nya. Pemandangan khas pantai seperti palm trees, bars, dan restoran dapat ditemui di sepanjang pesisir pantai bagian barat. Sementara itu, di bagian timur terdapat Bulabog Beach yang yang menjadi destinasi utama para pecinta water sports. Bagi kamu yang tertarik, bisa mencoba aktivitas seru seperti parasailing, helmet diving, atau jetski. Boracay juga kerap dikunjungi turis karena menawarkan wisata snorkeling di kawasan perlindungan koral. Kamu penasaran mau lihat langsung?

    7. Ha Long Bay, Vietnam

    destinasi wisata - Kemilau air berwarna kehijauan di Ha Long Bay. Air berwarna kehijauan di Ha Long Bay. (sumber: hueprivatecar.com)

    Kalau negara kita punya Kepulauan Raja Ampat, maka Vietnam punya Ha Long Bay, lho. Lokasi ini menarik perhatian wisatawan karena warna airnya yang hijau kemilauan. Keindahan ini pun dipadu dengan ribuan pulau kecil yang terbentuk dari batu karst. Hmm, ada yang tahu jenis batu apakah itu? Ada di materi pelajaran geografi SMA kelas 10, lho!

    Ha Long Bay juga merupakan lokasi yang sudah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Tampaknya memang wajar ya, mengingat panorama teluk ini memang begitu mempesona. Kamu pasti setuju kan? Bahkan, mulai tahun 2018 mendatang, pemerintah Vietnam siap membangun bandara khusus di kawasan ini. Tujuannya, agar semakin banyak lagi wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi wilayah bagian utara Vietnam ini.

    Wah, seru sekali ya membahas lokasi wisata di ASEAN. Apakah kamu pernah berkunjung ke salah satu lokasi tersebut? Jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu berlibur ya, Smart Buddies. Jika kamu selama travelling senang melakukan hunting foto, yuk coba ikut belajar kelas fotografi dulu di RuangLes supaya hasil karyamu makin memuaskan! (RE)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru