Inilah 7 Fakta Menarik Tentang Kota Oxford

Ruangguru Apr 12, 2016 • 3 min read


Kebanyakan orang pasti sering mendengar University of Oxford sebagai salah satu universitas unggulan di dunia, tidak heran kalau banyak sekali yang ingin masuk ke perguruan tinggi ini. Berikut ini adalah tujuh fakta unik tentang Kota Oxford yang menarik untuk kamu ketahui.

Ternyata Kota Oxford itu ...

1. Oxford sempat menjadi ibu kota Inggris pada tahun 1642-1646.

Perang Saudara I tersebut terjadi karena adanya perselisihan antara kelompok pendukung raja (Royalist) dan parlemen (Parlementarist). Raja Charles I sampai harus mengungsi dari London dan menjadikan kota itu markas barunya. University of Oxford dikenal sebagai salah satu pendukung kelompok Royalist tersebut.

2. Oxford adalah rumah dari Alice Liddell yang menginspirasi tokoh utama di buku Alice in Wonderland.

Ayah Alice merupakan dekan Christ Church College, salah satu kampus di Oxford. Pengarang Alice in Wonderland sendiri, Lewis Carroll, merupakan dosen Matematika dari universitas tersebut.

3. Pada zaman perang dunia kedua, Hitler berencana untuk menjadikan Oxford ibu kota.

Apabila ia dapat menjajah Inggris. Karena itu, Hitler melarang Jerman untuk menjatuhkan bom di Oxford. Untungnya, rencana yang berada dalam Operation Sea Lion tersebut ditinggalkan, sebelum akhirnya Jerman menerima kekalahan.

4. Banyak band mendunia yang didirikan di Oxford.

Salah satunya grup musik Radiohead. Frontman Radiohead, Thom Yorke, bahkan bekerja sama dengan mahasiswa Oxford’s University’s Said Business School untuk merilis albumnya secara online dengan BitTorrent.

5. Salah satu lokasi yang sering digunakan untuk syuting film layar lebar Harry Potter adalah Oxford.

Oxford menjadi inspirasi J.K. Rowling saat membuat sekolah sihir Hogwarts dalam bukunya. Salah satu lokasi yang identik dengan Hogwarts adalah Christ Church College. Di samping menjadi lokasi syuting film fenomenal, Oxford sering disebut sebagai lokasi syuting terindah. Tidak heran Oxford menarik banyak turis untuk datang mengunjunginya.

6. Punya Oxford English Dictionary di rumah?

Meskipun kamus Bahasa Inggris tersebut berasal dari Oxford, kontributor utama kamus tersebut justru merupakan warga Amerika Serikat, William Chester Minor. Sebelumnya ia merupakan tentara Perang Sipil, namun ia diasingkan ke Inggris. Produktivitas Minor membuat editor Oxford English Dictionary terkesan hingga Minor akhirnya tenar di kalangan cendekia.

7. Sejarah berdirinya University of Oxford sering dikaitkan dengan legenda Putri Frideswide.

Putri Frideswide ingin mendedikasikan dirinya untuk gereja, akan tetapi Pangeran Aelfgar memaksanya untuk menikah. Frideswide akhirnya melarikan diri ke Oxford. Menurut legenda, Aelfgar menjadi buta tepat setelah ia menemukan Frideswide dan berniat menyakitinya. Frideswide kemudian mendirikan gereja di Oxford dan dinobatkan sebagai santo pelindung Oxford.

Sebagai universitas tertua kedua di dunia, tidak heran kalau sejarah University of Oxford kian kaya dan beragam. Diantara ketujuh fakta tersebut, fakta mana saja yang paling mengejutkan buatmu?

Beri Komentar