7 Fitur PowerPoint yang Jarang Diketahui untuk Membuat PPT Menarik

Halimatus Sya'diyah

Aug 14, 2018 • 6 min read

sukses kerja



Halo, Rekan Kerja! Anda pasti tidak asing dengan PowerPoint. Salah satu program komputer keluaran Microsoft tersebut banyak digunakan di kalangan perkantoran dan mahasiswa untuk presentasi. Seringkali seseorang kebingungan membuat presentasi yang baik dengan Microsoft PowerPoint, padahal terdapat tools di PowerPoint yang sebenarnya dapat membantu penyusunan materi presentasi dengan cepat dan bagus. Mungkin Anda pernah melihat fiturnya, tetapi mengabaikan karena tidak tahu fungsinya. Maka dari itu, mari simak artikel berikut ini!

PowerPoint MenarikPowerPoint sangat penting di dunia perkantoran (Sumber: flickr.com/mikeymikez)

1. Menyesuaikan sendiri ukuran slide

Ketika membuka Microsoft PowerPoint, pasti terlihat tampilan slide berukuran 4:3. Biasanya tanpa pikir panjang slide langsung diisi dengan poin-poin informasi, padahal ukurannya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan presentasi. Sebelum memasukkan informasi atau objek apapun ke dalam slide, ubah ukurannya dengan cara arahkan kursor ke menu “file”, lalu pilih “page setup”, ketik tinggi dan lebar slide yang diinginkan, terakhir klik “ok”. Ukurannya akan berubah sesuai keinginan dan siap diisi dengan informasi!

2. Menghemat waktu dengan Slide Master

PowerPoint MenarikTutorial menggunakan Fitur Slide Master (Sumber: addintools.com)

Fitur PowerPoint yang satu ini dapat membuat waktu Anda tidak terbuang banyak. Slide Master adalah fitur yang menjaga konsistensi elemen-elemen slide seperti gaya tulisan (font), warna latar belakang slide, gambar, dan lain-lain. Dengan fitur ini Anda tak perlu mengeluarkan energi lebih untuk menyunting setiap slide secara satu per satu karena sudah seragam dari awal. Fitur ini dapat  ditemukan di menu “view” dengan detail seperti pada gambar.

3. Rekomendasi tata letak dari PowerPoint Designer

PowerPoint Menarik

Tampilan Fitur PowerPoint Designer (Sumber: support.office.com)

Ini dia fitur terbaru Microsoft PowerPoint, yaitu PowerPoint Designer. Fitur ini dapat membuat tampilan tata letak gambar dan tulisan menjadi tidak membosankan. PowerPoint Designer akan langsung muncul ketika Anda memasukkan gambar ke dalam slide. Berbagai rekomendasi tata letak siap digunakan untuk presentasi Anda.

4. Membuat presentasi menarik dengan Morph

PowerPoint MenarikContoh Morph (Sumber: cdn.vox-cdn.com)

Morph dapat ditemukan di seri Microsoft PowerPoint 2016. Jika Anda pengguna Office 365 dan belum menemukannya, maka lakukan pembaharuan versi terlebih dahulu. Fitur ini bekerja untuk mengubah teks, gambar, bahkan bentuk 3D menjadi animasi. Hasil yang ditampilkan membuat slide menjadi lebih hidup dan menarik. Bagi yang masih merasa awam, jangan khawatir! Internet menyediakan tutorial untuk membuat animasi dengan Morph. 

5. Cek kesalahan dengan Periksa Aksesibilitas

PowerPoint MenarikTampilan Fitur Periksa Aksesibilitas (Sumber: support.content.office.net)

Fitur yang satu ini tersedia di seri Microsoft PowerPoint 2016. Sama seperti sebelumnya, lakukan pembaharuan terlebih dahulu jika belum menemukannya. Sebelum mengirim dokumen presentasi, fitur ini akan membantu Anda menemukan kesalahan pada presentasi, sehingga dapat disunting kembali. Selain menyebutkan kesalahan, fitur ini juga menyiapkan alasan Anda mengapa harus memperbaiki dokumen presentasi.

6. Membuat kumpulan foto di PowerPoint

Beberapa pekerjaan membutuhkan presentasi yang lebih banyak berisi foto-foto, misal arsitek ketika menampilkan rancangan bangunan. Jika seperti itu, Anda bisa membuat kumpulan foto di PowerPoint. Caranya, yaitu arahkan kursor ke menu “insert”, lalu klik “image group”, kemudian buat album. Semua foto terpilih otomatis akan masuk ke slide.

7. Membagikan dokumen via Broadcast

PowerPoint Menarik

Tampilan Fitur Broadcast (Sumber: blogs.technet.microsoft.com)

Fitur yang satu ini sangat berguna bila hadirin tidak ada di depan Anda, tapi presentasi harus tetap ditampilkan. Pada PowerPoint versi 2010 dan seterusnya, Anda dapat menemukan Fitur Broadcast.  Fitur ini mengubah presentasi menjadi video yang dapat ditonton oleh siapa saja dan kapan saja. Video presentasi dapat ditaruh di website juga dengan cara klik file tab, lalu klik save & send, kemudian save to web.

Nah, itu dia beberapa fitur Microsoft PowerPoint yang bisa menunjang profesionalitas Anda dalam presentasi! Jika Anda memiliki keterampilan Microsoft PowerPoint, maka itu dapat menjadi nilai tambah bagi diri Anda agar mudah dalam menyusun presentasi. Kursus online dapat menjadi kunci bagi Anda untuk terus belajar memperdalam Microsoft PowerPoint dan poin-poin penting lainnya.

Pelajari juga hal lainnya melalui berbagai pilihan kursus di aplikasi ruangkerja. Unduh dengan cara klik gambar di bawah ini. Selamat mengembangkan diri!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts