7 Gaya Belajar yang Penting Kamu Ketahui

Yuza Mulia

Jul 7, 2015 • 6 min read

Wow ternyata


Hai, RG Squad! Apakah kamu pernah dengar tentang Tanishq Ibrahim? Itu lho, anak India yang meraih gelar sarjana pada saat umurnya 11 tahun! Wow! Tanishq mengakui bahwa membaca dan belajar adalah aktivitas kesukaannya. Ia merasa lebih "kaya" dengan pengetahuan yang diperoleh saat ia banyak belajar. Tapi, gaya belajar juga berpengaruh lho terhadap seberapa cepat otak kita dapat mencerna informasi. Sehingga,  kegiatan belajar pun menjadi lebih efektif dan hasilnya lebih maksimal. Nah, salah satu langkah untuk mengetahui bagaimana cara belajar efektif adalah dengan mengenal gaya belajar yang sesuai untuk kita. Berikut adalah 7 gaya belajar yang perlu kita ketahui:

1. Visual (spatial) 

gaya belajar
Visual (Sumber: netdoctor.co.uk)

Gaya belajar visual ditandai dengan preferensi kamu untuk belajar dengan menggunakan gambar, grafik, warna, imajinasi visual, dan spasial. Nah, kalau kamu memiliki pemahaman di hal-hal tersebut berarti kamu tipe orang dengan gaya belajar visual. Misalnya saja kamu punya sense yang baik saat membaca peta atau mengikuti instruksi sesuai dengan gambar. 

Jika kamu merasa nyaman belajar dengan gaya ini, maka media belajar yang cocok adalah mengembangkan mindmap, menggunakan flashcard bergambar, atau melalui video. Mulailah membuat catatan dengan warna yang menarik dan beberapa contoh gambar, agar kamu bisa melatih kreativitas dan belajar dengan efektif. Atau, kamu bisa berlangganan ruangbelajar yang menyajikan video belajar, dan rangkuman dalam bentuk infografis menarik. Cocok deh, untuk kamu dengan gaya belajar visual!

2. Aural (auditory) 

gaya belajar
Aural (Sumber: supernanny.co.uk)

Gaya belajar auditory ditandai dengan kemudahan dalam memproses informasi dengan baik dari berbagai sumber suara, seperti penjelasan guru, pidato, rekaman suara, dan lain-lain. Biasanya, orang yang cocok dengan gaya belajar aural atau auditory ini lebih senang mendengarkan materi di kelas atau duduk diam mendengarkan audio book. Orang dengan gaya belajar aural juga memiliki kecenderungan untuk sukses di bidang musik, karena mempunyai sense yang baik terhadap nada dan ritme.

Jika kamu adalah pelajar aural, gunakanlah bantuan musik dalam aktivitas belajarmu. Manfaatkan juga waktu di kelas untuk mendengarkan guru, rekam materi, dan dengan ulang materi tersebut. Kamu juga bisa belajar dengan membuat musikalisasi materi pelajaran, agar kamu lebih mudah memahaminya.

3. Verbal (linguistic) 

gaya belajar
Verbal (Sumber: sleepingshouldbeeasy.com)

Gaya belajar verbal ditandai dengan preferensi untuk menggunakan kata-kata, baik dalam membaca maupun menulis dalam memahami pelajaran. Pelajar verbal nyaman dengan banyak membaca, berbicara, dan menulis saat belajar. Pelajar verbal juga cenderung menyukai permainan kata, puisi, pantun, menemukan arti kata.

Jika kamu adalah pelajar verbal, cari berbagai cara untuk selalu mengaitkan materi pelajaran dengan tulisan dan bacaan. Kamu dapat menggunakan teknik mnemonik, membuat buat akronim, dan tuangkan dalam bentuk tulisan. Kamu juga bisa mengulang materi pelajaran dengan membacakannya secara lantang, atau membuat permainan kata bersama teman-teman. 

4. Physical (kinesthetic) 

gaya belajar
Physical (Sumber: kindergartenkiosk.com)

Nah, kalau gaya belajar kinestetik biasanya ditandai dengan cepatnya menerima dan mengolah informasi dari hal-hal fisik. Misalnya saja sentuhan, kehadiran alat peraga, dan partisipasi diri sendiri dalam proses belajar. Kamu cenderung merasa perlu untuk mengalami sesuatu secara langsung untuk benar-benar memahami suatu hal. Kamu juga punya sense yang baik tentang tekstur atau bentuk. Biasanya, anak dengan gaya belajar kinestetik menyukai kegiatan fisik seperti olahraga. 

Agar lebih memahami pelajaran, kamu dapat membuat alat-alat peraga, misalnya saat belajar materi katrol Fisika, bisa membuat alat peraga seperti alat timba sumur, agar paham bagaimana katrol itu bekerja untuk mengurangi jumlah gaya yang digunakan untuk mengangkat beban. 

5. Logical (mathematical)

gaya belajar 
Logical (Sumber: edubuzz.org)

Kamu merasa unggul saat menghitung? Berarti gaya belajarmu adalah mathematical, nih. Biasanya kamu akan cepat menyadari suatu bentuk pola, dan melihat keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya yang biasanya tidak disadari banyak orang. Kamu juga bisa memahami sesuatu dengan menyambungkan koneksi-koneksi dari berbagai detil dan menyusunnya dengan terorganisir, seperti bermain puzzle. Pelajaran yang bersifat problem solving skill, sistematis, dan tidak perlu mengandalkan hafalan adalah kunci utama bagi kamu. Setuju?

6. Sosial (interpersonal)

gaya belajar
Sosial (Sumber: broadviewuniversity.edu)

Gaya belajar interpersonal biasanya ditandai apabila kamu memiliki kemampuan sosial yang baik seperti berkomunikasi dengan verbal maupun tulisan. Kamu akan lebih nyaman berkonsultasi dan diskusi pelajaran bersama guru, maupun teman sekelas. Juga suka belajar dengan mengutarakan ide dan mendiskusikan materi pelajaran terkait. 

Membentuk grup belajar adalah salah satu cara yang bisa kamu terapkan. Nah, kamu bisa belajar di Ruangguru digitalbootcamp. Karena kamu akan merasakan suasana belajar yang hidup dengan diskusi yang seru, teman untuk bertukar ide, dan saling beri tanggapan via chat dengan teman-teman dalam grup belajar. Banyak sekali lho hal yang akan kamu dapatkan dengan belajar kelompok. 

7. Solitary (intrapersonal) 

gaya belajar
Intrapersonal (Sumber: thedp.com)

Kamu suka belajar di keadaan sepi dan menyendiri? Bisa jadi kamu cenderung punya gaya belajar intrapersonal. Dengan mengerjakan semuanya sendiri, kamu bisa membuat dan mengetahui personal interest and goals. Biasanya kamu lebih senang membaca buku atau belajar dari laptop/hp. 

Nah, RG Squad! Itulah 7 jenis gaya belajar yang harus kamu ketahui. Perlu diingat bahwa setiap orang tidak hanya mempunyai satu gaya belajar saja, namun ada gabungan gaya belajar misalnya visual dan auditori. Perlu diingat, mengidentifikasi gaya belajar yang cocok dengan diri sendiri adalah hal yang penting, lho

CTA RB-1.jpeg

Beri Komentar

Recent Posts