7 Hal Penting dalam Proses Seleksi dan Penilaian SNMPTN

Shabrina Alfari Nov 18, 2020 • 6 min read


proses seleksi dan penilaian SNMPTN

Mau daftar SNMPTN? Perhatikan terlebih dahulu 7 hal penting dalam proses seleksi dan penilaian SNMPTN berikut ini.

---

Sudah siap menghadapi seleksi masuk PTN tahun 2021? Seleksi masuk pertama yang biasanya dibuka oleh pemerintah adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau yang dikenal juga dengan Jalur Undangan. 

Nah, bagi kamu yang berniat untuk mengikuti jalur SNMPTN, tentunya kamu harus mempersiapkan strategi agar bisa lolos dalam jalur seleksi ini. Salah satu yang harus diketahui adalah proses seleksi dan sistem penilaian jalur SNMPTN. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus kamu ketahui!

1. Sekolah melakukan pemeringkatan siswa

Tidak semua siswa dapat menjadi peserta SNMPTN. Tahap pertama, sekolah akan melakukan pemeringkatan siswanya berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1-5. Pemeringkatan ini dilakukan dengan mempertimbangkan nilai dari mata pelajaran berikut::

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing
  4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)

Apabila kamu tidak lolos dalam pemeringkatan SNMPTN, maka kamu tidak bisa lagi melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2020 Dimulai! Ini 10 Pertanyaan yang Sering Muncul

Ilustrasi-Mahasiswa-Baru-600x381Mahasiswa baru (Sumber: kalderanews.com)

2. Kualifikasi individu atau prestasi siswa

Nilai rapor memang penting, tapi bukan satu-satunya kriteria penilaian SNMPTN. Seleksi SNMPTN yang dilakukan oleh LTMPT didasari pada prinsip yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan melihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih.

Maka dari itu, prestasi kamu di luar kelas seperti lomba yang diikuti di tingkat daerah, nasional, hingga internasional juga memiliki peran penting dalam sistem penilaian SNMPTN.

 

3. Akreditasi Sekolah

Jumlah siswa yang dapat mendaftar pada SNMPTN ditentukan oleh Akreditasi Sekolah. Pada SNMPTN tahun 2020, sekolah dengan akreditasi A akan diberikan kuota 40 persen siswa terbaik. Sementara itu, sekolah dengan akreditasi B diberikan kuota 25 persen siswa terbaik dan akreditasi C untuk 5 persen siswa terbaik.

Selain itu, indeks sekolah juga turut menjadi bagian dari kriteria penilaian SNMPTN. Indeks sekolah ini mencakup beberapa hal seperti jenis kelas (IPA, IPS, Bahasa), akreditasi sekolah (A, B, C), dan prestasi sekolah di lomba-lomba tingkat daerah, nasional, hingga internasional.

 

4. Penambahan kriteria oleh sekolah

Selain kriteria yang telah ditetapkan oleh LTMPT, sekolah juga diberikan kesempatan untuk menambahkan kriteria lain dalam proses pemeringkatan siswa. Contohnya, sekolah dapat menambahkan kriteria berupa prestasi akademik apabila ada siswa yang memiliki nilai yang sama.

a6479161-c9ea-4be2-88c4-13d57c211beaIlustrasi pendaftaran SNMPTN (Sumber: detik.com)

5. Kriteria penilaian tiap PTN dapat berbeda

Setiap PTN memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan kriteria penilaian SNMPTN. Contohnya seperti dilansir dari ugm.ac.id, kriteria penilaian yang diterima melalui jalur SNMPTN di Universitas Gadjah Mada (UGM) mencakup hasil nilai rapor, rangking sekolah, prestasi non-akademik siswa, prestasi alumni sekolah selama kuliah di UGM, rasio pendaftar dan yang diterima tahun lalu, track record sekolah, dan hasil UN (sebelum dihapuskan). So, kamu perlu mencari tahu kriteria penilaian SNMPTN dari PTN yang kamu tuju ya.

 

6. Tahapan seleksi SNMPTN

Setelah kamu lolos tahap pemeringkatan, maka selanjutnya kamu bisa mendaftarkan diri pada jalur SNMPTN. Seleksi akan dilakukan secara nasional dan dipilih siswa dengan nilai terbaik sesuai program studi dan PTN yang dipilih. Seleksi akan dilakukan dalam dua tahapan yaitu:

  1. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi
  2. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

 

7. Portofolio untuk program studi bidang Seni dan Olahraga

Ada persyaratan baru pada SNMPTN 2020 lalu, yaitu portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah bagi kamu yang ingin mendaftar ke program studi bidang Seni dan Olahraga.

Apa itu portofolio? Menurut laman resmi LTMPT, portofolio merupakan dokumentasi kumpulan karya dan atau penampilan (performance) siswa dalam bidang Seni atau Olahraga. Isi dari portofolio mencakup dokumentasi karya atau penampilan yang dibuat oleh siswa.

Baca juga: Ketentuan Portofolio SNMPTN dan SBMPTN 2020

Bagaimana, sudah siap untuk mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN? Informasi di atas dikumpulkan berdasarkan proses seleksi SNMPTN di tahun-tahun sebelumnya, dan dapat terjadi perubahan pada tahun 2021 mendatang. Kita tunggu saja ya informasi resmi dari LTMPT untuk SNMPTN 2021. Sambil menunggu, terus persiapkan dirimu untuk menghadapi ujian masuk PTN bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Referensi:

Gusti. Gunakan 7 Kriteria Penilaian, UGM Terima 3.316 Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN. 23 Mei 2014. ugm.ac.id [daring]. Tautan: https://ugm.ac.id/id/berita/9000-gunakan-7-kriteria-penilaian-ugm-terima-3-316-mahasiswa-baru-jalur-snmptn#:~:text=Kriteria%20penilaian%20mahasiswa%20yang%20diterima,hasil%20UN.%20Yang%20terakhir%20ini%2C (Diakses: 17 November 2020)

Prodjo, Wahyu Adityo. Bagaimana Proses Seleksi SNMPTN 2020?. 9 Januari 2020. edukasi.kompas.com [daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/09/20303931/bagaimana-proses-seleksi-snmptn-2020?page=all (Diakses: 17 November 2020)

Purbowati, Deni. Penilaian SNMPTN Terbaru: Ketahui dan Cermati 5 Poin Penting Ini. akupintar.id [daring]. Tautan: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/penilaian-snmptn-terbaru-ketahui-dan-cermati-5-poin-penting-ini (Diakses: 17 November 2020)

Sumber foto:

Foto Mahasiswa baru [daring]. Tautan: https://www.kalderanews.com/2020/10/hai-mahasiswa-baru-perbanyak-baca-dan-jangan-copy-paste-tugas/ (Diakses: 17 November 2020)

Foto ilustrasi pendaftaran SNMPTN [daring]. Tautan: https://news.detik.com/berita/d-4973188/cerita-siswi-sma-belajar-online-pelajaran-olahraga-pakai-video (Diakses: 17 November 2020)

Beri Komentar