Yuk, Kenalan dengan 7 Institut Seni Negeri di Indonesia!

Tri Janarti Dec 2, 2019 • 6 min read


7 Institut Seni Negeri di Indonesia

Artikel kali ini akan membahas 7 Institut Seni dan Budaya yang termasuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia untuk pertimbangan pilihanmu di SNMPTN dan SBMPTN nanti.

---

Coba deh bayangkan, kamu sedang berkunjung ke salah satu kampus. Lalu ketika lagi duduk santai, ada seorang perempuan lewat sambil membawa hasil karya estetiknya yang membuatmu kagum. Nggak lama kemudian, lewat segerombolan laki-laki mengenakan kaos dan celana jeans, yang dari obrolannya kamu jadi tau mereka sedang mempersiapkan pameran jurusan.

Hah pameran? Masa sih mahasiswa bisa mengadakan pameran? Bisa dong!

Pameran nggak cuma bisa diselenggarakan oleh seniman terkenal, lho! Mahasiswa seni juga seringkali mengadakan pameran hasil karya mereka secara bersama-sana. Pasti menyenangkan banget ‘kan karya hasil jerih payah dipertontonkan dan dapat sanjungan dari banyak orang?

Hmm gimana? Kamu sebagai pecinta seni jadi tertarik nggak nih?

Ah, tapi akutu maunya masuk PTN, Kak!”

Iya, tau kok. Kamu tenang aja, karena banyak lho universitas negeri di Indonesia yang menyediakan jurusan-jurusan seni sebagai program studinya. Eits, tapi ingat ya, PTN di Indonesia nggak cuma universitas. Ada juga politeknik, institut, dan sekolah tinggi. Nah, institut di Indonesia juga nggak selalu berkaitan dengan teknologi, pertanian, atau bisnis aja, lho! Tapi, ada juga yang disebut institut seni.

Kabar gembiranya nih, Indonesia memiliki beberapa daftar institut seni yang berpredikat PTN, lho! Artinya, kamu juga bisa mendaftar sebagai mahasiswa di sana melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Mau tau kampusnya apa aja? Simak artikelnya, ya!

1. Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang

Kampus ini berlokasi di kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Awalnya bernama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), lalu berubah menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) pada 1 Januari 2010 sesuai Perpres RI Nomor 60 Tahun 2009. Beberapa penghargaan telah diterima oleh kampus ini, coba cek deh isi-padangpanjang.ac.id. Kampus ini memiliki dua fakultas yang terdiri dari beberapa program studi. Ada Fakultas Seni Pertunjukan serta Fakultas Seni Rupa dan Desain.

7 Institut Seni Negeri di Indonesia

2. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta berdiri sejak 23 Juli 1984. Wah, cukup tua ya? Kampus ini menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang D3, D4, S1, S2 hingga S3, lho! Kampus yang memiliki visi menjadi pelopor perguruan tinggi seni ini memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan, dan Fakultas Seni Media Rekam. Beberapa program studi yang ditawarkan pun agak berbeda dengan kampus seni lain, coba aja cek isi.ac.id buat informasi lebih lengkapnya.

7 Institut Seni Negeri di Indonesia

3. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

ISI Surakarta atau ada juga yang menyebutnya ISI Solo merupakan salah satu institut seni negeri lain yang ada di Indonesia. ISI Surakarta memiliki dua kampus yang masing-masing terletak di Kentingan dan Mojosongo. Kampus Kentingan untuk Fakultas Seni Pertunjukan, sedangkan Kampus Mojosongo untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain serta Fakultas Seni Media Rekam. Nah, untuk lebih mengenal kampus yang terletak di Kota Budaya ini langsung melipir aja ke isi-ska.ac.id yuk!

7 Institut Seni Negeri di Indonesia

4. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

Selanjutnya, ada ISI Denpasar yang tentunya terletak di Bali. Wih Bali lho, salah satu wilayah di Indonesia yang selalu menjadi target para turis untuk berwisata. Kuliah sambil mengeksplorasi keindahan Bali boleh juga ‘kan? Ngomong-ngomong setelah didirikan pada 28 Juli 2003, beberapa program studi dari kampus ini sudah terakreditasi A, lho! Nah, menurut isi-dps.ac.id, ISI Denpasar juga memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Pertunjukan Seni, juga Fakultas Seni Rupa dan Desain.

7 Institut Seni Negeri di Indonesia

5. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh

ISBI Aceh terletak di kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Saat ini ISBI Aceh merupakan satu-satunya PTN seni budaya Aceh di Sumatra. Dengan dua  fakultas yang dimilikinya, yaitu Fakultas Seni Pertunjukan serta Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISBI Aceh sudah memiliki enam program studi yang ditawarkan. Kampus ini tergolong masih muda karena baru diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2014. Namun, tak kalah dengan kampus seni lainnya, mahasiswa ISBI Aceh juga berprestasi lho! Coba aja cari berita tentang mereka atau lihat di isbiaceh.ac.id.

7 Institut Seni Negeri di Indonesia

6. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

ISBI Bandung merupakan kampus seni yang sudah memiliki kerja sama di dalam dan luar negeri. Kerja sama apa sih? Silakan di cek isbi.ac.id, ya. Kampus ini juga diresmikan pada tahun 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Meskipun tergolong kampus muda, ISBI Bandung sudah memiliki tiga fakultas yang dilengkapi oleh sepuluh program studi. Ada Fakultas Seni Pertunjukan dengan lima program studi di dalamnya, Fakultas Seni Rupa dan Desain yang memiliki tiga program studi, serta dua program studi lain dari Fakultas Budaya dan Media.

7 Institut Seni Negeri di Indonesia

7. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua

ISBI Tanah Papua diresmikan bersamaan dengan ISBI Aceh dan ISBI Bandung. Nah, sama halnya dengan ISBI Aceh, ISBI Tanah Papua merupakan satu-satunya perguruan tinggi seni di bagian timur Indonesia, lho! Papua dinilai sangat kaya akan potensi seni dan budaya serta memiliki karakteristik tersendiri. Jadi, kalau kamu mendaftar sebagai mahasiswa di kampus ini tentu akan banyak sekali seni budaya yang dapat digali.

Oh iya, saat peresmiannya ISBI Tanah Papua direncanakan akan memiliki tiga fakultas dengan berbagai program studi di dalamnya. Namun, jika kita lihat isbi-tanahpapua.ac.id dan snmptn.ac.id tahun 2019, kampus ini baru memiliki lima program studi yang merupakan bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan serta Fakultas Seni Rupa dan Desain aja.

7 Institut Seni Negeri di Indonesia

Itu dia beberapa institut seni yang termasuk PTN di Indonesia. Kalau kamu memiliki minat tinggi pada seni dan budaya, bisa banget lho coba daftar ke salah satu institut seni di atas. Bisa coba lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, bahkan ujian mandiri yang diadakan oleh masing-masing kampus tersebut.

Hmm tapi, kamu harus mulai persiapkan diri kamu untuk mulai belajar dari sekarang, lho ya. Masih bingung harus belajar apa aja? Coba gabung aja ke ruangbelajar. Kalau udah gabung, nanti kamu bisa belajar lewat video animasi, rangkuman materi, bahkan bisa latihan soal sebagai persiapan menghadapi SNMPTN dan SBMPTN, lho!

New Call-to-action

Beri Komentar