Ruangguru Blog

    7 Kebiasaan Orang Tua Saat Mengambil Rapor

    By Ruangguru writer · Dec 16, 2016

    Smart buddies, siapa yang biasanya mengambil rapormu di sekolah? Kegiatan mengambil rapor biasanya dilakukan oleh orang tua, bisa ibu atau ayah. Terkadang siswa juga ikut menemani orang tuanya. Tim Ruangguru sudah mengumpulkan tujuh kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua saat mengambil rapor di sekolah. Apa saja ya, kira-kira? Baca selengkapnya, yuk.

    Menanyakan tentang anaknya kepada teman-teman anak

    kebiasaan orang tua Ibu bertanya pada temanmu di sekolah. (Sumber: sheknows.com)

    Biasanya saat pengambilan rapor, orang tuamu akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan teman-temanmu. Hal ini merupakan saat yang tepat bagi mereka untuk mengetahui bagaimana kamu bersikap di sekolah. Patut diketahui, sebetulnya kebiasaan yang satu ini ada baiknya, lho. Keunikan dan hal-hal baik tentangmu yang dirasakan oleh teman-temanmu jadi bisa diketahui oleh ibu dan ayahmu. Orang tua pasti akan senang apabila anaknya disukai oleh teman-temannya dan memiliki prestasi yang baik.

    Memberi kado sebagai ungkapan terima kasih kepada wali kelas

    kebiasaan orang tua Ungkapan terima kasih untuk wali kelas. (Sumber: ibtimes.com)

    Beberapa orang tua senang memberikan hadiah sebagai tanda terima kasihnya kepada wali kelas sang anak. Hal ini bukan berarti menyogok, lho. Nilai seorang siswa tentu sudah tidak bisa diubah-ubah di hari pengambilan rapor. Jadi, hadiah tersebut murni merupakan simbol terima kasih dari orang tua untuk gurumu. Wali kelas adalah guru yang telah membimbingmu selama satu tahun dan memastikan bahwa kamu dapat belajar dengan baik selama di sekolah.

    Mengobrol dengan orang tua siswa lain

    kebiasaan orang tua Mengobrol dengan sesama orang tua siswa (Sumber: influence-central.com)

    Kebiasaan yang satu ini biasanya dimiliki oleh ibu-ibu. Mereka kerap kali mengobrol dengan orang tua dari siswa lainnya. Topik yang dibicarakan berkisar tentang sekolah tentunya. Tidak jarang mereka bertukar pikiran mengenai perkembangan anak-anak mereka. Melalui obrolan dengan orang tua siswa lain, ibu dan ayahmu bisa mendapatkan informasi-informasi penting. Misalnya, guru privat yang terpercaya, buku-buku yang penting dibaca oleh anak, dan lain-lain.

    Berbelanja di bazar

    kebiasaan orang tua Melihat-lihat bazar di sekolah. (Sumber: bobvila.com)

    Di beberapa sekolah, kegiatan mengambil rapor dimeriahkan dengan bazar. Nah, di momen inilah biasanya hasil prakarya siswa dipamerkan, baik yang diperjualbelikan maupun tidak. Selain itu, orang tua siswa juga terkadang ada yang menjual barang dagangannya di bazar tersebut. Ada yang berjualan jajanan, pakaian, buku, dan lain-lain. Setelah selesai menemui gurumu di kelas, biasanya ibu-ibu langsung berbelanja di bazar. Jika nilai rapormu bagus, bukan tidak mungkin ibumu membelikanmu banyak barang di sana.

    Berdiskusi dengan guru

    kebiasaan orang tua Orang tua berdiskusi dengan guru. (Sumber: sdnserayuyogya.sch.id)

    Tentu saja saat mengambil rapor, orang tuamu tidak hanya menerima rapor kemudian langsung pulang. Seringkali mereka juga berdiskusi dengan wali kelasmu. Banyak hal yang mereka bicarakan, salah satunya tentu tentang perkembanganmu di sekolah. Misalnya, bagaimana sekarang kamu sudah lebih mendalami pelajaran Fisika dibanding sebelumnya. Dalam pendidikan, orang tua dan guru memang sebaiknya bekerja sama. Guru berperan saat siswa berada di sekolah sedangkan para orang tua memiliki andil saat anaknya di luar sekolah.

    Belanja perlengkapan sekolah baru di koperasi

    kebiasaan orang tua Berbelanja seragam. (Sumber: tribunnews.com)

    Momen mengambil rapor kadang digunakan juga oleh orang tua untuk membeli keperluan sekolah. Misalnya, mengganti seragam yang sudah kusam atau celanamu yang sudah terlalu pendek. Mumpung orang tuamu berkunjung ke sekolah, mereka sekaligus berbelanja di koperasi sekolahmu. Tahun ajaran baru, seragam baru, deh.

    Mencoba jajanan sekolah

    kebiasaan orang tua Mencoba jajanan sekolah. (Sumber: aquila-style.com)

    Jika kamu sering bercerita kepada orang tuamu tentang bakso terenak di kantin atau ayam bakar yang murah tapi sangat lezat, mereka pasti penasaran untuk mencicipi. Oleh sebab itu, saat mengambil rapor mereka ingin juga mencicipi jajanan yang biasa kamu beli. Hal ini merupakan keuntungan juga untukmu, kamu bisa jajan tanpa harus mengeluarkan uang saku.

    Nah, itu dia tujuh kebiasaan orang tua saat mengambil rapor anak-anaknya di sekolah. Poin apa yang cocok dengan orang tuamu, smart buddies? Ceritakan di kolom komentar, yuk. Jangan lupa juga untuk share artikel ini, ya. (AZN/TN)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru