7 Keseruan menjadi Guru Online!

Bulan Tamara Horo Okt 18, 2018 • 5 min read


Bapak/Ibu Guru, pernah mendengar istilah online learning? Ini merupakan metode pembelajaran menggunakan media berbasis komputer. Belakangan ini, minat masyarakat terhadap online learning kian bertumbuh. Selain karena kemajuan teknologi yang memungkinkan online learning terjadi, online learning juga menawarkan berbagai keuntungan. Hal ini membuat profesi guru online tidak lagi dipandang sebelah mata. Hmm, tapi apa sebenarnya enaknya menjadi guru online? Bagi Bapak/Ibu yang ingin menjadi guru online tetapi masih ragu, yuk simak 7 keseruan menjadi guru online! 

1. Jam kerja yang fleksibel

flexiJam kerja yang fleksibel yang memungkinkan Anda jadi lebih produktif (Sumber: youtube.com/ruangguru)

Bekerja dengan jam kerja yang terikat memberikan lebih banyak tekanan jika dibandingkan dengan jam kerja yang fleksibel. Nah, salah satu yang paling mengasyikan menjadi guru online adalah jam kerja yang fleksibel. Guru online tidak terikat dengan jadwal masuk sekolah atau dengan kalender akademik sekolah.

2. Tidak perlu mengulang-ulang materi

fis-34

Tidak perlu mengulang materi (Sumber: youtube.com/ruangguru)

Salah satu metode dalam online learning ialah dengan membuat materi pelajaran dalam bentuk video. Video pembelajaran inilah yang kemudian dapat diakses oleh siswa sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Hal ini dapat menguntungkan guru karena Bapak/Ibu hanya perlu menjelaskan materinya satu kali saja dan merekamnya. Berbeda dengan guru bimbel atau sekolah yang harus menjelaskan materi berulang kali untuk setiap kelas atau setiap tahun ajaran sehingga bisa menyebabkan kejenuhan dalam mengajar.

3. Penghasilan yang menggiurkan

jadi guru onlineIlustrasi penghasilan guru online (Sumber: tenor.com)

Seperti yang sudah diungkapkan di atas bahwa permintaan akan guru online saat ini semakin meningkat, sehingga guru online tidak perlu khawatir mengenai penghasilan yang didapatkan setiap bulannya. Bahkan menjadi guru online di Ruangguru, tepatnya untuk ruangbelajar, bisa mendapatkan penghasilan jauh di atas UMR. Menarik 'kan?

4. Fokus mengajar

fokusBisa lebih fokus mengajar (Sumber: youtube.com/ruangguru)

Bapak/Ibu bisa lebih fokus pada penyampaian materi dan pemahaman siswa jika menjadi guru online. Bapak/Ibu tidak perlu mengurus rapot murid, menilai ujian murid satu persatu, mengatur jadwal, memberikan tugas atau kelas tambahan kepada murid yang harus mengulang pelajaran, dan hal-hal administrasi lainnya.

5. Lebih bebas dalam berpakaian

bindo-3Lebih bebas dalam berpakaian (Sumber: youtube.com/ruangguru)

Menjadi guru online tidak perlu menggunakan seragam atau mematuhi aturan berpakaian tertentu, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai harus berpakaian seperti apa. Selama masih sopan dan rapih, Bapak/Ibu bisa mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kepribadian Anda.

6. Murid yang beragam

1_wMnh5TWEwacAaZGqfGnEjQMenghadapi murid dari beragam daerah dan latar belakang (Sumber: medium.com)

Online learning bisa dilakukan oleh siapa saja selama mereka memiliki koneksi internet yang baik. Oleh karena itu, murid yang Bapak/Ibu hadapi jika menjadi guru online bisa berasal dari beragam daerah di Indonesia bahkan negara lain. Bayangkan betapa serunya mengajar anak-anak dari beragam daerah dan latar belakang? Tentu ini menjadi tantangan baru dan memberikan pengalaman berharga bagi karier mengajar Bapak/Ibu.

7 . Kemampuan siswa bisa langsung terukur

jadi guru online(Sumber: tenor.com)

Proses belajar mengajar di kelas dengan jumlah murid yang cukup banyak membuat guru sulit untuk mengukur pemahaman siswa. Bahkan pada beberapa kasus, setelah dilakukan Ujian Akhir Semester barulah diketahui bahwa ada murid yang tidak memahami penjelasan dari gurunya. Nah, berbeda dengan online learning seperti ruangbelajar yang akan langsung memberikan latihan soal setelah siswa selesai menonton video, sehingga kita dapat segera mengetahui apakah penjelasan yang disampaikan sudah cukup jelas atau belum. Hal ini tentu memudahkan Bapak/Ibu guru dalam mengajar karena feedback dapat segera didapatkan.

Menjadi guru online merupakan pengalaman yang menyenangkan dan tentunya memberikan peluang untuk terus mengembangkan diri. Nah, Bapak/Ibu ingin merasakan 7 keseruan menjadi guru online seperti di atas? Yuk, ikut audisi pencarian guru terbaik Indonesia Teacher Prize 2018. Audisi ini adalah sebuah ajang berskala nasional untuk mencari dan mengapresiasi guru terbaik di Indonesia dengan total hadiah lebih dari 500 juta rupiah dan kontrak eksklusif menjadi Master Teacher Ruangguru.

Audisi ini berlangsung sampai 31 OKTOBER 2018. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan diri Anda sekarang! Kami tunggu partisipasi Anda dan jadilah pengajar terbaik di Indonesia!

Info lebih lanjut hubungi: 0821-2542-7252 (Lala).

Indonesia Teacher Prize

Beri Komentar