7 Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan

Shabrina Alfari Jan 26, 2018 • 6 min read


Banyak pelajar yang masih bingung ingin memilih jurusan apa setelah lulus SMA. Sebagai orang tua, penting untuk membimbing anak mengetahui passion dan skill saat akan memilih jurusan kuliah. Karena jurusan inilah yang akan menentukan pekerjaan anak nantinya. Namun ada yang perlu orang tua ketahui, bahwa perkembangan teknologi dan ekonomi juga menentukan kebutuhan dunia kerja kedepannya. Nah, selain mengetahui passion dan skill anak, ada baiknya orang tua juga mencari tahu dan melakukan research pekerjaan apa yang paling menjanjikan di masa depan. Agar anak dapat mulai mempersiapkan diri dengan cara meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk bisa bersaing di dunia kerja nantinya. 

Apa saja pekerjaan yang menjanjikan di masa depan? Yuk kita lihat.

1. IT (Software Engineer, Programmer)

Programmer ITProgrammer (Sumber: vice.com)

Coba kita bandingkan teknologi yang ada 5 tahun yang lalu dan sekarang. Pasti sudah sangat jauh berbeda ‘kan? Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat membuat pekerjaan yang berhubungan dengan IT sudah diprediksi akan semakin dibutuhkan di masa depan. Bayangkan saja, para Programmer dan Software Engineer inilah yang membuat semua aplikasi yang ada di perangkat elektronik kita.

Jika orang tua memiliki anak yang tertarik untuk menekuni bidang IT, sudah dapat dipastikan bahwa lowongan pekerjaan di bidang ini akan tetap banyak tersedia selama 5 hingga 10 tahun ke depan. Namun perlu diingat, anak juga harus terus meningkatkan kemampuan pemograman karena persaingan akan semakin ketat ke depannya.

2. Konsultan Marketing

marketing planMarketing (Sumber: businessnewsdaily.com)

Bidang bisnis dan marketing juga sudah dapat dipastikan akan terus berkembang pesat. Nah, salah satu bidang pekerjaan yang akan banyak dicari di masa depan adalah menjadi seorang Konsultan Marketing. Profesi ini bertugas untuk mengembangkan bisnis perusahaan melalui strategi marketing yang relevan dengan masing-masing perusahaan. Seorang Konsultan Marketing dapat bekerja di sebuah agensi yang menangani klien atau bekerja internal di sebuah perusahaan.

Selain Konsultan Marketing, profesi lain di bidang marketing seperti Online Advertising, Digital Marketing, atau Social Media Marketing akan menjadi pekerjaan yang menjanjikan 5 tahun ke depan. Kembali lagi, profesi tadi dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

3. Pebisnis Online

best-online-business-tools-teachable.jpgOnline retailing (Sumber: ryrob.com)

Senang berbelanja online? Yap, kegiatan berbelanja melalui internet mengalami kenaikan yang sangat pesat pada beberapa tahun terakhir. Kemudahan dan variasi barang yang dijual secara online menjadi alasan banyak orang lebih memilih berbelanja online. Inilah yang disebut dengan bisnis online atau online retailing. Di masa depan peluang bisnis ini akan semakin menjanjikan. Terlebih lagi jika anak orang tua mampu memahami pasar dan menjual barang yang memang dibutuhkan banyak orang. Melalui online retailing, produk juga bisa dijual ke seluruh belahan dunia, lho. Menarik ‘kan?

4. Desainer Produk

produk desainerDesainer produk (Sumber: idreamcareer.com)

Perkembangan industri kreatif membuat kreativitas menjadi skill yang paling banyak dibutuhkan dan dicari pada masa mendatang. Persaingan di dunia bisnis yang semakin kompetitif, mengharuskan tiap perusahaan memiliki ciri khas menarik dari produknya masing-masing. Pekerjaan yang mengandalkan kreativitas seperti mendesain produk diprediksi akan menjadi profesi yang paling dibutuhkan 5 tahun ke depan.

5. Penerjemah

penerjemahPenerjemah (Sumber: iaemember.com)

Orang tua memiliki anak yang suka belajar bahasa asing? Mungkin profesi yang satu ini cocok untuk mereka. Penerjemah akan sangat dibutuhkan jasanya di masa mendatang, khususnya di dunia marketplace. Banyaknya perusahaan asing yang membuka bisnis di Indonesia atau sebaliknya, membuat lowongan pekerjaan di bidang ini akan semakin meningkat. Seorang penerjemah dapat bekerja di suatu perusahaan atau juga sebagai penerjemah lepas (freelancer). Penerjemah lepas yang tidak terikat pada suatu perusahaan juga bisa menghasilkan banyak uang, lho.

6. Portfolio Management Strategist

Portofolio ManagementPortfolio Management Strategist (Sumber: etechgs.com)

Mungkin pekerjaan yang satu ini masih asing untuk kita. Portfolio yang dimaksud di sini adalah perusahaan-perusahan yang mendapatkan dana dari venture capital. Apa itu venture capital? Venture capital merupakan sebuah lembaga keuangan yang memberikan pendanaan kepada berbagai startup. Nah, seorang Portfolio Management Strategist bertugas untuk mengukur, mengontrol, dan meningkatkan retur dari investasi produk perusahaan untuk memenuhi tujuan bisnis.

Pekerjaan ini akan sangat menjanjikan 5 tahun ke depan dengan banyaknya startup yang bermunculan. Hal ini membuat para venture capital berlomba-lomba untuk mencari Portfolio Management terbaik. Profesi ini diprediksi akan menjadi peluang kerja menjanjikan, baik dan segi karir maupun penghasilan.

7. Human Resources

Human resourecesHuman resources (Sumber: verapetrovna.com)

Perkembangan teknologi menyebabkan kebutuhan untuk pengembangan manusia juga semakin meningkat. Sebuah survei dengan responden para eksekutif perusahaan juga membuktikan, bahwa 65% dari mereka berinvestasi pada pengembangan skill para karyawannya. Nah, ahli di bidang sumber daya manusia atau human resources sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pengembangan karyawan.

Tertarik untuk merekomendasikan salah satu profesi tadi kepada anak? Untuk memudahkan orang tua mendukung anak mencapai cita-cita mereka, Ruangguru bekerja sama dengan President University akan memberikan beasiswa kuliah khusus untuk pengguna Ruangguru senilai total 66 Miliar, lho! Jurusan yang tersedia lengkap dari bidang IT, bisnis, komunikasi, hukum, desain, hingga teknik. Proses pendaftaran sendiri dimulai dari tanggal 10 Januari sampai 8 Februari 2018. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya. Siapkan diri anak untuk bersaing di dunia kerja dengan belajar di President University melalui beasiswa kuliah Ruangguru. Yuk daftarkan sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar