7 'Rahasia' Belajar Bahasa Baru

Yuza Mulia Jul 27, 2015 • 3 min read


Halo Smart Buddies! Setelah di tulisan sebelumnya kita telah membahas masa depan yang cerah dengan menguasai bahasa asing, pastinya kamu semakin termotivasi untuk belajar bahasa asing. Tapi kata orang sih, belajar bahasa asing itu sulit, apalagi kalau baru dimulai di usia jelang dewasa. Walaupun terasa seperti itu, kita tidak boleh menyerah begitu saja. Justru usaha yang kita lakukan harus lebih keras untuk menguasai bahasa yang kita inginkan.

Berikut ini, para poliglot dari TED.com berbagi rahasianya dalam belajar bahasa, sehingga mereka bisa menguasai banyak bahasa sekaligus.

1. Realistis

Ukur kemampuan sendiri, rancang program sesuai kemampuan. Kamu bisa mulai perlahan, misalnya dengan menghafal 50 kata dan gunakan dalam percakapan sehari-hari sebisa mungkin, sebelum akhirnya melangkah ke struktur kalimat atau grammar, dll.

2. Jadikan Gaya Hidup

Pakai bahasa yang kamu pelajari dalam hidupmu sehari-hari. Jadikan itu bahasa yang kamu pakai mulai saat kamu mengekspresikan kegembiraan, cinta, bahkan keluhan dan kesedihan. Dengan berekspresi bahasa bisa lebih cepat kita serap.

3. Penuhi Rumah dengan Bahasa Asing

Beri label pada setiap benda di rumahmu dalam bahasa yang kamu pelajari. Biasakan mengucapkannya dalam bahasa tersebut. Sediakan pula buku dalam bahasa itu untuk kamu baca berulang-ulang, tonton film dengan bahasa atau subtitle bahasa itu, dll. Lingkunganmu harus penuh dengan bahasa yang ingin kamu pelajari.

4. Gunakan Teknologi

Teknologi jelas akan sangat membantu kamu dalam mempelajari bahasa. Pakailah aplikasi seperti Google Translate untuk sekedar menerjemahkan kata atau kalimat, dan pelajari bahasa lebih dalam dengan aplikasi seperti Duolingo dan beberapa aplikasi lainnya. Gunakan teknologi tersebut sebagai yang terdekat dan lakukan dengan rutin, agar kamu semakin terbiasa.

5. Bayangkan Kesempatan Baru

Bayangkanlah kesempatan atau tujuan yang akan kamu capai dengan mempelajari bahasa asing. Misalnya, dengan kamu mempelajari bahasa itu kamu bisa menonton film baru, memperbesar peluang mendapat beasiswa, atau membaca suatu buku dalam bahasa aslinya. Semua tujuan itu akan memotivasi kamu dan memberikan kesan menyenangkan bagimu dalam mempelajarinya.

6. Cari Teman

Bahasa adalah pengantar komunikasi manusia. Mempelajari bahasa dengan hanya menggunakannya sendirian jelas tidak akan bermanfaat. Carilah teman yang tepat untuk diajak belajar bersama, atau cari teman yang memiliki bahasa utama yang ingin kamu pelajari. Sering-sering berinteraksi satu sama lain, serta saling mengingatkan dan memperbaiki kesalahan dan kekurangan satu sama lain. Niscaya perkembangan kamu akan semakin pesat.

7. Jangan Takut Salah

Ini mungkin salah satu masalah terbesar orang dalam belajar bahasa : Takut Salah. Segera hilangkan perasaan ini. Namanya juga belajar, kamu tidak usah takut salah. Tidak usah pedulikan kalau ada yang menertawakan atau mengejek ketika kamu melakukan kesalahan. Justru dengan membuat kesalahan, akmu akan lebih cepat ingat dan paham tentang bahasa yang kamu pelajari.

 

Itulah dia 7 rahasia dari para poliglot, yang jelas telah menggunakannya hingga mampu menguasai banyak bahasa sekaligus. Kamu mau coba? Yuk mulai dari sekarang. Program, gaya hidup, dan rekan belajar bisa kamu dapatkan  bersama kami untuk belajar dengan baik. Selamat mencoba!

Sumber : <a href="http://blog.ted.com/how-to-learn-a-new-language-7-secrets-from-ted-translators/">TED.com</a>

Beri Komentar