7 Tips Belajar Ampuh Hadapi Ujian Nasional

Shabrina Alfari

Mar 27, 2018 • 5 min read

ujian nasional


Squad, Ujian Nasional sudah di depan mata. Persiapan apa saja yang sudah kamu lakukan untuk menghadapinya? Mempelajari semua materi yang dipelajari sejak kamu duduk di kelas 1 hingga kelas 3 tentu bukan hal mudah, apalagi jika harus menghafal konsepnya di luar kepala. Nah, jangan khawatir! Ruangguru akan memberikan tips belajar ampuh dalam menghadapi Ujian Nasional. Baca terus ya!

1. Memahami kisi-kisi Ujian Nasional

Mengingat Ujian Nasional yang tinggal sebentar lagi, sepertinya tidak efektif jika kamu harus membaca seluruh materi di semua buku yang pernah dipelajari di sekolah. Sebaiknya, kamu pahami standar kompetensi lulusan (SKL) untuk memudahkan proses belajar dan mengetahui materi apa saja yang harus dipelajari. Kamu bisa mendapatkan kisi-kisi Ujian Nasional 2018 ini di website resmi BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan).

Baca juga: Kumpulan Soal Latihan Ujian Nasional

2. Berlatih soal-soal Ujian Nasional tahun sebelumnya

Test-and-Hand-471x257.jpgLatihan soal (Sumber: oxbridgeapplications.com)

Squad, kalian pasti tahu 'kan pepatah “bisa karena terbiasa”. Percuma saja jika kamu hanya membaca atau menghafal materi tanpa membiasakan diri mengerjakan soal. Biasakan untuk langsung mengerjakan soal latihan begitu selesai mempelajari materi. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengukur pemahamanmu. Jika belum bisa menjawab soal-soal tersebut, berarti kamu belum siap untuk menghadapi ujian. Apalagi sekarang ini sudah makin banyak contoh-contoh soal UN yang mudah didapat, tidak hanya di toko buku tetapi juga internet. Cobalah untuk mengerjakan berbagai tipe soal, agar saat UN nanti kamu dapat mengerjakannya dengan lancar dan tidak kebingungan lagi.

3. Membuat ringkasan

tumblr_inline_om428f89es1ufnvs0_1280.jpgCatatan belajar (Sumber: tumblr.com)

Salah satu cara belajar yang sudah terkenal ampuh adalah dengan membuat ringkasan atau jembatan keledai. Kalau hanya belajar dari buku cetak dan catatan guru saat mengajar saja, bisa-bisa kamu akan kesulitan jika harus mengerjakan soal yang menguji daya analisa dan pemahaman konsep yang mendalam. Nah, untuk mengerti konsep dengan menyeluruh kamu dapat mencoba membuat mind-mapping atau ringkasan. Apalagi jika ringkasan ditambahkan dengan gambar visual, diagram, tabel, atau kategorisasi warna yang berlainan. Hal ini dapat membantu otak mencerna informasi dengan lebih mudah.

4. Mengikuti semua program belajar di sekolah

Siswa mengerjakan Ujian Nasional

Siswa mengerjakan Ujian Nasional (Sumber: genmuda.com)

Biasanya saat mendekati waktu Ujian Nasional, sekolah akan memberikan berbagai program belajar yang harus diikuti oleh para murid tingkat akhir. Program-program belajar tersebut seperti try out, bimbingan belajar seusai sekolah, dan lain sebagainya. Sebaiknya kamu memanfaatkan semua program yang disediakan oleh sekolah ini semaksimal mungkin. Dengan begitu, kamu akan semakin terbiasa mengerjakan soal sebelum menghadapi tes aslinya. Program belajar apa saja yang kamu ikuti di sekolah, Squad?

5. Ikut dalam belajar kelompok

Belajar kelompokBelajar kelompok (Sumber: aboutcovingtonga.com)

Mungkin tidak semua orang cocok belajar dengan teman sekelompok, tetapi ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan belajar berkelompok, lho, Squad. Dengan cara belajar seperti ini, kamu dapat saling berbagi pengetahuan dalam memecahkan soal-soal sulit bersama teman-teman yang lain. Selain itu, sesama teman juga dapat saling mendukung dan menyemangati. Namun, kamu harus ingat ya tujuan utamanya, yaitu belajar bukan hanya nongkrong.

6. Buat jadwal belajar rutin

Buat jadwal belajar Buat jadwal belajar (Sumber: pinterest.com)

Salah satu tips belajar untuk UN adalah dengan tidak mempelajari keseluruhan materi, melainkan me-review kembali materi-materi yang akan diujikan. Tentu saja, selama ini kamu sudah terbiasa dengan belajar atau menghafal materi-materi ujian 'kan Squad? Sekarang cobalah untuk membuat jadwal belajar yang lebih baik dengan memberikan alokasi waktu yang lebih untuk pelajaran yang dianggap sulit. Tidak perlu lama-lama yang penting kamu bisa belajar dengan efektif dan konsisten dengan jadwal yang sudah dibuat.

7. Menjaga kesehatan

Konsumsi makanan sehat menjelang ujianKonsumsi makanan sehat menjelang ujian (Sumber: nicolekorodetzrd.com)

Selain terus belajar dan berlatih soal-soal ujian, hal penting lain yang harus kamu lakukan adalah menjaga kesehatan. Menjelang ujian yang semakin dekat tentu kamu akan dihadapkan dengan lebih banyak kegiatan belajar, baik itu belajar di sekolah, try out, hingga belajar tambahan di luar sekolah. Kalau sakit, bagaimana caranya kamu dapat belajar dengan baik? Apalagi jika di hari H ujian kamu malah tidak bisa mengikuti ujian karena jatuh sakit, padahal kamu sudah berjuang belajar selama ini. Maka, jagalah terus kesehatanmu dengan menjaga pola makan, tidur teratur, dan minum vitamin untuk daya tahan tubuh.

Usaha yang maksimal pasti tidak akan mengkhianati hasilnya, Squad. Jika kamu sudah belajar dengan maksimal, pasti hasilnya juga akan memuaskan. Yuk, mantapkan persiapanmu menghadapi Ujian Nasional dengan menggunakan ruangbelajar. Asah pemahaman materi dengan menonton video belajar animasi, ukur kemampuan belajar dengan mengerjakan soal latihan, dan review kembali materi sulit dengan rangkuman berupa infografis. Berlangganan sekarang dan rasakan #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts