7 Tips Mengajari Anak Mengelola Keuangan Sejak Kecil

Andrea Lidwina Des 15, 2018 • 3 min read


Smart Parents, mengajari anak soal mengelola keuangan bisa dimulai sejak kecil, tak perlu menunggu mereka memasuki usia remaja. Ketika anak sudah belajar berhitung, Anda bisa mulai menjelaskan kegunaan uang dan cara mengelolanya. Nah, bagaimana sih cara mengajari anak tentang keuangan agar mudah mereka mengerti? Smart Parents perlu menyimak 7 tips berikut ini.

1. Ajak anak melakukan permainan yang berhubungan dengan uang

mengelola keuangan

Orang tua dan anak bermain Monopoli sambil mengajari soal uang (Sumber: today.com)

Permainan, seperti Monopoli, bisa menjadi ‘gerbang awal’ bagi anak-anak untuk berkenalan dengan uang. Orang tua perlu menjelaskan fungsi uang dalam permainan ini dan bagaimana menggunakan uang di kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, belajar bisa jadi menyenangkan bagi anak.

2. Ajak anak ikut berbelanja

Sewaktu orang tua pergi berbelanja, cobalah ajak anak untuk ikut serta. Orang tua bisa menjelaskan kepada anak mengenai budget yang telah dibuat dan kebutuhan apa saja yang harus dibeli. Melalui kegiatan ini, orang tua bisa mengajarkan anak soal pentingnya membuat budget dalam berbelanja, perbedaan antara ‘kebutuhan’ dan ‘keinginan,’ serta memaksimalkan uang yang dimiliki untuk membeli barang yang dibutuhkan (misalnya, mencari toko yang harganya lebih murah atau mencari tahu diskon yang sedang berlangsung).

3. Memberi anak sejumlah uang setelah membantu pekerjaan rumah

Setelah membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, orang tua perlu mencoba untuk memberi sejumlah uang kepada anak. Hal ini akan mengajarkan anak bahwa ia harus bekerja atau menyelesaikan sesuatu terlebih dulu sebelum mendapatkan uang. Saat anak sudah memiliki uang, orang tua akan lebih mudah untuk mengajari mereka mengelola uang itu.

4. Ajak anak untuk mulai menabung

mengelola keuangan

Mengajak anak menabung sebagian uang yang ia miliki (Sumber: thebalance.com)

Ketika anak sudah punya uang, orang tua bisa mulai menjelaskan berapa banyak uang yang bisa mereka gunakan dan berapa banyak uang yang perlu mereka sisihkan untuk ditabung. Lalu, agar anak tertarik dan terbiasa untuk menabung, orang tua bisa membelikan celengan dengan bentuk yang menarik dan menetapkan kapan anak harus memasukkan uang miliknya ke dalam celengan itu, contohnya setiap akhir pekan.

5. Menjelaskan kepada anak jika membicarakan uang dengan orang lain

Tidak semua orang merasa nyaman untuk membicarakan uang yang ia hasilkan atau uang yang ia pakai untuk membeli suatu barang. Oleh sebab itu, orang tua perlu menjelaskan kepada anak, bertanya soal keuangan ke orang lain merupakan perilaku yang kurang sopan. Selain itu, anak juga perlu paham bahwa sebaiknya ia tidak membandingkan jumlah uang yang ia miliki dengan milik orang lain.

6. Orang tua perlu menjadi contoh yang baik bagi anak

Orang tua adalah contoh bagi anak. Jadi, Smart Parents harus menjadi contoh yang baik dalam menggunakan uang. Jangan sampai anak hanya melihat orang tua saat menggunakan dan membelanjakan uangnya, tetapi tidak menjelaskan kepada anak mengenai membuat budget, berinvestasi, dan menabung. Orang tua juga harus mencontohkan soal kejujuran kepada anak dalam menggunakan uang.

7. Menjelaskan kepada anak untuk membantu orang lain dengan uang yang ia miliki

mengelola keuangan

Mengajak anak menyumbangkan sebagian uang yang ia miliki (Sumber: charity-matters.com)

Selain mengelola uang, anak juga perlu paham bahwa uang bukan segalanya. Banyak hal lain yang juga berharga, seperti waktu berkualitas dengan keluarga dan peduli terhadap orang yang membutuhkan. Dengan demikian, orang tua bisa mengajari anak untuk menyumbangkan sebagian uang yang ia miliki kepada korban bencana alam atau anak yatim piatu.

Dengan tips-tips tadi, Smart Parents bisa mulai mengenalkan uang kepada anak Anda dan mengajarinya untuk mengelola uang yang ia miliki. Jika hal ini sudah dijelaskan kepada anak sejak kecil, nantinya mereka akan bisa menggunakan uang secara bijak dan mengelolanya dengan baik. Menarik 'kan, Smart Parents?

Selain belajar soal uang, anak-anak juga harus mempelajari hal-hal lain untuk memperluas wawasannya. Smart Parents bisa mengenalkan ruangbelajar kepada mereka, lho! Anak Anda akan mendapatkan video pembelajaran beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis. Yuk, daftar sekarang.

ruangbelajar

Beri Komentar