7 Tips Tetap Sehat di Lingkungan Kerja

Shabrina Alfari

Jul 5, 2018 • 6 min read

sukses kerja


Jika dihitung-hitung, sebagian besar waktu kita setiap hari lebih banyak dihabiskan di tempat kerja. Walaupun sudah banyak kantor dengan sistem kerja yang lebih fleksibel, Anda tetap diharuskan menatap layar komputer selama berjam-jam setiap harinya. Tampilan layar monitor komputer yang tidak berubah dan tumpukan berkas serta peralatan kantor di meja kerja Anda tentu akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Selain itu, gaya hidup tidak sehat seperti kurang berolahraga, atau sering mengonsumsi cemilan tidak sehat serta makanan cepat saji menjadi penyebab meningkatnya risiko kesehatan.

Nah bagi setiap pekerja, memiliki badan yang sehat pastinya akan memberikan banyak manfaat di antaranya lebih sedikit absen dari pekerjaan, produktivitas lebih tinggi, dan dapat terhindar dari stres. Tidak sulit kok melakukan kebiasaan baik untuk kesehatan Anda. So, bagaimanakah caranya agar Anda dapat tetap sehat di lingkungan kerja? Berikut adalah cara terbaiknya.

1. Lakukan peregangan

tetap sehat di lingkungan kerja

Lakukan peregangan di meja kerja (Sumber: lifehack.org)

Duduk di depan komputer seharian pasti membuat Anda bosan. Coba deh sesekali untuk bangun dari kursi kerja Anda dan lakukan peregangan. Hal ini dapat membantu agar tubuh Anda tetap segar meskipun bekerja di kantor seharian. Jangan malu dilihat oleh rekan kerja Anda ya. Justru Anda dapat menjadi contoh yang baik bagi rekan kerja yang lain untuk menjaga kesehatan di kantor.

Atur dan carilah posisi yang nyaman ketika bekerja agar tidak merasa pegal pada pergelangan tangan ataupun punggung. Posisikan keyboard dan mouse Anda agar mudah dijangkau dan atur jarak monitor Anda agar tidak membuat mata Anda lelah.

2. Gunakan aromaterapi

tetap sehat di lingkungan kerjaGunakan wewangian aromaterapi (Sumber: ukocamp.co.uk)

Menggunakan wewangian aromaterapi dapat mengubah mood seseorang sehingga meningkatkan konsentrasi dan kesehatan para karyawan. Anda dapat memulainya dengan membeli beberapa minyak esensial organik atau minyak esensial ramah lingkungan yang aromanya dapat menimbulkan efek menyegarkan ke seluruh ruangan kerja Anda. Setiap aroma mempunyai manfaatnya masing-masing, jadi Anda tinggal memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan.

3. Perbanyak minum air putih

tetap sehat di lingkungan kerjaBanyak minum air putih selama bekerja (Sumber: waterlogicaustralia.com.au)

Minum air putih yang cukup adalah cara paling mudah untuk menjaga pola hidup sehat, tetapi paling sering terlupakan saat sedang bekerja. Air dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Air juga bisa membantu detoksifikasi dan kerja pencernaan, serta membantu Anda tetap waspada dan segar.

Minumlah setidaknya 8 gelas sehari. Anda dapat menaruh botol minum di meja kerja dan isi ulang begitu habis. Jadi Anda dapat mengakses air minum lebih mudah. Jika Anda masih kurang air putih dalam sehari, yuk rubah kebiasaan itu mulai dari sekarang!

4. Tempatkan tanaman di meja kerja

tetap sehat di lingkungan kerjaTambahkan tanaman di meja kerja (Sumber: associationsnow.com)

Tanaman tidak hanya berfungsi untuk memperindah ruangan lho, tetapi juga dapat mengurangi stres dan beberapa penyakit ringan seperti batuk, kulit kering dan sakit kepala. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Tina Bringslimark dari Norwegian University of Life Sciences and Uppsala University di Swedia menunjukkan bahwa seorang karyawan yang meletakkan tanaman di meja kerja dapat terhindar dari penyakit. Selain dapat memperbaiki mood, tanaman juga dapat menyerap racun dan menggantinya dengan oksigen.

5. Bersosialisasi dengan kolega

tetap sehat di lingkungan kerjaBersosialisasi dengan kolega (Sumber: conovercompany.com)

Bersosialisasi dan menciptakan kedekatan dengan kolega adalah hal yang penting dilakukan, lho. Selain dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja, ternyata hubungan antara kolega juga dapat memengaruhi kesehatan Anda. Dengan bersosialisasi dengan koelga, Anda juga dapat menambah wawasan baru, membangun koneksi dengan orang lain yang akan bermanfaat untuk masa depan dan dapat saling membantu jika terjadi kesulitan dalam hal pekerjaan atau hal lainnya.

6. Sisihkan waktu untuk berolahraga bersama

tetap sehat di lingkungan kerjaBerolahraga bersama dengan kolega (Sumber: ascensiondigital.com.ar)

Di beberapa kantor biasanya punya kegiatan game olahraga selepas waktu kantor. Misalnya ada yang mengadakan yoga, zumba, basket, futsal ataupun jenis olahraga lainnya. Nah agar tetap sehat dan bugar, Anda dapat berpartisipasi dalam aneka game yang ditawarkan. Selain itu, ada juga kantor yang mengharuskan pegawainya untuk berolahraga di sela-sela jam kerja saat ada musik berbunyi. Jika di kantor Anda belum ada kebijakan semacam ini, jangan segan-segan untuk mengajukan ide ini ke bagian HRD ya.

7. Jaga kebersihan diri dan area kerja

tetap sehat di lingkungan kerjaJaga kebersihan area kerja (Sumber: wordpress.com)

Tahukah Anda, rata-rata meja kerja mengandung seratus kali lebih banyak bakteri dibandingkan dudukan toilet? Oleh sebab itu, jagalah area kerja Anda tetap tersusun rapi dan rapikan meja kerja Anda setiap hari sesaat sebelum pulang kerja. Lakukan pembersihan keyboard minimal 1 minggu sekali. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Sediakan pembersih tangan dan cairan pembersih meja di meja kerja Anda.

Agar dapat bekerja dengan efektif dan optimal, Anda harus selalu mengatur tingkat stres dan menjaga kesehatan diri Anda di lingkungan kerja. Tidak hanya Anda saja yang akan merasakan manfaatnya lho, tetapi orang-orang di sekitar Anda juga akan mendapatkan dampak positif dari yang telah Anda lakukan. Pastikan menjaga kesehatan sebagai prioritas utama di tengah kesibukan bekerja. 

Walaupun begitu, jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas karier Anda ya dengan mengakses berbagai materi pengembangan karier di  ruangkerja. Klik gambar di bawah ini untuk unduh. 

ruang kerja

Beri Komentar

Recent Posts