Ruangguru Blog

    7 Tokoh Guru dalam Cerita Fiksi Ini Akan Menginspirasi Kamu Jadi Guru yang Lebih Baik

    By Ruangguru writer · Nov 10, 2016

    Semua tahu, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Nah, pada peringatan Hari Pahlawan kali ini, Ruangguru akan mengulas tujuh tokoh guru dalam cerita fiksi yang bisa menginspirasi kamu. Siapa saja? Supaya tidak berlama-lama penasaran, simak yuk!

    1. Severus Snape (Harry Potter)

    Kalau kamu suka dengan kisah Harry Potter, pasti tidak asing dengan tokoh yang satu ini. Ia adalah salah satu guru yang mengajar pelajaran Ilmu Pertahanan Sihir, serta membuat ramuan di Sekolah Sihir Hogwarts. Tokoh yang diperankan oleh Alan Rickman ini punya karakter unik dan misterius. Dari seri pertama Harry Potter, Snape selalu digambarkan sebagai sosok guru yang terkesan jahat, dingin, dan tidak bersahabat. Bahkan awalnya banyak yang mengira ia adalah sosok guru yang antagonis dan bertentangan dengan misi Harry Potter. Apalagi, ia dulu juga termasuk dalam salah satu anggota Death Eaters (pengikut Voldemort).

    tokoh guru - Severus Snape Severus Snape. (Sumber: fwcdn.pl)

    Padahal, soal kesetiaan tak perlu diuji. Sampai akhir hayatnya, Snape tetap setia pada Dumbledore dan Hogwarts. Hal ini dibuktikan dalam adegan film Harry Potter The Deathly Hallows saat Severus rela mengorbankan diri dan tetap setia pada Dumbledore. Hingga akhirnya, rela dibunuh Voldemort dan tetap bersandiwara serta melindungi Harry, juga menjalankan amanah Dumbledore.

    Snape adalah sosok yang diam-diam selalu menjadi penyelamat bagi Harry dan teman-temannya. Padahal Harry dari awal bertemu tidak pernah menyukainya. Salah satu contohnya adalah ketika Harry yang sedang bertanding Quidditch dan dimantrai oleh Profesor Quirrell. Secara diam-diam, Snape meluncurkan mantra penangkal demi menyelamatkan Harry.

    Meskipun ia pemarah, namun di sisi lain ia merupakan sosok baik hati. Ketegasannya yang seringkali membuat siswa takut, menunjukkan bahwa ia serius mengajar demi mencerdaskan siswanya. Walau agak tempramental, namun bisa mendisiplinkan siswanya agar tekun belajar.

    2. Master Shifu (Kung Fu Panda)

    Tokoh Master Shifu pada film Kung Fu Panda adalah guru yang sangat keras. Awalnya, ia tidak percaya bahwa Po punya potensi untuk menjadi seorang master kung fu. Oleh karenanya, ia melatih Po secara keras agar tidak kerasan dan keluar dari perguruan. Namun, setelah diyakini oleh Master Oogway, Shifu pun mencoba percaya dan menghargai kerja keras Po.

    tokoh guru - Master Shifu Master Shifu. (Sumber: nocookie.net)

    Masalah timbul ketika ia harus melatih Po secara cepat untuk menghadapi Tai Lung. Selama mengajar Po, ia melihat Po melakukan hal-hal fisik yang luar biasa saat dimotivasi makanan. Sejak mengetahui hal tersebut, ia mengubah metode pengajarannya dengan menggunakan makanan sebagai media untuk berlatih kung fu. Penerapan metode ini pun berhasil membuat Po sukses melawan Tai Lung. Nah, sebagai sosok guru memang harus mau tahu metode pembelajaran yang tepat untuk masing-masing siswa.

    Psst, dalam dunia nyata, tokoh Master Shifu ini merupakan hewan panda merah. Nama ilmiahnya adalah Aiurus fulgens yang kekuatannya maha dahsyat.

    3. Charles Xavier (Profesor X dalam X-Men)

    tokoh guru - Profesor X Profesor X. (Sumber: pinterest)

    Tokoh yang satu ini dikenal lumpuh sepanjang komik X-Men. Sosok yang kerap muncul dengan kursi rodanya ini merupakan kepala sekolah sekaligus guru di Sekolah Xavier. Ia adalah seorang telepatis tingkat tinggi yang bisa membaca, mengontrol, dan mempengaruhi pikiran manusia. Selain itu, ia juga seorang otoritas terkemuka pada genetika, mutasi, serta kekuatan psionic.

    Karakternya yang patut dicontoh adalah ia memancing para siswanya untuk menggali dan mengeksplorasi potensi masing-masing. Hal ini ditujukan untuk mempromosikan pengakuan damai hak mutan dan menengahi koeksistensi mutan dan manusia. Para siswanya mengenal Profesor X sebagai guru yang visioner. Misi mereka disebut sebagai "mimpi Xavier". Ia sangat dihormati oleh berbagai kalangan. Well, demikianlah sosok guru yang patut dicontoh. Harus mendorong siswa untuk mengenal dan mengasah bakatnya. Selain itu, juga harus mendukung agar bakatnya dapat dimanfaatkan secara positif.

    4. Mr.Han (Karate Kid)

    tokoh guru - Mr.Han Mr.Han. (Sumber: theiapolis)

    Metode latihan dari Mr.Han terbilang unik. Di awal latihan, Dre hanya diminta untuk menggantungkan jaket yang dikenakannya di gantungan berkali-kali. Menggantung, menjatuhkannya, dan meletakkannya lagi. Ia punya kebiasaan buruk yaitu malas meletakkan jaket di gantungan dan menjatuhkannya begitu saja di lantai meski sering ditegur ibunya. Dre melakukannya dengan sungut-sungut karena bosan dan jengkel. Namun ternyata, gerakan ini adalah salah satu dari jurus bertahan dalam kung fu. Hanya dengan gerakan menggantungkan jaket, Dre jadi mampu menahan serangan pukulan dan tendangan. Mr.Han mengatakan bahwa itu adalah pelajaran dalam kehidupan secara umum. Bukan pukulan dan kekuasaan, melainkkan ketenangan dan kedewasaan adalahkunci yang benar untuk menguasai seni bela diri. Hal yang bisa ditiru dari sosok Mr.Han adalah ia tidak hanya berbagi ilmu, namun juga menekankan norma-norma kehidupan.

    5. Master Yoda (Star Wars)

    Yoda merupakan salah satu Master Jedi paling kuat dan terkenal dalam sejarah galaksi. Ia adalah anggota dari spesies misterus yang tidak pernah diungkap, dan hanya diberi nama spesies Yoda. Sosoknya dikenal karena kebijaksanaannya yang sudah sangat melegenda, master force, dan keterampilannya menggunakan lightsaber.

    tokoh guru - Master Yoda Master Yoda. (Sumber: fictionalinterviews)

    Meskipun ia memiliki kekuatan yang sangat besar, ia lebih memilih untuk mendedikasikan seluruh hidupnya untuk mengajar ketimbang berjuang. Pada salah satu episode, ada adegan di mana Luke Skywalker berlatih menjadi ksatria Jedi di bawah pengawasan Yoda. Dengan gaya bahasa yang khas dan suka membolak-balik antara subjek dan predikat, ia berkata "Try not. Do or do not. There is no try.". Kalimat ini membuat kita merefleksi diri, apa sudah mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik? Sering kali dengan dalih coba-coba, kita berusaha seadanya. Betul, tidak? Dengan mental secetek ini, tidak usah heran jika hasil akhirnya mengecewakan. Bagi Yoda, daripada berusaha setengah-setengah, lebih baik tidak usah sama sekali.

    6. Kakashi Hatake (Naruto)

    tokoh guru - Kakashi Kakashi. (Sumber: nocookie2.net)

    Sosok guru fiksi yang satu ini mempunya banyak penggemar. Ia merupakan guru dari Naruto, Sasuke, dan Sakura. Selain itu, ia juga dikenal sebagai "Kakashi si ninja peniru" dan memiliki banyak jurus-jurus ninja yang luar biasa. Ia mempunyai peliharan seekor anjing yang kerap membantunya untuk menjalankan banyak misi. Sosok guru yang santai namun juga serius ini membawa siswanya berhasil menjadi sosok yang berhasil menggapai cita-citanya.

    7. Dewey Finn (School of Rock)

    Tokoh guru dalam film School of Rock ini berawal ketika ia menjadi personil di salah satu band rock. Sayangnya, ia dikeluarkan dan kebingungan mencari uang agar mampu membayar sewa tempat tinggalnya. Finn tinggal bersama temannya yang bernama Schneebly yang berprofesi sebagai guru pengganti (guru honorer). Lalu, kekasih Schneebly menyarankan agar Finn segera mencari pekerjaan karena menurutnya Finn pemalas dan benalu.

    tokoh guru - Dewey Finn Dewey Finn. (Sumber: rockcult)

    Finn pun tidak kehabisan akal. Ia nekat menyamar sebagai Schneebly untuk menggantikan seorang guru yang sedang cedera. Keputusan ini ia ambil tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari Schneebly lho. Awalnya, ia hanya ingin mengejar honornya saja, tanpa ada niatan untuk mengajar. Namun, karena ia melihat banyak siswa yang berbakat dalam bidang musik, tercetus sebuah ide baru lagi. Ia hendak mengikutsertakan seluruh siswanya untuk sebuah kompetisi band rock. Terlebih, jika berhasil menang tentu uangnya bisa ia gunakan.

    Lalu, mulailah Finn mengajar musik kepada para siswa dan kemudian membentuk sebuah band yang dinamakan The School of Rock. Hal ini tentu memunculkan pertentangan, baik dari pihak sekolah maupun orang tua. Namun Finn tetap maju karena siswanya pun mendukung. Pantang menyerah serta keceriaan yang Finn bawa membuat siswa-siswi di kelasnya merasa nyaman untuk belajar. Akhirnya hasil kerja keras latihan bisa terbayar di sebuah panggung dengan penampilan yang spektakuler.

    Demikianlah tujuh sosok guru dalam cerita fiksi yang bisa menginspirasi dan membuatmu #BanggaJadiGuru. Kalau guru fiksi andalanmu siapa, smart buddies? Share di kolom komentar yuk! Selamat Hari Pahlawan! (IH/TN)

    Share this:

    Tags: inspirasi, Tokoh, Hiburan, Rekomendasi

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru