Yuk, Intip 7 UKM Unik di Beberapa Universitas!

Fauzia Astuti

Nov 1, 2019 • 7 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


Yuk, Intip 7 UKM Unik di Beberapa Universitas!


Artikel ini akan membantu kamu mencari tahu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) unik beberapa universitas di Indonesia.

--

Bagi calon mahasiswa baru, pasti lagi cari-cari info tentang universitas impian kamu ‘kan? Selain tentang jurusan kuliah, coba deh cari tahu juga UKM apa aja yang ada di sana. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat, bakat, serta keahlian tertentu di luar mata kuliah kampus. Nah, Ruangguru punya info tentang 7 UKM unik dan kece yang ada di beberapa universitas. Simak, yuk!

1. Bina Nusantara Mandarin Club (BNMC)

UKM ini cocok untuk kamu yang ingin belajar kebudayaan Tiongkok. Di sini kita bisa belajar bahasa Mandarin, kebudayaan juga keseniannya. Enaknya lagi, UKM ini terbuka untuk semua Binusian, tidak terbatas hanya yang bisa bahasa Mandarin. BNMC juga rutin menyelenggarakan kompetisi Mandarin berskala nasional setiap tahun, dengan perlombaan seperti story telling, desain poster, fotografi, dan sebagainya. Masih kepo sama UKM ini? Yuk, cek Instagram mereka di @bnmcbinus. 

2. Lises Gentra Kaheman IPB

Sebagai universitas negeri di tanah Pasundan, Institut Pertanian Bogor (IPB) punya UKM keren untuk pengembangan minat dan bakat di bidang seni dan budaya Sunda. Lingkung Seni Sunda (Lises) Gentra Kaheman ini rutin menyelenggarakan pagelaran seni tiap tahun, salah satunya adalah pagelaran teater Ki Sunda Midang. Kamu bisa meluncur ke Instagram @gentra_kaheman untuk lihat foto-foto kegiatan kece mereka.

Pagelaran KSM XIV “Lembayung Nestapa” (Sumber: gentrakahemanipb.org/2019/galeri)

Baca juga: Jadi Anak Kuliahan yang Aktif dengan Ikuti Beragam Kegiatan Ini

3. Klub Mode UI

Siapa di sini yang mau masuk UI? Nah, bagi kamu yang berhasil masuk Universitas Indonesia (UI), kudu wajib harus nyobain UKM yang satu ini. Yup, didirikan tahun 2018, Klub Mode UI merupakan wadah untuk kamu yang berminat dalam industri fashion. Pasti tahu dong UI Fashion Week? Nah, itu adalah salah satu acara terbesar dari Klub Mode UI sejak tahun 2012. Bahkan sekarang sudah menjadi acara fashion kampus terbesar se-Indonesia loh. Masih belum cukup informasi dari Ruangguru, silakan tanya-tanya si Mimin di Instagram @klubmodeui atau @uifashionweek

ukm-tujuan-kegiatan-kepanjangan-pengertian-ukm-kampusTalkshow UI Fashion Week 2019 (Sumber: Instagram @uifashionweek)

4. Tim Peduli AIDS Atma Jaya

UKM nggak melulu tentang kesenian atau olahraga kok. Salah satunya UKM Tim Peduli AIDS (TPA) dari Universitas Atma Jaya. Dengan motto “more than care”, TPA selalu berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya mahasiswa-mahasiswi Atma Jaya terhadap keberadaan HIV & AIDS. UKM ini juga punya segudang kegiatan, dari mulai penyuluhan rutin ke sekolah dan rumah singgah, sampai kunjungan ilmiah bersama LSM. Pada peringatan hari AIDS sedunia pun mereka rutin menyelenggarakan talkshow, stand up comedy, fun walk, dan charity. Kamu bisa cek Instagram @timpeduliaids untuk cari tahu kegiatan mereka yang lain.

5. Gateball Unud

Gateball? Apa tuh? Bola gerbang? Hehe bukan kok. Gateball adalah olahraga bola dari Jepang yang konsepnya mirip golf dan catur. Mungkin olahraga ini masih asing di Indonesia, tapi ternyata Universitas Udayana (Unud) sudah punya UKM untuk gateball loh. UKM ini terbentuk seiring dengan masuknya gateball ke tanah Bali pada tahun 1995. Gateball Unud juga sudah sering mengukir prestasi, di antaranya Juara III Rektor Unud Cup 2013, dan Juara III Kategori Grup Kejurnas Bupati Tabanan Cup 2012. Buat yang tertarik dengan UKM ini, bisa follow Twitter mereka di @GateballUnud

6. UKM Studi Pedesaan USU

Bagi kamu yang tertarik dengan segala yang berhubungan dengan desa, UKM Studi Pedesaan Universitas Sumatera Utara bisa jadi pilihan nih. Program utama UKM ini adalah membuat kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan desa, seperti pertanian dan perkebunan. FYI, di tahun 2017, mereka berhasil menyelenggarakan Seminar Nasional Pemuda yang Berinovasi Membangun Desa di Kabupaten Karo lho. Wuih! Tertarik ikut workshop, pengabdian masyarakat, dan kegiatan lapangan lainnya? Calon mahasiswa USU wajib cari tahu lebih lanjut UKM ini di Instagram @officialspusu.

7. Peduli Difabel UGM

Satu lagi UKM unik di bidang sosial. Di Universitas Gadjah Mada (UGM), ada UKM Peduli Difabel atau yang dikenal sebagai Student Activity Unit of Diffable Care Universitas Gadjah Mada (SAUDC UGM) ini berfungsi untuk menampung aspirasi, memberi motivasi, serta memperjuangkan isu-isu dan hak-hak terkait difabel dalam lingkup UGM. Kegiatan mereka juga seru-seru lho. Mulai dari penelitian sosial, seminar, kunjungan ke SLB, sampai kelas Bahasa Isyarat. Tertarik untuk gabung kalau lolos UGM nanti? Cek dulu nih Instagram mereka di @pedulidifabelugm

ukm-tujuan-pengertian-kepanjangan-kegiatan-ukm-kampusKunjungan SAUDC UGM ke SLB Dharma Rena (Sumber: saudcugm.wordpress.com)

Bagaimana? Keren-keren ‘kan UKM kampus-kampus favorit di atas. Info tentang jurusan udah ada, info UKM unik juga udah ada. Nah, berarti tinggal belajar lebih giat agar bisa masuk universitas impian kamu. Tenang aja, Ruangguru siap membantu kamu dengan grup belajar interaktif yang seru di digitalbootcamp. Dengan bantuan tutor standby, kamu nggak akan khawatir mau belajar kapanpun. Yuk, segera meluncur untuk info lebih lanjutnya dengan klik banner di bawah ini!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts